Comscore Tracker

5 Jenis Motivasi yang Harus Kamu Ketahui, Bisa Jadi Lebih Produktif

Karena motivasi gak hanya dari quotes di media sosial saja

Motivasi adalah suatu hal yang bisa membuat orang untuk melakukan suatu hal yang mereka ingin capai. Motivasi biasanya disebabkan karena adanya kebutuhan, hasrat, dan minat.

Motivasi setiap orang juga berbeda-beda, begitu pula dengan kamu yang harus memiliki dan memelihara motivasi agar tidak kehilangan semangat dan tetap produktif.

Dan berikut adalah jenis-jenis motivasi yang harus kamu ketahui agar kamu lebih semangat lagi.

1. Motivasi intrinsik

5 Jenis Motivasi yang Harus Kamu Ketahui, Bisa Jadi Lebih Produktifilustrasi menyemangati diri sendiri (pexels.com/Lay Low)

Motivasi intrinsik adalah motivasi yang membuat seseorang melakukan suatu hal karena keinginan diri sendiri, tanpa adanya dorongan dari manapun kecuali diri sendiri. Misalnya, "gue harus rajin belajar biar nilai gue lebih bagus lagi. Semangat."

2. Motivasi ekstrinsik

5 Jenis Motivasi yang Harus Kamu Ketahui, Bisa Jadi Lebih Produktifilustrasi kata-kata motivasi (pexels.com/cottonbro)

Motivasi ini adalah kebalikan dari motivasi intrinsik. Motivasi ekstrinsik adalah motivasi yang membuat seseorang melakukan sesuatu karena adanya kebutuhan dan faktor eksternal, seperti kepopuleran, pengakuan, atau dorongan dari orang lain.

Motivasi ini berasal dari keinginan di luar diri sendiri, misalnya" yaudahlah gue harus belajar lebih rajin, gue kasihan ngeliat orangtua kecewa terus sama nilai jelek gue."

Baca Juga: 6 Frasa Latin Penuh Motivasi untuk Semangati Harimu

3. Motivasi insentif

5 Jenis Motivasi yang Harus Kamu Ketahui, Bisa Jadi Lebih Produktifilustrasi mendapat hadiah (pexels.com/Kim Stiver)

Jenis motivasi ini adalah motivasi yang berasal dari keinginan untuk mencapai suatu tujuan. Sebabnya dalam tujuan itu ada hadiah yang diinginkan.

Jenis motivasi ini mendorong kamu untuk mendapatkan imbalan atas apa yang kamu kerjakan dengan baik, misalnya, "kalo gue dapet peringkat 1 pasti gue bakal dibeliin hadiah nih, belajar terus ah."

4. Motivasi prestasi

5 Jenis Motivasi yang Harus Kamu Ketahui, Bisa Jadi Lebih Produktifilustrasi mendapat prestasi (pexels.com/Garret Schappacher)

Jenis motivasi prestasi ini adalah jenis motivasi yang ada karena diri sendiri ingin merasa puas ketika sudah meraih suatu tujuan. Biasanya tujuannya melibatkan keinginan untuk meraih suatu prestasi atau pengakuan.

Dorongan semacam ini termasuk jenis motivasi yang positif karena dapat mendorong individu untuk mencapai tujuan dalam pekerjaannya. Misalnya, " gue harus jadi karyawan terbaik tahun ini nih."

5. Motivasi afiliasi

5 Jenis Motivasi yang Harus Kamu Ketahui, Bisa Jadi Lebih Produktifilustrasi kerja sama tim (pexels.com/fauxels)

Motivasi afiliasi adalah suatu kebutuhan untuk menjadi bagian dari sekelompok orang atau organisasi tertentu. Bentuk motivasi ini juga masuk ke dalam jenis motivasi ekstrinsik.

Motivasi ini akan bisa mendorong seseorang dalam pekerjaan yang dilakukan secara berkelompok atau tim. Misalnya seperti makan siang bersama atau melakukan suatu acara secara bersama-sama agar bisa lebih akrab dengan tim sendiri.

Nah, itulah jenis-jenis motivasi yang bisa membantu kamu untuk lebih produktif. Jadi, motivasi mana yang lebih cenderung ke kamu? 

Baca Juga: 5 Alasan Tidak Kunjung Menemukan Motivasi, Yuk Introspeksi Diri!

Dyah Sekar aruni Photo Verified Writer Dyah Sekar aruni

Nothing special about me ☀️☀️ dyahsekararuni@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya