Comscore Tracker

Selain Inovatif, Indonesia Butuh Pemimpin Muda yang Peduli Lingkungan 

Apakah kamu sudah menggunakan energi ramah lingkungan?

Jakarta, IDN Times – Perubahan baru yang dirasakan masyarakat Indonesia belakangan ini tentang sosok kepemimpinan. Di mana, telah diketahui bersama sudah ada beberapa pemimpin muda bermunculan, seperti Wishnutama, Nadiem Makarim, dan yang terbaru ada enam staf khusus kepresidenan merupakan kaum milenial.

Pernyataan tersebut merupakan opening speech dari President Director ID Next Leader, Ferro Ferizka, pada acara diskusi terbuka ‘Renewable Energy: Harga Mati’, Kamis (12/12). Pasalnya, acara ini diselenggarakan atas kerja sama antara ID Next Leader dan Forum Energi Muda (FEM) yang berlokasi di Auditorium Microsoft Office, Jakarta.

Kedua belah pihak tersebut pun melibatkan enam pemateri lainnya berasal dari Akuo Energy Indonesia, UMBRA Law, Yayasan Indonesia Cerah, Direktorat EBTKE, PT PP Energi, dan seorang Energy Specialist Jerman. Mereka akan kupas tuntas tentang renewable energy.

1. ID Next Leader siap bawa perubahan untuk Indonesia melalui pemimpin muda berpotensi

Selain Inovatif, Indonesia Butuh Pemimpin Muda yang Peduli Lingkungan IDN Times/Ester Ajeng

ID Next Leader adalah non-profit organization yang berusaha menyediakan support system bagi para pemimpin masa depan. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, karakteristik  kepemimpinan adalah orang-orang yang adaptif, bekerja cepat, inovatif, dan selalu mencoba hal-hal baru. 

Menurut Ferro, Indonesia saat ini ada perubahan baru. Ketika pemimpinnya muda, maka yang level di bawahnya juga terdiri dari anak-anak muda yang kerjanya cepat dan inovatif. Oleh karena itu, komitmen ID Next Leader menjadi ruang aksi-kolaborasi untuk menciptakan calon-calon pemimpin Indonesia di masa mendatang.

2. Inilah upaya ID Next Leader persiapkan Indonesia di masa mendatang

Selain Inovatif, Indonesia Butuh Pemimpin Muda yang Peduli Lingkungan IDN Times/Ester Ajeng

Tiga visi ID Next Leader yaitu mencari pemimpin muda dalam sembilan sektor nasional; menyediakan akses mentoring kepada para pemimpin muda; dan menyampaikan ide pemimpin muda ke pemangku kebijakan, baik lokal, nasional, dan internasional. 

Sembilan sektor yang dimaksud di antaranya lingkungan hidup, energi, IT, pendidikan, polhukam, seni-budaya, jurnalisme, ekonomi kreatif-pariwisata, dan bisnis-investasi.

“Di masa depan akan ada sembilan sektor yang menjadi fokus bangsa Indonesia. Dan nomor dua diduduki oleh energi. Kalau kita bicara energi, kita juga bicara fosil. Karena fosil lama-kelamaan keberadaannya akan habis,” kata Ferro.

Di akhir pemaparannya, disebutkan bahwa ID Next Leader adalah salah satu cara mengubah Indonesia dengan cara men-supply talenta-talenta bagus. Karena itu, ID Next Leader telah menyediakan tiga hal, meliputi peran 37 dewan mentor yang merupakan tokoh-tokoh hebat yang berasal dari berbagai bidang/skill. Kedua, berjejaring dengan orang-orang yang mempunyai kesamaan tipe, dan berjejaring dengan para pengambil kebijakan.

3. Perubahan untuk Indonesia ke depannya bisa dimulai dari diri sendiri

Selain Inovatif, Indonesia Butuh Pemimpin Muda yang Peduli Lingkungan IDN Times/Ester Ajeng

Konteks kata ‘muda’ yang ditafsirkan CO-Founder Forum Energi Muda, Faelasufa, pada kesempatan yang sama itu yakni bukan sekadar dilihat dari usia, namun semangat dan pemikirannya. Faelasufa mengimbau kepada para peserta diskusi yang didominasi milenial itu untuk mulai beralih menggunakan energi yang ramah lingkungan.

“Keberadaan batu bara masih 50% ada di daerah sekitar kita, padahal membakar batu bara akan menghasilkan CO2. Oleh sebab itu, kita dari sekarang harus lebih aware terhadap isu ini untuk generasi ke depannya. Perubahan bisa dilakukan mulai dari diri sendiri dengan menggunakan energi yang ramah lingkungan. Misalkan menggunakan renewable energy. Batu bara memang masih dibutuhkan, tetapi sebaiknya bisa dikurangi,” tutupnya.

Topic:

  • Ester Ajeng

Just For You