Comscore Tracker

5 Hal ini Sebaiknya Kamu Tanyakaan saat Mencari Kost, Biar Tidak Zonk!

Aturan yang gak tertulis biasanya bikin shock

Mencari kost memang gampang-gampang susah. Banyak hal yang menjadi pertimbangan, mulai dari harga, fasilitas, hingga peraturan bagi penghuninya. Saat kita datang atau menghubungi pemilik kost, umumnya mereka akan menjelaskan beberapa informasi yang sifatnya 'primer' atau prioritas utama saja jika kita kurang aktif menggali informasi detilnya.

Sedangkan hal-hal yang sifatnya 'sekunder' atau bahkan 'tersier', sering kali terabaikan. Nah tidak mau dong ketika sudah tinggal di sana, aturan yang tidak kita ketahui justru membebani kita? Supaya hal tersebut tidak terjadi, coba deh tanyakan beberapa hal di bawah ini sebagai informasi tambahanmu memantapkan pilihan.

1. Harga sewa kost dan sistem pembayarannya

5 Hal ini Sebaiknya Kamu Tanyakaan saat Mencari Kost, Biar Tidak Zonk!Pixabay.com/quinntheislander

Hal utama yang memang wajib diketahui saat mencari kost adalah harga sewanya. Setiap hunian memiliki range tersendiri dalam menentukan besarannya. Bahkan, tidak jarang hunian yang sama memiliki harga variatif dalam satu bangunan. Nah, hati-hati nih, jika kalian tidak menyimak informasinya dengan benar, bisa salah pemahaman.

Selain itu, penting juga menanyakan sistem pembayarannya di awal. Umumnya, setiap rumah kost memiliki sistem pembayaran beragam, ada yang per satu bulan, tiga bulan, enam bulan, bahkan tahunan. Jika kalian tidak mengetahui informasi ini, bisa-bisa terjebak di dalamnya ketika mulai bosan dan tidak betah.

Jika ada pembayaran terpisah, seperti listrik dan air, pastikan juga kamu mengetahui sebelum memutuskan ya. Apakah dibayar di awal atau akhir bulan? Atau justru mengikuti jatuh tempo pembayaran sewa kost? Karena sekali lagi, setiap hunian memiliki peraturannya sendiri. Hal ini dilakukan supaya tidak kaget dan bisa mempersiapkan keuangan kita dengan baik.

2. Fasilitas yang diperoleh serta tambahan biayanya

5 Hal ini Sebaiknya Kamu Tanyakaan saat Mencari Kost, Biar Tidak Zonk!Pixabay.com/moerschy

Sesuai zaman yang terus berkembang, fasilitas kost pun demikian. Setiap hunian berlomba menawarkan fasilitas terbaik untuk menarik perhatian calon penghuninya. Namun yang perlu dipertanyakan adalah apakah semua fasilitas tersebut sudah bisa dinikmati tanpa adanya tambahan biaya? Atau justru harus menambah biaya lagi?.

Belum lagi, jika kita ingin menambah fasilitas lain yang dibawa dari rumah. Apakah diperbolehkan? Lalu, apakah fasilitas yang ditawarkan bisa dinikmati sepenuhnya? Seperti kekuatan sinyal WiFi dan lain sebagainya. Terdengar sepele, namun hal kecil ini juga mempengaruhi kenyamananmu, lho.

Baca Juga: 5 Tips Mencari Kos Idaman dan Murah Bagi Kamu Mahasiswa Baru

3. Batas jam malam dan waktu operasional kost

5 Hal ini Sebaiknya Kamu Tanyakaan saat Mencari Kost, Biar Tidak Zonk!Pixabay.com/Free-Photos

Jarang menjadi fokus para pencari kost, namun adanya batasan jam malam kost terkadang mengganggu bagi beberapa orang. Belum lagi ketika ada keperluan mendadak yang dilakukan di luar batas waktu yang ditentukan, tentu akan merepotkan, bukan?.


Selain itu, di beberapa kost biasanya juga menerapkan jam operasional kost-an, kapan gerbang kost akan dibuka dan ditutup. Bagi kamu yang mempunyai jam terbang tinggi di luar kost, usahakan untuk memperoleh informasi tersebut dengan jelas, ya.

4. Bolehkah teman atau keluarga menginap dan apakah dikenakan tarif tinggal?

5 Hal ini Sebaiknya Kamu Tanyakaan saat Mencari Kost, Biar Tidak Zonk!Pixabay.com/cuncon

Hal penting namun sering terabaikan lainnya adalah tentang aturan menginap di kost bagi teman dan keluarga. Sebagai perantau, tentunya akan senang jika ada teman atau keluarga datang dan menginap bersama kita, bukan?. Entah teman yang akan mengerjakan tugas bersama atau keluarga yang ingin menjenguk kita.

Namun di beberapa kost, melarang keras hal ini untuk beberapa alasan. Nah, supaya kamu tidak merasa terganggu atau kecewa dengan aturan ini, sebaiknya ditanyakan di awal, ya.

5. Adanya petugas kebersihan kost

5 Hal ini Sebaiknya Kamu Tanyakaan saat Mencari Kost, Biar Tidak Zonk!Pixabay.com/mrganso

Tidak bisa dipungkiri bahwa di mana pun kita tinggal, faktor kebersihan adalah penting. Terlebih saat kita tinggal satu atap bersama orang lain yang tidak pernah kita kenal sebelumnya. Tidak ada salahnya menanyakan bagaimana kebersihan calon kost baru. Apakah ada petugas kebersihannya atau kita sendiri yang membersihkan setiap hari?

Pertimbangannya adalah jika tidak ada petugas kebersihan apakah kamu bisa mengatur jadwal bersih-bersih di tengah kesibukan kuliah atau kerjamu? Apakah sanggup membersihkan beberapa area umum seperti dapur dan kamar mandi secara intens?. Jangan-jangan nanti malah mengabaikan dan kost menjadi semakin kotor.

Setidaknya itulah beberapa hal yang sering terabaikan namun penting diketahui. Jangan sungkan bertanya apa pun kepada pemilik kost, ya. Karena dari situ kamu juga akan mengenal bagaimana karakter 'ibu kost' mu nanti.

Baca Juga: Untuk yang Baru Pertama Kali Mencari Kos, Kamu Pasti Membutuhkan Tips Ini

Dwi wahyu intani Photo Verified Writer Dwi wahyu intani

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You