Comscore Tracker

5 Alasan untuk Memilih Adopsi, Bukan Beli Hewan Peliharaan

Yuk, lebih peka!

Punya hewan peliharaan saat ini menjadi hal yang lumrah. Mulai dari anjing, kucing, burung, sampai yang sedikit unik seperti reptil pun bisa dijadikan kesayangan. Namun di balik itu semua, ada kampanye untuk Adopt Don't Shop atau lebih memilih adopsi daripada membeli hewan peliharaan. 

Seperti Rose BLACKPINK yang baru-baru ini banjir pujian karena memilih mengadopsi seekor anjing jalanan dan bukannya membeli. Yuk, simak 5 alasan berikut untuk meyakinkan kamu supaya mau adopsi daripada membeli. 

1. Cara tak langsung untuk gak mendukung kekejaman terhadap hewan

5 Alasan untuk Memilih Adopsi, Bukan Beli Hewan PeliharaanHank, hewan peliharaan Rose BLACKPINK (instagram.com/hank_says_hank)

Kamu pasti sudah gak heran kalau di Indonesia ada banyak pemilik hewan peliharaan, seperti kucing atau anjing dengan ras yang mahal. Namun, di antara pemilik hewan-hewan ini, gak semuanya tulus, lho.

Banyak yang sangat kejam dan memaksa peliharaannya untuk menjadi 'pabrik anak' yang kejam. Mereka terus memaksa hewan peliharaannya kawin dan beranak supaya anak-anaknya bisa dijual. Ini jelas melenceng jauh tujuan memeliharaan hewan yang seharusnya. 

2. Kamu bisa memilih hewan yang ingin dipelihara sendiri

5 Alasan untuk Memilih Adopsi, Bukan Beli Hewan PeliharaanRose BLACKPINK dan hewan peliharaannya, Hank (instagram.com/roses_are_rosie)

Ada banyak shelter atau tempat penampungan hewan yang bisa kamu tuju jika mencari hewan peliharaan. Belum lagi saat ini di media sosial banyak yang memberikan informasi soal hewan terlantar yang bisa diadopsi. 

Apalagi mengingat kemungkinan adanya hewan yang dengan sengaja ditelantarkan dan dibuang. Tentu akan lebih menyenangkan bagi mereka dan tentu kamu, untuk bisa mendapat kesempatan saling menyayangi. 

Baca Juga: 7 Tanda-Tanda Anjing Peliharaan Mengalami Depresi

3. Hewan yang berasal dari penampungan biasanya sudah terlatih

5 Alasan untuk Memilih Adopsi, Bukan Beli Hewan PeliharaanHank, hewan peliharaan Rose BLACKPINK (instagram.com/hank_says_hank)

Salah satu kelebihan dari mengadopsi hewan peliharaan yang berasal dari penampungan yaitu mereka sudah memiliki kemandirian. Hidup bersama banyak anjing lainnya membuat mereka harus terbiasa hidup tertib dan toleransi. 

Ini nantinya akan lebih memudahkan kamu sebagai tuan, lho. Kamu hanya tinggal melatih mereka untuk terbiasa dengan keadaan rumahmu, karena ini adalah hal yang baru bagi mereka. 

4. Memberikan rumah bagi yang berhak

5 Alasan untuk Memilih Adopsi, Bukan Beli Hewan Peliharaananjing peliharaan rose (instagram.com/hank_says_hank)

Hewan yang kamu temukan di jalan mungkin keadaannya kotor, bau, bahkan berjamur. Namun, mereka tetap makhluk hidup yang layak mendapatkan 'rumah selamanya' untuk merasa disayang dan diterima, kan?

Mereka yang dibuang, pernah tersakiti, akan jadi sahabat terbaikmu karena mereka tahu telah diberikan kesempatan kedua untuk jadi teman seorang manusia yang baik hatinya. 

5. Kebahagiaan gak bisa dibeli!

5 Alasan untuk Memilih Adopsi, Bukan Beli Hewan PeliharaanRose BLACKPINK dan hewan peliharaannya, Hank (instagram.com/hank_says_hank)

Kamu wajib ingat ada motto yang mengatakan, jika kebahagiaan gak bisa dibeli. Cinta dan rasa terima kasih yang kamu dapat dari hewan yang dibeli atau diadopsi, rasanya akan sama. Namun, akan ada perasaan unik yang kamu dapat dari mengadopsi hewan alih-alih membeli hanya karena ingin ras atau jenis tertentu.

Perasaan bangga dari dalam diri karena mau dan bisa menyayangi hewan yang ketika kamu dapat, mungkin keadaannya gak baik-baik saja. Apalagi setelah kamu bisa membuat mereka jadi glow up, betapa hebatnya kamu bisa merawatnya sampai jadi lebih gemuk dan cantik!

Kamu bisa memilih peliharaan seperti apa yang bisa dipelihara. Namun, mereka yang dibuang dan ditelantarkan hanya bisa berharap mendapat uluran tangan dari orang baik yang bersedia menjadi teman dan menerima cinta dari mereka yang tulus itu.

Baca Juga: 7 Teknologi Canggih Ini Diciptakan untuk Hewan Peliharaan

Dyar Ayu Photo Verified Writer Dyar Ayu

Hai, mari kunjungi saya di instagram.com/dyarayu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya