Comscore Tracker

5 Kenyataan yang Terkadang Sulit Dihindari dalam Berinteraksi

Salah satu caranya adalah legowo

Sebagai makhluk sosial, tak bisa hidup secara sendiri. Membutuhkan orang lain. Dari terbentuknya suatu hubungan pasti sebelumnya ada yang namanya interaksi sosial. Dalam hal ini tentunya ada persoalan yang terkadang menjadi besar walau dimulai dari hal kecil. Tetapi persoalan tersebut sangat wajar terjadi jika masih bisa dikendalikan dan tergantung dari sudut mana memandang.

Nah, beberapa kenyataan yang terjadi ketika berinteraksi sering kali tak bisa dihindari. Kenyataan ini kalau tidak bisa terima secara lapang dada akan menyakiti diri sendiri. Supaya lebih siap ketika berhubungan dengan seseorang atau kelompok, berikut adalah kenyataan yang dimaksud.

1. Sebaik apa pun berbuat jika ada satu kesalahan akan selalu diingat

5 Kenyataan yang Terkadang Sulit Dihindari dalam Berinteraksimedium.com

Beberapa di antara kamu pasti pernah menjadi pihak yang tak termaafkan walaupun sudah melakukan terbaik semampunya sebagai ganti dari kesalahan. Meski kesalahan tersebut hanya kamu lakukan sekali kepada orang tersebut. Seolah-olah apa yang sudah kamu lakukan terdahulu hilang sekejap dengan satu kesalahan. 

Tidak perlu khawatir jika mengalami hal yang seperti ini. Berubah menjadi lebih baik lagi itu adalah cara meminta maaf bukan hanya sekadar omongan belaka. Jika tidak diterima serahkan kepada-Nya. Namun, kembali lagi apakah kesalahan tersebut ada unsur ketidak sengajaan atau sengaja dilakukan. Mawas diri kunci utama.

2. Saling membicarakan satu sama lain tentang keburukan

5 Kenyataan yang Terkadang Sulit Dihindari dalam BerinteraksiUnsplash/Ben White

Pernah kah kamu berada dalam suatu lingkaran pertemanan atau keluarga di mana kamu dikelilingi oleh orang-orang yang saling membenci di belakang? Misalnya, A membicarakan keburukan B kepada kamu tetapi nanti di lain hari datang si B membicarakan keburukan si A. Namun, tiba-tiba kamu melihat si A dan si B saling menunjukkan keakraban seperti tidak ada apa-apa. Semuanya baik-baik saja.

Kesan pertama aneh untuk melihat pemandangan tersebut, mereka pandai menyimpan rasa ketidaksukaan sama lain. Tetapi, hati-hati jika kamu tidak pandai, kamu bisa membongkar aib mereka. Jadi, sepertinya masa bodo adalah pilihannya. Tak perlu ikut campur terlalu dalam karena dikhawatirkan akan merusak keakraban mereka meski hanya kamuflase.

Baca Juga: Yuk Lihat! 12 Ilustrasi Ini Sindir Kehidupan Sosial di Sekitar Kamu

3. Cara pandang yang berbeda ketika mengeluarkan argumen

5 Kenyataan yang Terkadang Sulit Dihindari dalam Berinteraksiinstagram.com/jelly_jilli

Rasanya ini tak pernah terlepas dari berinteraksi. Setiap pernyataan mengandung bermacam argumen dari masing-masing isi kepala. Tergantung tingkat pemahaman dan pengalaman masing-masing. Menurut kamu benar belum tentu menurut dia atau mereka juga benar.

Rasanya suatu pendapat tidak ada yang benar dan salah hanya saja terletak pada tingkat pemahaman dan pengalaman. Situasi dan kondisi juga mempengaruhi dalam membuat keputusan atau pendapat. Jadi, tak perlu ribut jika ada yang tidak sependapat. 

4. Tak akan pernah bisa menebak isi hati lawan bicara

5 Kenyataan yang Terkadang Sulit Dihindari dalam Berinteraksimedicalnewstoday.com

Seringkali ketika berinteraksi sudah beretika selalu ada pihak yang tersinggung. Etika dalam berbicara pun rasanya sudah tahu semua. Menggunakan kalimat yang halus, jika mengkritik sebaiknya tidak di depan orang lain, dan lain sebagainya.

Sebenarnya banyak contoh yang niat awal sama sekali tidak bermaksud menyinggung perasaan lawan namun berakhir tersinggung. Pasti kamu pernah mengalaminya. Tetapi, pada dasarnya pihak yang tersinggung sebenarnya tidak ada sangkut pautnya dengan kamu jika kamu sudah beretika. Bisa jadi orang tersebut lagi ada masalah yang berat.

5. Perihal janji terkadang ada yang tak menepati

5 Kenyataan yang Terkadang Sulit Dihindari dalam BerinteraksiPexels/JÉSHOOTS

Ini sungguh sangat biasa terjadi ketika membicarakan sebuah janji. Tidak perlu susah untuk memberikan contoh. Misal, janji kumpul pukul 3 sore, datangnya pukul 5 sore. Terkadang yang membuat janji malah telat. 

Biasanya orang tidak akan berharap kalau tidak diberi janji. Namun, soal janji begitu mudah diucapkan dari mulut tanpa pemikiran lebih lanjut. Terkecuali ada suatu hal yang terjadi di luar kendali.

Itu tadi adalah lima kenyataan yang biasa terjadi selama berinteraksi. Dengan mengetahui beberapa poin di atas, semoga kamu bisa lebih mengontrol emosi diri menjadi lebih baik dan siap. Apa yang dihadapkan oleh kamu sebenarnya ujian dari Tuhan, lolos atau belum tergantung bagaimana kamu menyikapinya. 

Baca Juga: 10 Ilustrasi Sindir Kehidupan Sosial Saat Ini

Dyan Yudhistira Photo Community Writer Dyan Yudhistira

Terima kasih sudah mau membaca. Semoga kalian bahagia. Aamiin..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You