Comscore Tracker

Royale Parfum Series by So Klin Dukung Regenerasi Pengusaha Wanita

Para pengusaha wanita ini sangat menginspirasi lho

Jakarta, IDN Times - Keseruan event Indonesia Millennial Summit 2020 yang berlokasi di The Tribrata Darmawangsa, Jakarta Selatan pada tanggal 17-18 Januari 2020 telah berlangsung dengan sukses. Dibagi dalam 4 panggung, yaitu Visionary Leaders, Future is Female, Talent Trifecta dan Hijrah yang menghadirkan 131speakers yang berkompeten di bidangnya masing-masing.

Para pengusaha wanita juga ikut hadir dan memeriahkan panggung Future is Female dengan mengusung tema “Propelling The Next Gen of Female Entrepreneurs” pada Sabtu (18/01). Mereka adalah Carline Darjanto (Founder, CEO & Creative Director of COTTONINK), Ria Sarwono (Founder, Brand & Marketing Director of COTTONINK), Anandita Makes Adoe (CFO of Plataran Indonesia) dan Sarita Sutedja (Founder & Deputy of Corporate Communication CRP Group). Para pengusaha wanita ini ingin mendorong dan menginspirasi para perempuan untuk menjadi entrepreneur. Apa saja ya tipsnya, yuk simak kisah inspiratif mereka!

1. Punya ide bisnis, harus segera dilakukan dan buat ide itu jadi nyata

Royale Parfum Series by So Klin Dukung Regenerasi Pengusaha WanitaIDN Times/Cynthia Kirana

Menurut Anandita selaku CFO dari Plataran Indonesia, pasti kita memiliki banyak ide, satu hal yang dipelajari selama bertahun-tahun adalah hal yang paling penting untuk kamu adalah “just do it”, hal tersebut terkesan simpel tapi lakukan saja, karena jika tidak dilakukan sekarang, kamu akan kehilangan waktu dan yang paling penting adalah kamu kehilangan kesempatan. 

Sarita juga menyetujui hal yang sama, “Jika kamu punya ide ya harus dikeluarkan, dalam  bisnis F&B yang ia jalani, ide bisa datang dari mana saja, dan kamu bisa hitung potensinya dan setelah dieksekusi kita akan ukur, dan benar sekali bahwa kamu “just do it” untuk merealisasikan ide tersebut,” ungkap Sarita, selaku Founder & Deputy of Corporate Communication CRP Group.

2. Keluarga dan teman-teman dekat berpengaruh besar untuk terjun ke dunia bisnis

Royale Parfum Series by So Klin Dukung Regenerasi Pengusaha WanitaIDN Times/Cynthia Kirana

Carline, Founder, CEO & Creative Director of COTTONINK mengaku bahwa memang sosok ibu yang saat kecil sudah menginspirasinya untuk menjadi wanita yang mandiri. Ibu dari Carline, sejak kecil sudah menyuruh Carline untuk menjadi dokter gigi dengan alasan, menjadi seorang dokter gigi itu bisa kerja sendiri, bisa bekerja di rumah dengan jam kerja fleksibel. Karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan sehingga mulai dari SD sudah ingin hidup mandiri dan sebisa mungkin tidak tergantung oleh orang lain. Dan sekarang memang sudah bisa hidup mandiri dengan bisnis Cotton Ink dan sampai bisa punya pegawai.

Ada dua yang mempengaruhi Sarita terjun di dunia bisnis, yaitu: teman-teman kuliah dan the power of kepepet. Karena dari sejak kuliah, ia memang dikelilingi oleh orang-orang yang memiliki skill yang hebat, jadi itu mempengaruhi Sarita dalam menekuni dunia bisnis. Sebelum ia terjun di bisnis F&B, seperti nasi goreng rempah mafia, upnormal, dan bakso boedjangan, Sarita menggeluti dunia konsultan marketing bersama teman-temannya, karena memiliki keterbatasan SDM akhirnya Sarita dan teman-teman berpindah haluan ke bisnis F&B. 

Menurut pendapat Anandita, peran dari kedua orang tua, terutama mama sangat mempengaruhinya untuk terjun di dunia bisnis. Karena dirinya tumbuh di keluarga yang selalu menghargai kerja keras dan waktu yang diberi Tuhan. Sosok mama tidak pernah berhenti bekerja dan berkarya meskipun memiliki 4 anak termasuk dirinya.

3. Perempuan bisa mengambil keputusan dengan menyeimbangkan logika dan hati

Royale Parfum Series by So Klin Dukung Regenerasi Pengusaha WanitaIDN Times/Cynthia Kirana

Selama Ria dan Carline bekerja sama dalam membangun Cotton Ink, tantangan yang harus dihadapi adalah logika. Kelebihan perempuan yang memiliki feeling, kedua hal tersebut bisa disatukan dan menjadi keseimbangan yang bagus dalam memutuskan sesuatu untuk kepentingan perusahaan.

Menurut Sarita “Logika dan perasaan bukan versus di kerjaan, keduanya dibutuhkan dalam memutuskan sesuatu dalam perusahaan. Perasaan juga penting, sebagai pemimpin kita harus bisa membuat tim merasa nyaman dan memberikan arahan ke mereka, gimana kita melangkah, nggak cuma logic yang dibutuhkan. Manusia punya perasaaan, emosi justru perlu tapi kadarnya harus di-balance dengan logic, harus combine, karena kerja bersama sama manusia bukan robot,” ungkapnya.

4. Menjadi pengusaha wanita, harus bisa menyeimbangkan karir dan keluarga

Royale Parfum Series by So Klin Dukung Regenerasi Pengusaha WanitaIDN Times/Cynthi a Kirana

Setelah punya anak dan keluarga, Carline mengakui bahwa membagi waktu itu sangat susah dilakukan. Tapi setelah ia jalani, yang paling penting adalah kamu bisa melakukan satu demi satu. Jangan bekerja sambil menyuapi anak makan, jika ingin bekerja dahulu, kamu bisa lakukan selama waktu yang dibutuhkan, dan setelah selesai dengan pekerjaan tersebut, kamu bisa fokus quality time with family, that’s much better dan bisa memberikan perhatian seutuhnya ke keluarga.

Anandita menyatakan sependapat dengan Carline, sebagai new mom, ia merasakan perubahan yang besar. Time management yang baik itu mengutamakan kualitas dibanding dengan kuantitas dan bisa dimulai dengan dari hal yang kecil dan dari diri sendiri. Meskipun hanya 1 atau 2 jam tapi kualitas yang kita lakukan untuk keluarga, teman bahkan pekerjaan akan terasa maksimal.

5. Royale Parfum Series by So Klin memberikan apresiasi untuk para pengusaha wanita

Royale Parfum Series by So Klin Dukung Regenerasi Pengusaha WanitaIDN Times/Cynthia Kirana

Royale Parfum Series by So Klin, Pink Satin, pelembut pakaian konsentrat, yang mengusung tema Scent For Success, turut menginspirasi para perempuan untuk menjadi entrepreneur. Wanita harus mampu tampil percaya diri dalam segala situasi baik kehidupan profesional maupun menjalankan role dalam keluarganya. Royale Parfum Series by So Klin menyambut baik Carline Darjanto (Founder, CEO & Creative Director of COTTONINK), Ria Sarwono (Founder, Brand & Marketing Director of COTTONINK), Anandita Makes Adoe (CFO of Plataran Indonesia) dan Sarita Sutedja (Founder & Deputy of Corporate Communication CRP Group) sebagai contoh success female entrepreneur di Indonesia.

Bersama Royale Parfum Series by So Klin, pelembut pakaian konsentrat, yang mendukung langkah suksesmu, mari gapailah cita - cita dan mimpimu! Just do it!

Topic:

  • Cynthia Kirana Dewi

Berita Terkini Lainnya