Comscore Tracker

5 Hal Baik yang Terjadi Saat Memasuki Usia 40 Tahun, Patut Disyukuri

Salah satu tahun paling membahagiakan dalam hidup

Banyak orang meyakini bahwa usia dua puluhan adalah tahun terbaik dalam hidup. Sebaliknya, memasuki usia 40-an, orang-orang mulai merasa khawatir akan banyak hal, seperti munculnya tanda-tanda penuaan dan fisik yang tidak sekuat biasanya. Padahal, usia 40-an bisa menjadi tahun-tahun terbaik dalam hidup. Ya, banyak hal baik terjadi di usia 40 tahun yang bisa membuat kita menjadi lebih bahagia di usia ini.

Di sini, kita akan membahas beberapa hal baik yang akan terjadi saat kamu memasuki usia 40 tahun. Simak sampai tuntas, ya!

1. Menghabiskan lebih sedikit waktu untuk scrolling media sosial

5 Hal Baik yang Terjadi Saat Memasuki Usia 40 Tahun, Patut Disyukuriilustrasi media sosial (pexels.com/Lisa)

Banyak anak muda memiliki kebiasaan buruk menghabiskan berjam-jam scrolling media sosial. Mirisnya lagi, kebiasaan ini dirasa sulit untuk dikendalikan, yang membuat banyak anak muda terbiasa membuang-buang waktu untuk sesuatu yang tidak penting.

Namun, orang-orang berusia empat puluhan lebih dapat mengatur waktu dengan baik dan cenderung menghabiskan waktu untuk menelusuri media sosial dengan lebih sedikit. Hal ini dibuktikan dengan survei yang dilakukan oleh Pew Research Center, yang menyatakan bahwa orang berusia empat puluhan cenderung menggunakan media sosial jauh lebih sedikit daripada orang yang lebih muda, dan 56 persen dari mereka juga mengatakan bahwa tidak akan sulit untuk melepaskannya untuk selamanya.

2. Work-life balance yang lebih baik  

5 Hal Baik yang Terjadi Saat Memasuki Usia 40 Tahun, Patut Disyukuriilustrasi bekerja dengan laptop (pexels.com/Oleg Magni)

Memiliki work-life balance yang baik adalah impian setiap karyawan. Sayangnya, bagi banyak orang, keseimbangan kehidupan kerja yang sempurna adalah hal yang langka.

Beruntungnya, work-life balance relatif mudah didapatkan oleh orang dewasa berusia 40an tahun. Sebuah jajak pendapat yang dilakukan oleh YouGov mendapatkan hasil bahwa pekerja usia 34 dan 44 tahun mengaku senang dengan keseimbangan pekerjaan dan kehidupan pribadi mereka.

Baca Juga: 5 Alasan Masuk Akal Cowok Masih Betah Menjomblo di Atas Usia 25 Tahun

3. Lebih percaya diri

5 Hal Baik yang Terjadi Saat Memasuki Usia 40 Tahun, Patut Disyukuriilustrasi perempuan berjalan dengan percaya diri (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Banyak orang harus berjuang keras untuk mendapatkan kepercayaan diri, khususnya saat orang-orang masih berusia relatif muda. Ini karena di usia muda, kita dikelilingi oleh berbagai jenis standar kecantikan atau sosial yang berbeda.

Namun, penelitian oleh Harvard menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan diri kita mencapai puncaknya setelah kita berusia 40 tahun. Memiliki kepercayaan diri maksimal adalah salah satu hal terbaik yang kita miliki karena ini membuat kita merasa bahagia dengan diri sendiri.

4. Fokus yang lebih baik  

5 Hal Baik yang Terjadi Saat Memasuki Usia 40 Tahun, Patut Disyukuriilustrasi meditasi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Memiliki fokus yang baik adalah salah satu kemampuan yang ingin dimiliki oleh banyak orang. Mampu berkonsentrasi dan fokus juga memiliki banyak manfaat bagi kehidupan, salah satunya membuat kita lebih produktif.

Kabar baiknya, menurut penelitian di jurnal Psychological Science, fokus manusia akan mencapai puncaknya ketika berusia sekitar 43 tahun. Dengan begitu, kita tidak akan merasa terganggu dengan hal-hal remeh dan lebih fokus pada hal-hal yang penting, yang membuat kita lebih produktif.

5. Kesehatan mental semakin baik  

5 Hal Baik yang Terjadi Saat Memasuki Usia 40 Tahun, Patut Disyukuriilustrasi bahagia (pexels.com/Ava Motive)

Kesehatan mental adalah berkah yang diinginkan setiap manusia pada usia berapa pun. Untuk itu, sudah sepatutnya manusia tidak pernah berhenti belajar dan memperbaiki diri. Kabar baik, kesehatan mental yang lebih baik cenderung didapatkan setelah kita berusia 40an tahun.

Menurut data dari Bureau of Labor Statistics, orang dewasa yang lebih tua menghabiskan lebih banyak waktu untuk membaca daripada orang yang lebih muda. Nah, membaca jelas memiliki banyak manfaat bagi kita, salah satunya membuat kita mampu mengekspresikan diri dengan lebih baik. Lebih lanjut, studi oleh Harvard University and Massachusetts General Hospital menunjukkan bahwa kosakata terus mengalami peningkatan sepanjang usia empat puluhan dan berada di ambang puncaknya sebelum akhirnya mencapai batasnya di usia enam puluhan.

Terbukti kan, usia 40-an bukanlah sesuatu yang perlu ditakuti. Bahkan, di usia ini, kita menjadi semakin matang dalam banyak hal.

Baca Juga: 5 Fakta Sains tentang Kebahagiaan, Benarkah Makin Turun di Usia 50-an?

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

a human

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya