Comscore Tracker

Biar Stay Alive, 7 Keterampilan Hidup Dasar Ini Perlu Kamu Kuasai

Gak cewek, gak cowok, pokoknya harus bisa kamu kerjakan!

Sering kali, manusia mengotak-kotakkan keterampilan yang harus dikuasai menurut gender. Misal, perempuan harus bisa beres-beres dan laki-laki harus pandai membetulkan alat elektronik yang rusak. Padahal, gak ada peraturan yang mengharuskan hal tersebut.

Namun, setidaknya ada beberapa keterampilan hidup yang sangat mendasar dan wajibnya dikuasai semua orang tanpa memandang jenis kelaminnya apa. Apa aja, sih basic life skill yang perlu dikuasai semua orang ini?

1. Gak cuma perempuan yang harus bisa masak!

Biar Stay Alive, 7 Keterampilan Hidup Dasar Ini Perlu Kamu Kuasaiunsplash.com/Edgar Castrejon

Memasak selalu identik dengan tugas perempuan, padahal sebaiknya laki-laki pun perlu bisa memasak walau sekadar goreng telur, membuat nasi goreng, atau memasak nasi. Kemampuan memasak menjadi antisipasi bagi diri sendiri ketika harus di rumah sendiri dalam jangka waktu yang lama, restoran kesukaan kamu tutup, atau di saat sulit lainnya sehingga tidak ada bantuan dari orang lain.

2. Kemampuan bersih-bersih gak hanya perlu dikuasai orang dewasa

Biar Stay Alive, 7 Keterampilan Hidup Dasar Ini Perlu Kamu Kuasaiunsplash.com/The Creative Exchange

Ngaku, siapa yang masih sering malas membersihkan kamar sendiri dan perlu bantuan Mama atau ART? Wah, kurang-kurangin yuk, kebiasaan satu ini! Membersihkan kamar seperti menyapu, mengepel, mengganti seprei, sampai mengelap kaca jendela adalah hal yang jadi kewajiban diri sendiri dan setidaknya bisa dilakukan tanpa bantuan orang lain.

Jangan jadikan umur sebagai alasan untuk pemakluman dari hal-hal dasar yang belum dikuasai, kecuali kamu memang masih anak SD kelas 3, ya? Selain bersih-bersih kamar sendiri, sesederhana mencuci baju sendiri juga perlu kamu pelajari.

Sekalipun nantinya kamu mampu membayar biaya jasa laundry, tapi setidaknya kamu tahu dan bisa cara menggunakan mesin cuci di rumahmu sendiri, memeras baju, sampai menjemur dan melipat pakaian.

Baca Juga: 8 Keterampilan Komunikasi untuk Pasangan Menikah Bahagia Sampai Tua

3. Tidak harus sekelas profesional, setidaknya menjahit celana sobek perlu dikuasai 

Biar Stay Alive, 7 Keterampilan Hidup Dasar Ini Perlu Kamu Kuasaiunsplash.com/Kris Atomic

Ya, menjahit adalah basic life skill yang perlu dikuasai siapapun, termasuk kamu. Definisi menjahit ini tidak selalu sekelas profesional, tapi paling tidak, kamu tahu caranya memasukkan benang ke dalam jarum, tahu alurnya, dan bisa mengikat saat jahitan sudah selesai.

Celanamu bisa saja robek ketika bekerja, kancing bajumu bisa putus saat kamu ada di mall, dan kemungkinan-kemungkinan lain yang bikin kamu jadi mendadak mati gaya. Makanya, setidaknya menjahit dengan tangan perlu kamu kuasai sesegera mungkin.

4. Tahu bagaimana cara merawat, menggunakan, dan membetulkan alat-alat dapur  

Biar Stay Alive, 7 Keterampilan Hidup Dasar Ini Perlu Kamu Kuasaiunsplash.com/Tina Dawson

Kapan terakhir kamu mengasah pisau dapur yang biasa kamu gunakan untuk memotong buah? Atau kapan terakhir kamu membantu membersihkan kristal es dalam lemari pendingin? Ini penting, lho! Banyak orang hanya bisa memakai tanpa tahu bagaimana cara merawat alat-alat dapur, kemudian jika alat-alat ini rusak, langsung beli yang baru tanpa berusaha memperbaiki.

Kamu gak harus bisa membetulkan microwave atau membenahi mesin cuci piring yang tiba-tiba mati, tapi setidaknya kamu punya cara untuk membenahi keran air yang mati, tahu cara memaku jika rak piring mulai miring, dan hal-hal sederhana lainnya. Hal-hal ini bisa kamu pelajari otodidak melalui YouTube.

5. Bukan hal remeh, kamu perlu bisa membaca arah jalan baik dengan GPS atau peta   

Biar Stay Alive, 7 Keterampilan Hidup Dasar Ini Perlu Kamu Kuasaiunsplash.com/Anna Pascale

Membaca arah jalan sebenarnya adalah hal yang paling mudah bagi sebagian orang, tapi kenyataannya tidak semua orang bisa melakukannya, lho. Apa kamu salah satunya? Mulai belajar, yuk? Apalagi jika kamu adalah pribadi yang senang berpergian, tentu memiliki kemungkinan untuk tersesat dan satu-satunya yang bisa diandalkan adalah diri sendiri.

Dimulai dengan mempelajari arah mata angin, memahami mana kanan dan kiri, kemudian belajar menggunakan bantuan GPS yang ada di ponsel. Selain itu, biasakan berbicara dengan sopan jika nantinya kamu perlu bertanya dengan seseorang di jalan mengenai arah atau lokasi tempat.

6. Menulis memang sudah diajarkan sejak kecil, tapi kemampuan menulis yang baik tidak semua orang paham 

Biar Stay Alive, 7 Keterampilan Hidup Dasar Ini Perlu Kamu Kuasaiunsplash.com/Nick Morrison

Siapa sangka bahwa menulis adalah salah satu keterampilan hidup dasar yang perlu dikuasai semua orang. Memang, siapapun pasti bisa menulis karena sejak kecil pun pasti sudah diajarkan orangtua. Namun, yang dimaksud dari kemampuan menulis di sini adalah bagaimana kamu menuliskan pembukaan baik saat menulis surat atau sekadar chat.

Selain itu, penggunaan kata yang tepat juga perlu ditekankan. Berbincang secara langsung saja masih bisa menimbulkan salah paham, apalagi jika hanya lewat tulisan. Selain itu, kemampuan menulis akan sangat dibutuhkan dalam berbagai hal seperti saat melamar kerja atau ketika kamu nantinya menyusun skripsi.

7. Gak sekadar bicara, komunikasi yang baik dengan keahlian public speaking juga perlu dimiliki

Biar Stay Alive, 7 Keterampilan Hidup Dasar Ini Perlu Kamu Kuasaiunsplash.com/Priscilla Du Preez

Sama halnya dengan menulis, berbicara seringnya dianggap remeh bagi sebagian orang karena memang hampir semua orang bisa melakukan hal tersebut. Namun perlu diingat bahwa ada waktu di mana kamu akan berbicara di depan umum dan dilihat oleh banyak pasang mata. Jika tidak dilatih sejak sekarang, ini bisa menjadi batu sandungan untuk dirimu sendiri.

Tak kalah penting, komunikasi dengan orang lain juga perlu diasah. Sering kali, orang tidak bisa menempatkan diri ketika dengan orang yang lebih tua, seumuran, atau dengan yang lebih muda. Akibatnya, orang akan memiliki pandangan yang kurang baik dan pastinya merugikan. Duh, sayang sekali ‘kan karena tidak bisa komunikasi dengan baik, kamu jadi dinilai tak ramah sampai kurang sopan oleh orang lain.

Nah, dari ketujuh basic life skill di atas, mana yang saat ini belum kamu kuasai dengan baik? Yuk, mulai berlatih. Pun perlu kamu tahu bahwa untuk bisa bertahan di dunia ini kamu tidak bisa mengandalkan orang lain, maka itu perlu menguasai hal-hal di atas sesegera mungkin. Semangat!

Baca Juga: 5 Jenis Hobi yang Gak Bakal Rugi Kalau Kamu Tekuni dan Jadikan Skill

Dyar Ayu Photo Verified Writer Dyar Ayu

Hai, mari kunjungi saya di instagram.com/dyarayu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya