Comscore Tracker

5 Pilihan Ramah Lingkungan untuk Barang-Barang yang Sering Kamu Pakai

Pilihannya sudah ada, keputusan ada di tangan kita

Sadarkah kamu jika setiap pilihan kita dapat memengaruhi lingkungan? Mulai dari apa yang kita konsumsi, bagaimana kita berangkat beraktivitas, hingga alat-alat yang gunakan sehari-hari pun memiliki dampak bagi lingkungan. Namun, tahukah kamu jika benda-benda yang sering kita gunakan ternyata punya pilihan yang lebih ramah lingkungan? Yuk simak terus artikel ini untuk tahu lebih!

1. Peralatan makan yang edible

5 Pilihan Ramah Lingkungan untuk Barang-Barang yang Sering Kamu Pakaiinstagram.com/ellojello.id

Meskipun sederhana, namun perlengkapan makan yang kita gunakan berdampak besar terhadap lingkungan lho. Apalagi jika kita menggunakan peralatan makan sekali pakai yang terbuat dari plastik. Oleh karena itu, nggak ada salahnya untuk kita mulai menggunakan perlengkapan makan yang edible alias bisa dimakan. Contohnya seperti Ello Jello, gelas yang terbuat dari rumput laut, yang bisa dimakan. Psst, Ello Jello ini hasil kreasi anak bangsa lho, bangga! Selain itu, ada juga sendok yang diproduksi Bakeys asal India yang terbuat dari olahan tepung yang dipadatkan dan dikeringkan. Coba yuk!

2. Sikat gigi bambu yang natural

5 Pilihan Ramah Lingkungan untuk Barang-Barang yang Sering Kamu PakaiShutterstock/Strawberry Mood

Tahukah kamu kalau sikat gigi plastik membutuhkan waktu hingga 400 tahun untuk bisa terurai? Lama banget kan? Nah, coba bayangkan jika sikat gigi yang kita gunakan terbuat dari bahan-bahan natural seperti kayu bambu yang hanya butuh waktu tiga sampai empat tahun untuk terurai. Tapi, susah nggak sih mencari sikat gigi bambu yang terpercaya?

5 Pilihan Ramah Lingkungan untuk Barang-Barang yang Sering Kamu PakaiIDN Times/Pepsodent

Tenang, karena saat ini Pepsodent sudah hadir dengan sikat gigi Pepsodent Natural Bamboo yang 100 persen terbuat dari bambu. Kemasan yang digunakan pun 100 persen terbuat dari bambu. Jadi, penggunaan plastik pada produk ini sangatlah minim. Cocok banget buat kamu yang peduli dengan kesehatan gigi dan mulut tapi juga ingin bumi tersenyum lebih indah. 

Sikat gigi Pepsodent Natural Bamboo ini merupakan wujud dukungan Pepsodent terhadap gerakan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. FYI, sikat gigi adalah sikat gigi bambu pertama yang diproduksi massal di Indonesia lho, jadi kamu bisa menemukannya dengan mudah. Makanya, yuk #SenyumkanBumi dengan mulai menggunakan sikat gigi Pepsodent Natural Bamboo! Selengkapnya kamu bisa cek di sini ya guys!

3. Fashion item hasil daur ulang sampah laut

5 Pilihan Ramah Lingkungan untuk Barang-Barang yang Sering Kamu Pakaithedieline.com

Saat ini laut bukan hanya menjadi rumah bagi jutaan flora dan fauna laut yang eksotis, tetapi juga ‘rumah’ jutaan sampah manusia. Maka dari itu, mulai banyak produsen fashion item yang meluncurkan lini produk yang terbuat dari hasil daur ulang sampah laut. Contohnya seperti Girlfriend Collective, Karun, Fair Harbor, dan juga Adidas. Ada yang sudah punya di rumah?

4. Lampu LED yang lebih hemat daya

5 Pilihan Ramah Lingkungan untuk Barang-Barang yang Sering Kamu PakaiShutterstock/DKai

Lampu LED adalah pilihan penerangan yang lebih ramah lingkungan karena lampu jauh lebih efisien daripada bohlam konvensional. Soalnya 95% energi dikonversikan menjadi cahaya dengan hanya 5% yang diubah menjadi panas. Dengan tingkat konsumsi energi yang lebih sedikit, pembangkit listrik pun nggak perlu bekerja ekstra keras, hingga pada akhirnya dapat mengurangi emisi gas rumah kaca.

5. Tas belanja yang reusable

5 Pilihan Ramah Lingkungan untuk Barang-Barang yang Sering Kamu PakaiShutterstock/Bogdan Sonjachnyj

IDN Times nggak akan pernah bosan untuk mengingatkan kamu untuk mulai menggunakan tas belanja sendiri. Kalau orang-orang Thailand saja bisa jadi super kreatif supaya nggak menggunakan plastik sekali pakai lagi, kita orang Indonesia juga pasti bisa! Yuk mulai siapkan tas belanja sendiri sebelum berangkat ke supermarket, minimarket, atau pun toko kelontong andalanmu!

Itu dia 5 pilihan ramah lingkungan untuk menggantikan benda-benda yang sering kamu pakai. Dengan memulai dari lima pilihan sederhana di atas, kita sudah membantu bumi untuk kembali tersenyum lho. Ingat, kalau bumi sampai ‘gundah gulana’ karena ulah manusia, siapa yang dirugikan? Seluruh makhluk yang tinggal di dalamnya lho! Jadi, yuk mulai dari diri sendiri!

Topic:

  • Karsa Adiguna

Berita Terkini Lainnya