Bushido, Sebuah Filsafat Samurai yang Bisa Kamu Terapkan dalam Hidupmu

#GoodLife Tujuh ajarannya sarat makna

Bushido merupakan serangkaian peraturan atau kode yang memuat prinsip moral. Bushido disampaikan secara turun temurun dan harus dipatuhi serta dilaksanakan oleh para golongan samurai pada zaman dahulu.  

Prinsip-prinsip ajaran moral yang terkandung di dalam bushido tidak tertulis, melainkan hanya sebuah norma yang memiliki sanksi kuat bagi yang melanggar. Prinsip moral ini tidak dibuat oleh seorang saja, namun merupakan pengalaman para samurai yang berlangsung secara terus-menerus selama puluhan tahun bahkan berabad-abad. Berikut ini ketujuh nilai falsafah bushido.

1. Kesungguhan

Bushido, Sebuah Filsafat Samurai yang Bisa Kamu Terapkan dalam Hidupmupexels/Pixabay

Seorang samurai harus mempertahankan keseluruhan dari aspek kehidupan seperti etika, moral, kebenaran, dan keberanian.

Pada saat sekarang ini konsep kesungguhan dari falsafah bushido dapat dimaknai dengan kepahaman tentang kebenaran dan berusaha dengan segala kebaikan menghindari hal-hal buruk yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

2. Keberanian

Bushido, Sebuah Filsafat Samurai yang Bisa Kamu Terapkan dalam Hidupmuunsplash/Ismael Abelleira

Pada masa feodal, seorang samurai memaknai keberanian dengan berani mati untuk membela yang benar.

Pada zaman millennial seperti sekarang ini, konsep keberanian dapat dimaknai dengan berani menghadapi berbagai macam keadaan, kesulitan, dan tahan terhadap tekanan. Pokoknya harus semangat ya. Apapun yang terjadi, maju terus pantang mundur!

3. Kebaikan

Bushido, Sebuah Filsafat Samurai yang Bisa Kamu Terapkan dalam Hidupmupexels/Manuj Patel

Kebaikan berhubungan erat dengan kasih sayang, cinta, dan kemuliaan perasaan. Sifat-sifat tersebut merupakan atribut tertinggi dari jiwa. Bagi seorang samurai, kebaikan seperti kekuatan air yang dapat menundukkan api.

Kebaikan memang tidak pernah luntur dan selalu diwariskan. Ya, jika kita berbuat baik maka kebaikan akan terwariskan kepada generasi selanjutnya.

Millennial dapat mengaplikasikan konsep ini dengan cara berbagi kebaikan, berbuat baik terhadap sesama, memiliki kemurahan hati, saling memaafkan, saling tolong dalam hal kebaikan, dan memberikan manfaat bagi orang lain. 

Baca Juga: 6 Pelajaran Berharga yang Bisa Kita Petik dari Kasus Ratna Sarumpaet

4. Kesopanan

Bushido, Sebuah Filsafat Samurai yang Bisa Kamu Terapkan dalam Hidupmuunsplash/Michal Perchado

Dalam konsep bushido, kesopanan adalah sesuatu hal yang mendekati konsep cinta. Konsep kesopanan di zaman sekarang ini dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari dengan cara menghormati orang tua, orang yang lebih tua, sesama, dan berlaku santun.

Berbicara tentang perilaku santun, salah satunya juga adalah mengantri. Jangan lupa untuk sadar mengantri ya!

5. Kejujuran

Bushido, Sebuah Filsafat Samurai yang Bisa Kamu Terapkan dalam Hidupmupexels/Andrey Grushnikov

Bagi seorang samurai berbohong adalah tindakan pengecut dan dianggap tidak terhormat. Sampai saat ini pun kejujuran tetap menjadi poin penting dalam kehidupan, betul kan? Yuk hindari perilaku tidak jujur dan berita bohong lainnya. Kejujuran adalah dasar dari moral dan etika seseorang.

6. Kehormatan

Bushido, Sebuah Filsafat Samurai yang Bisa Kamu Terapkan dalam Hidupmupexels/AKANE ZEN

Seorang samurai dituntut untuk selalu menjaga kehormatannya dengan cara tidak melanggar moral dan memiliki perilaku yang terhormat.

Konsep kehormatan pada saat ini dapat diambil pelajarannya. sebagai seorang yang menjaga kehormatan tentunya akan berperilaku baik bukan? Untuk itu kita juga harus dapat berbuat baik, caranya?

Cobalah dengan hal simpel salah satunya tidak datang terlambat atau dengan kata lain on time, serta menghindari hal yang tidak berguna dan tidak produktif. Yuk produktif dan positif!

7. Kesetiaan

Bushido, Sebuah Filsafat Samurai yang Bisa Kamu Terapkan dalam Hidupmupexels/Gail Nakada

Kesetiaan samurai ditunjukkan dengan mengabdi kepada tuannya. Nah kalau sekarang ini kesetiaan bisa diartikan juga dengan memiliki dedikasi tinggi terhadap pekerjaan dan tanggung jawab.

Jika kamu bekerja maka bekerjalah dengan giat dan jangan banyak mengeluh. Jika kamu sekolah atau kuliah maka belajarlah dengan benar, jangan terdistraksi dengan hal yang dapat membuat cita dan impianmu terhambat. Satu lagi, jangan lupa disiplin ya! 

Menurut Penelitian filsafat dari Mintareja (1999), berakar dari budaya inilah yang kemudian memberikan pengaruh pada masyarakat Jepang kontemporer, meski bushido merupakan prinsip moral para ksatria samurai pada zaman dahulu akan tetapi sebagai nilai moral, bushido merupakan supreme virtues yang berarti bahwa kebaikan tertinggi dalam konsep moral bangsa Jepang.  

Sebagai konsep moral tertinggi, dalam pelaksanaannya tidak hanya berlaku berlaku di lingkungan para samurai, akan tetapi berlaku juga oleh kelas-kelas lainnya, hal ini terjadi karena selain memuat prinsip moral mengenai ksatriaan dan keberanian yang harus dimiliki oleh seorang samurai, bushido juga mengandung nilai-nilai yang sifatnya universal.

Nah sekarang tahu kan, mengapa masyarakat Jepang terkenal gigih, rajin, dan memiliki disiplin tinggi.

Hal-hal baik seperti ini tidak ada salahnya untuk dicontoh. Yuk mulai disiplin dari diri sendiri.

Baca Juga: 8 Pelajaran yang Akan Kamu Dapat Ketika Mencintai Seseorang Tanpa Ibu

Dyah M Photo Verified Writer Dyah M

Create your own magic

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You