Comscore Tracker

#GreenBeauty 6 Tips Manfaatkan Wadah Bekas Kosmetik, Gak Asal Buang!

Bisa jadi berguna lagi, deh

Skin care dan makeup kini tidak lagi 'barang khusus perempuan', sebab siapa pun yang memiliki cita-cita punya kulit sehat serta tampil menarik pasti memakai makeup dan punya segudang skincare routine. Sayangnya, gak semua pengguna dua benda ini memiliki kesadaran untuk membuang atau mendaur ulang wadah bekasnya dengan benar. 

Jika tahu caranya, kamu bisa kok menjadikan wadah-wadah ini sebagai benda yang berguna lagi. Meskipun bukan hal besar dalam menyelamatkan bumi seperti menanam ratusan pohon, tapi reuse barang seperti ini juga merupakan #OneGreenStep yang gak ada salahnya dilakukan. Sederhana, tapi berkesan!

1. Menjadikan wadah untuk share in jar

#GreenBeauty 6 Tips Manfaatkan Wadah Bekas Kosmetik, Gak Asal Buang!ilustrasi skin care (pexels.com/Polina Kovaleva)

Share in jar adalah istilah membagi isi produk skincare atau makeup ke dalam wadah yang lain dan biasanya lebih kecil. Biasanya sih istilah ini digunakan oleh penjual yang menjajakan serum, sabun muka, atau produk lain yang harganya mahal. Dengan begitu, orang yang baru mau mencoba atau sedang irit, bisa membeli dalam ukuran yang lebih kecil sekaligus murah. 

Namun share in jar gak melulu untuk dijual. Kamu bisa memanfaatkan wadah bekas skincare atau kosmetik ini jadi lebih berguna. Cukup bersihkan dan isi kembali dengan produk baru sampai setengahnya. Lantas, skincare dengan wadah lama bisa digunakan di rumah dan skincare dengan wadah baru bisa dibawa bepergian. Jadi, jika salah satunya hilang atau rusak, kamu masih punya cadangan. 

2. Untuk wadah skincare buatan sendiri

#GreenBeauty 6 Tips Manfaatkan Wadah Bekas Kosmetik, Gak Asal Buang!ilustrasi lip scrub (instagram.com/earths_tribe)

Di zaman sekarang, mencari informasi soal apa pun gak sulit, termasuk DIY skin care atau makeup. Sebut saja seperti membuat lip scrub atau masker wajah yang banyak ditemukan di media sosial. 

Nah, wadah bekas peralatan kecantikanmu tadi bisa jadi tempat untuk kosmetik baru dan buatan sendiri. Jadi kamu bisa hemat buat gak perlu beli baru, deh!

3. Untuk kotak aksesori

#GreenBeauty 6 Tips Manfaatkan Wadah Bekas Kosmetik, Gak Asal Buang!ilustrasi kotak aksesoris (instagram.com/talittlelady)

Punya wadah bekas skincare atau kosmetik yang ukurannya agak besar? Jangan dibuang apalagi dibakar, manfaatkan saja untuk wadah aksesori yang kerap kamu pakai. 

Misalkan seperti karet rambut, anting-anting, atau peniti yang keberadaannya sering hilang secara ajaib. Supaya makin gemas, hiasi wadah bekas tadi dengan aneka stiker atau kertas kado. 

Baca Juga: #GreenBeauty 5 Tips Memilih Produk Kecantikan yang Ramah Lingkungan

4. Sebagai tempat parfum dengan travel size

#GreenBeauty 6 Tips Manfaatkan Wadah Bekas Kosmetik, Gak Asal Buang!ilustrasi parfum (pexels.com/Karolina Grabowska)

Sebel gak sih ke mana-mana harus bawa botol parfum yang ukuran besar dan rawan pecah dan tumpah itu? Nah, kenapa tidak manfaatkan botol bekas serum dan menjadikannya parfum yang bisa dibawa ke mana-mana? Apalagi botol serum punya ukuran yang kecil dan simpel, masuk kantung celana pun gak bikin worry

5. Lakukan daur ulang

#GreenBeauty 6 Tips Manfaatkan Wadah Bekas Kosmetik, Gak Asal Buang!ilustrasi skin care (https://www.pexels.com/id-id/caleboque)

Sebagai orang dewasa yang bertanggung jawab, jangan lupa untuk selalu bekali diri dengan pengetahuan daur ulang, terutama pada barang pribadi seperti wadah bekas skincare dan makeup

Seperti kampanye yang kini tengah digaungkan oleh Garnier yang bertajuk #GreenBeauty. Garnier bekerja sama dengan IDN Times dalam #GarnierXIDNTimes mengajak kita untuk memilah sampah mana yang bisa didaur ulang dan tidak. 

Melalui aplikasi yang diberi nama eRecycle, Garnier menyediakan platform bagi masyarakat yang ingin melakukan daur ulang. Gak melulu wadah bekas kosmetik, tapi juga bisa botol kaca, sampah plastik dan lainnya. Yang lebih menyenangkan, sampahmu akan dijemput oleh petugas untuk didaur ulang. Untuk sementara ini, layanan jemput sampah ini baru tersedia di beberapa kota seperti Tangerang, Jakarta, Depok, dan Bekasi saja. 

6. Memilih produk yang peduli lingkungan

#GreenBeauty 6 Tips Manfaatkan Wadah Bekas Kosmetik, Gak Asal Buang!ilustrasi garnier (instagram.com/alaveeolus)

Supaya gak hanya kulitmu yang sehat tapi bumi kita juga, mulai sekarang pakai produk kecantikan yang peduli lingkungan, yuk? Seperti Garnier yang kini packaging-nya sudah menggunakan bahan yang mudah terurai. Asyik 'kan?

Juga, sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan melalui kampanyenya #GarnierGreenBeauty , Garnier membuat packaging dengan bahan alami yang sudah teruji manfaatnya bagi bumi. Bahkan sejak tahun 2020, setiap pembelian produk Garnier melalui e-commerce gak lagi menggunakan bubble wrap, tapi menggunakan air packing. Ini salah satu usaha dari Garnier untuk mengurangi penggunaan plastik. 

Mari lebih bertanggung jawab dan menyayangi bumi dengan gak sekadar buang sampah pada tempatnya aja, tapi juga dengan tahu caranya daur ulang, mengamalkan pemakaian ulang barang yang masih berguna, dan gak sembarang pilih produk kecantikan. Gak susah 'kan? 

Baca Juga: #GreenBeauty 5 Alasan Harus Beralih ke Skincare Ramah Lingkungan

Dyar Ayu Photo Verified Writer Dyar Ayu

Hai, mari kunjungi saya di instagram.com/dyarayu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya