Comscore Tracker

5 Rahasia Diri yang Tanpa Sadar Diumbar kepada Orang Lain

Hayoo, jaga mulut lho

Setiap orang mempunyai privasi masing-masing dalam menjalani kehidupan agar stabil. Tidak perlu orang lain tahu juga karena jika dipikir mereka hanya pendukung kamu atau malah sebaliknya. Namun, saat berbincang dikarenakan tidak ada bahan omongan tanpa sadar, lidah semakin asyik berbicara bahkan hal yang sifatnya pribadi diumbar. Bahkan ada yang lewat ketikan jari.

Jika semua diumbar, kira-kira hal apa lagi yang harus dirahasiakan? Nah, berikut adalah 5 hal yang tadinya rahasia pribadi bisa menjadi rahasia umum karena tanpa sadar diceritakan kepada orang lain. Apa saja? Simak, yuk!

1. Aib orang

5 Rahasia Diri yang Tanpa Sadar Diumbar kepada Orang LainPexels/Tirachard Kumtanom

Sekarang teknologi sudah canggih. Beragam media sosial yang terpampang di layar smartphone, membuat jari tak bisa berhenti untuk memainkannya. Bahkan, ketika ada persoalan dengan seseorang yang membuat sakit hati terlalu dalam, jari pun ikut serta dalam memperturutkan hawa nafsu. Membuat status, caption, instastory, dan lain sebagainya yang mengungkapkan keburukan tentang orang tersebut.

Rasanya hal seperti itu sering terjadi bahkan ada yang menjadi trending. Tidak hanya dalam media sosial, di dunia nyata pun beberapa orang jika diajak bergosip ada yang terhanyut dalam suasana. Akhirnya jadi ikutan menceritakan keburukan seseorang yang dikenal apalagi sudah bermodal benci. Bahkan rahasia orang tersebut dengan mudahnya dibongkar, lupa akan janjinya yang dahulu untuk menutup rapat.

2. Penghasilan

5 Rahasia Diri yang Tanpa Sadar Diumbar kepada Orang LainPexels/EVG photos

Sebenarnya kalau soal penghasilan merupakan hal yang sangat privasi. Jadi, tidak perlu menjawab jika orang lain ada yang bertanya. Toh, nantinya mereka pasti akan tahu dengan sendirinya. Katakan, "cukup".

Hal ini untuk menghindari rasa iri jika orang yang bertanya seperti itu kalau kamu mendapatkan upah yang sangat fantastis. Tetapi, jika upah kamu di bawah UMR, sama saja kamu bongkar rahasia perusahaan.

3. Mendapatkan kesenangan

5 Rahasia Diri yang Tanpa Sadar Diumbar kepada Orang LainUnsplash/bruce mars

Misalnya; kamu dan temanmu sama-sama melamar pekerjaan sebagai PNS di instansi yang sama. Ketika pengumuman kelulusan, kamu yang lolos dia tidak. Lalu kamu menceritakan kesenangan yang diperoleh di hadapan dia. Padahal itu adalah pekerjaan impian dia. Bagaimana perasaan dia?

Ada contoh lain lagi, seperti; menceritakan tentang anak-anaknya di depan orang yang belum bisa dikaruniai anak, hubungan keluarga yang harmonis di depan orang yang mempunyai keluarga broken home, dan berbagai kemudahan lainnya yang didapat.

Kita tidak akan pernah tahu kondisi jiwa seseorang dan masing-masing orang mempunyai cara yang berbeda dalam menanggapi ceritamu. Namun, sebagai manusia yang beradab tak ada salahnya untuk menjaga perasaan orang lain. 

Baca Juga: 5 Rahasia Bikin Pernikahan Semakin Kuat, Pasangan Muda Wajib Tahu!

4. Masa lalu

5 Rahasia Diri yang Tanpa Sadar Diumbar kepada Orang Lainscmp.com

Tak ada masa sekarang kalau tak ada masa lalu. Cukup jadi rahasia pribadi jika memang tidak ingin diceritakan karena beberapa masa lalu mungkin ada yang sangat kelam dan mungkin akan menyakiti hati yang mendengar, seperti; pasanganmu. Rasanya tidak menjadi suatu kewajiban karena kita sudah mengenal dengan namanya Hak Asasi Manusia. Yang terpenting menjalani kehidupan di masa kini ke arah yang lebih baik lagi.

Kemudian jika kamu mendengar curhat dari seseorang yang mengalami masalah seperti di masa lalumu, jangan pernah untuk memberikan solusi yang sama untuknya kecuali diminta. Walaupun niat kamu baik. Hal ini dikarenakan setiap orang mempunyai caranya masing-masing dalam menghadapi persoalan. Belum tentu cara kamu untuk bangkit dari masa lalu bisa berhasil untuknya. 

5. Pilihan hidup

5 Rahasia Diri yang Tanpa Sadar Diumbar kepada Orang Laininstagram.com/sunbin_eyesmag

Hal ini sebenarnya pun juga tak perlu diceritakan kepada orang lain. Mengenai pekerjaan, kepercayaan yang dianut, partai apa yang kamu pilih, asmara, pilihan menikah atau tidak, dan berbagai macam pilihan lainnya. Biarkan itu menjadi rahasia pribadi. Hanya kamu dan Tuhan yang tahu apa pilihanmu.

Intinya adalah bertanggung jawab atas apa yang kamu pilih dalam mengambil keputusan. Tetapi, di era sekarang, contohnya pada waktu PEMILU kemarin ada yang bertanya tentang partai apa yang dipilih ataupun siapa presiden pilihan kamu. Tentunya beberapa di antara kamu pasti ada yang tak sungkan untuk menjawab. Ke mana makna Luber Jurdil?

Penjelasan di atas adalah 5 rahasia diri yang tanpa sadar diceritakan kepada orang lain. Semoga bisa pegang kendali apa yang menjadi rahasia pribadi bukan bermaksud menjadi pribadi misterius. Tuhan saja bisa menutup aib umat-Nya.

Baca Juga: 10 Mindset Agar Hidup Bahagia yang Justru Sering Dilupakan Orang

Dyan Yudhistira Photo Verified Writer Dyan Yudhistira

Terima kasih sudah mau membaca. Semoga kalian bahagia. Aamiin..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya