Comscore Tracker

5 Hal yang Dirasakan People Pleaser, Si Paling Susah Bilang Tidak

Demi diterima orang lain, kamu banyak korbankan diri sendiri

Dilansir Medical News Today, people pleaser adalah seseorang dnegan dorongan kuat untuk selalu menyenangkan orang lain. Bahkan, gak masalah kalau sampai menggunakan biaya pribadi. Orang seperti ini sering menomorduakan diri sendiri. 

Ternyata, gak sedikit orang yang termasuk dalam people pleaser, lho. Apa kamu salah satunya? Berikut lima hal yang kerap dirasakan oleh mereka si people pleaser. Kamu merasa gak, nih?

1. Merasa kecewa dengan diri sendiri saat gak bisa membantu orang terdekat

5 Hal yang Dirasakan People Pleaser, Si Paling Susah Bilang Tidakilustrasi sahabat (unsplash.com/@gemmachuatran)

People pleaser memiliki jiwa yang mudah tersentuh, apalagi dengan orang terdekat. Jika teman, keluarga, atau pasangan mengalami kesulitan, people pleaser gak akan pikir panjang buat membantu. 

Namun, ketika kamu gak bisa hadir sebagai penghibur, gak bisa membantu, atau sekadar ada buat mendampingi orang terdekat yang kesulitan, perasaan sedih akan menghantui. Kamu merasa bersalah, bahkan sampai sedih berlarut-larut.

2. Paling gak bisa menolak orang lain

5 Hal yang Dirasakan People Pleaser, Si Paling Susah Bilang Tidakilustrasi sahabat (unsplash.com/@omarlopez1)

Orang yang berusaha menyenangkan orang lain tentu kerap merasa kesulitan buat menyanggah dan bilang 'tidak'. Kamu tidak ingin mengecewakan orang lain, hasilnya kamu merasa harus selalu ada, selalu bisa, dan selalu memuaskan. 

Karena sulit menolak, gak jarang akhirnya kamu merasa kesulitan. Misalnya, saat kamu ingin rehat dengan me time, tetapi di saat yang bersamaan temanmu meminta buat ditemani makan. Tak kuasa menolak, akhirnya kamu mengorbankan keinginan sendiri. 

3. Sering mengatakan "Aku gapapa", padahal yang dirasakan sebaliknya

5 Hal yang Dirasakan People Pleaser, Si Paling Susah Bilang Tidakilustrasi perempuan (unsplash.com/@carolinehdz)

Ngaku, demi menyenangkan seseorang, kamu jadi lebih sering membohongi diri sendiri, kan? Pasti ada waktu di mana kamu lelah, sedih, dan butuh didengarkan. Namun, kamu merasa gak punya kuasa buat mengungkapkan isi hati dan akhirnya malah bilang, "Aku gapapa, kok."

Menjadi people pleaser lantas membuatmu menekan diri sendiri untuk selalu bisa bersikap ramah, pengertian, dan baik meskipun saat itu kondisimu juga buruk. Kamu berbohong pada diri sendiri dengan berusaha kuat. Padahal itu adalah tanda kamu jahat pada diri sendiri. 

Baca Juga: 5 Ciri People Pleaser, Merugikan Diri Sendiri Lho!

4. Merasa khawatir ditolak dan tidak disukai

5 Hal yang Dirasakan People Pleaser, Si Paling Susah Bilang Tidakilustrasi sedih (pexels.com/Tan Danh)

Salah satu penyebab seseorang menjadi people pleaser adalah karena khawatir tidak bisa diterima atau ditolak, entah itu di kalangan pertemanan atau di lingkungan pekerjaan. Buat people pleaser, apa yang dikatakan orang lain adalah kunci bahagia.  

Sekalipun harus menjadi seseorang yang bukan kamu, itu bukan masalah selama bisa menjadi alasan orang lain tertawa karenamu. Kamu melakukan segalanya hanya supaya diterima. 

5. Mendahulukan kepentingan orang lain daripada diri sendiri

5 Hal yang Dirasakan People Pleaser, Si Paling Susah Bilang Tidakilustrasi sedih (pexels.com/Edward Jenner)

Tidak mudah menolak permintaan orang lain dan takut jika dimusuhi pada akhirnya akan menciptakan pola pikir buat selalu menyingkirkan kebutuhan sendiri. Kamu selalu mengatakan, "Ah, kebutuhanku gak terlalu penting. Masih bisa nanti."

Kamu gak pernah ambil pusing kalau kurang istirahat karena sering lembur atau uang mepet karena banyak dipinjam teman hingga tak pasti kembali. Segala kesulitan yang kamu rasakan semua berawal dari abai pada diri sendiri. 

Menjadi orang baik yang suka menolong lainnya adalah perilaku terpuji. Namun, menjadi people pleaser malah membuatmu tersiksa. Kelima hal di atas adalah tanda kalau ini waktunya berubah. Jangan sampai mempersulit diri hanya demi disenangi orang lain. 

Baca Juga: 9 Tips Berhenti Jadi People Pleaser, Biar Kamu Nyaman!

Dyar Ayu Photo Verified Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya