Comscore Tracker

Gak Perlu Galau, 5 Langkah Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Tahu Impianmu

Yakin masih mau hidup tanpa tujuan?

Ada orang yang beruntung sudah mengetahui apa impiannya sejak masih remaja, namun ada juga yang belum mengetahui tujuan hidupnya di saat usia sudah menginjak dewasa. Beberapa hal yang melatarbelakangi ialah merasa tidak memiliki bakat apa pun, minat terlalu banyak, atau bisa juga karena bakat terlalu banyak. Pada akhirnya, orang-orang yang seperti ini gak memiliki arah akan dibawa ke mana hidupnya.

Pernahkah kamu mendengar tentang ikigai? Ikigai merupakan konsep dari Jepang dalam menjalani kehidupan. Arti dari ikigai sendiri adalah "reason to live", yang artinya kamu perlu memiliki alasan untuk hidup tiap harinya. Nah, salah satu caranya ialah menemukan impian apa yang ingin kamu capai dalam hidupmu.

1. Sederhana saja, coba temukan hal yang kamu sukai

Gak Perlu Galau, 5 Langkah Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Tahu Impianmupixabay.com/skeeze

Coba, deh, buat daftar kegiatan apa saja yang kamu suka. Kegiatan ini gak terbatas di satu bidang saja, bisa olahraga, seni, sosial, ilmiah, dan lainnya. Buat lebih rinci ya, karena bidang seni saja mencakup banyak hal. Pastikan menulis kegiatan yang kamu benar-benar sukai atau cintai, yang membuat kamu selalu semangat jika sudah memulainya dan lupa waktu.

2. Lalu, tuliskan keterampilan apa yang kamu kuasai

Gak Perlu Galau, 5 Langkah Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Tahu Impianmupixabay.com/StockSnap

Sekarang, pikirkan kembali dan tulislah, hal apa yang benar-benar kamu kuasai? Coba ingat-ingat, kamu merasa paling percaya diri saat melakukan kegiatan apa? Kalau kamu masih bingung, mungkin dapat mengingat apakah kamu sering mendapat pujian dari orang sekitarmu atas hal tertentu. Jangan fokus pada hard skill saja, tapi juga soft skill. Contoh soft skill, misalnya keterampilan analisa, negosiasi, public speaking, dan masih banyak lagi.

3. Perluas pandanganmu, kira-kira apa sih yang dunia butuhkan saat ini?

Gak Perlu Galau, 5 Langkah Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Tahu Impianmupixabay.com/kaboompics

Penting bagi kamu untuk mengetahui, kira-kira apa, sih, yang dunia sedang butuhkan? Atau mungkin yang dunia butuhkan dalam beberapa tahun ke depan. Kecermatan diperlukan dalam hal ini, beberapa caranya ialah dengan sering membaca buku atau menonton berita.

Informasi yang kamu dapat akan berguna bagi kamu untuk mengetahui bagaimana kondisi dunia saat ini, dan apa yang dapat kamu berikan untuk dunia. Gak harus dunia secara keseluruhan, bisa dimulai dari masyarakat di sekitarmu. Apa yang mereka butuhkan?

Baca Juga: 5 Alasan Penting untuk Tidak Memiliki Banyak Impian Sekaligus

4. Pikirkan baik-baik, kira-kira apakah orang bersedia membayar untuk kegiatan yang kamu lakukan?

Gak Perlu Galau, 5 Langkah Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Tahu Impianmupixabay.com/Free-Photos

Nah, dari kegiatan yang sudah kamu tuliskan sebelumnya, sekarang coba kamu pikirkan. Kira-kira, ada gak sih orang yang mau mengeluarkan uangnya untuk membayar pekerjaanmu? Maksud bayaran di sini gak hanya sebatas gaji dari perusahaan, bisa juga kamu dengan klien, atau dengan customer

5. Tarik irisan dari empat hal di atas, temukan apa tujuan hidupmu yang perlu kamu kejar

Gak Perlu Galau, 5 Langkah Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Tahu Impianmupixabay.com/Pexels

Agar mempermudahmu menemukan ikigai, buatlah diagram venn dari kegiatan yang kamu sukai, yang kamu kuasai, yang dunia butuhkan, dan yang orang mau membayarmu. Ikigai berada di tengah-tengah pertemuan keempat hal tersebut.

Jika kegiatan yang kamu maksud hanyalah irisan dari dua lingkaran, maka hal tersebut belum dinamakan ikigai. Jika kamu sudah menemukannya, maka selamat. Namun jika belum, juga tidak apa-apa. Kamu memiliki waktu untuk memikirkannya kembali.

Pada akhirnya, ikigai hanya membantumu memberikan alasan untuk semangat saat bangun di pagi hari. Kebahagiaan sejatinya berada di tanganmu sendiri, apakah kamu sudah siap bahagia, atau justru menutup dirimu dari kesempatan untuk berbahagia?

Baca Juga: 6 Motivasi untuk Kamu yang Berjuang Mencari Pekerjaan Impian

Dwita Vanessa Photo Writer Dwita Vanessa

I just love writing, so I write.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya