Comscore Tracker

5 Dampak Nyata dari Sifat Suka Bermalas-malasan, Yuk Lebih Produktif!

Bisa memengaruhi masa depan lho

Kemalasan dapat disebut sebagai keengganan untuk bekerja atau menggunakan energi untuk melakukan suatu aktivitas. Kemalasan seringkali datang dalam bentuk sikap suka menunda-nunda, yang lama-kelamaan bisa berkembang menjadi benar-benar enggan mengerjakan tugas yang menjadi tanggung jawab. Jika rasa malas ini tidak dilawan, tentunya akan membuat sifat ini makin sulit dihilangkan yang berimbas pada menurunnya produktivitas.

Untuk itu, penting sekali agar kamu mengetahui dampak nyata dari kebiasaan bermalas-malasan. Berikut beberapa akibat dari sifat suka bermalas-malasan yang perlu kamu waspadai.

1. Terbiasa melakukan sesuatu berdasarkan egomu sendiri

5 Dampak Nyata dari Sifat Suka Bermalas-malasan, Yuk Lebih Produktif!Unsplash.com/Olya Kuzovkina

Salah satu hal yang memicu kamu bermalas-malasan adalah karena kamu menuruti egomu. Lama-kelamaan, kamu jadi terbiasa melakukan sesuatu hanya berdasarkan egomu sendiri. Hal ini tentunya akan berdampak tidak baik, karena bagaimanapun juga kamu akan sulit memaksa dirimu melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginanmu dan keluar dari zona nyaman.

2. Lebih banyak bergosip

5 Dampak Nyata dari Sifat Suka Bermalas-malasan, Yuk Lebih Produktif!Unsplash.com/Priscilla Du Preez

Sifat malas biasanya juga akan membuat seseorang lebih banyak bergosip, hal ini lantaran mereka tidak memiliki kesibukan ataupun fokus yang lain. Jadi, untuk mengatasi kebosanan yang mereka alami, mereka akan bergosip perihal hal-hal lain.

3. Kurangnya tujuan dan motivasi dalam melakukan sesuatu

5 Dampak Nyata dari Sifat Suka Bermalas-malasan, Yuk Lebih Produktif!Unsplash.com/Kinga Cichewicz

Seseorang yang pemalas cenderung menyelesaikan tugasnya tanpa tujuan. Jadi, yang mereka lakukan hanyalah sebatas mengerjakan tugas yang menjadi tanggung jawabnya tanpa memikirkan kualitas pekerjaannya. Hal ini tentunya akan berdampak pada orang-orang sekitarnya. Terlebih jika pribadi seperti ini memegang jabatan yang strategis atau menjadi pimpinan, bukan tidak mungkin keseluruhan perusahaan atau karyawan lain akan terkena imbasnya.

Baca Juga: Jangan Malas-malasan, Lakukan 5 Hal Ini Agar Kembali Semangat Bekerja!

4. Orang yang malas biasanya juga disertai dengan sifat lalai

5 Dampak Nyata dari Sifat Suka Bermalas-malasan, Yuk Lebih Produktif!nypost.com

Pribadi yang malas biasanya juga ditandai dengan kurangnya sikap perhatian atau tidak memperhatikan tanggung jawab yang seharusnya mereka emban. Hal ini tentunya berdampak pada kebiasaan mereka yang suka lalai terhadap tugas-tugas penting, bahkan menyangkut kepentingan banyak orang.

5. Memicu kemiskinan dan masalah sosial lainnya

5 Dampak Nyata dari Sifat Suka Bermalas-malasan, Yuk Lebih Produktif!intelligenthq.com

Selain ekonomi, hal ini juga biasanya disertai dengan masalah emosional, relasi, fisik, spiritual, hingga kesehatan. Alasannya, orang yang malas pastinya tidak akan sempat belajar ataupun melatih keterampilan yang dibutuhkan untuk bekerja dan bertahan hidup nantinya. Akan tetapi, hal ini bukan berarti masalah kemiskinan selalu identik dengan kemalasan ya.

Demikian tadi dampak nyata dari sifat suka bermalas-malasan. Mengerikan sekali bukan? Untuk itu, yuk lawan sifat malas dan isi waktu luangmu dengan kegiatan yang bermanfaat dan produktif.

Baca Juga: 6 Jenis Rasa Malas yang Justru Membawa Dampak Positif

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You