Comscore Tracker

Tanpa Disadari, 5 Hal Ini Bisa Membuat Orang Lain Ilfeel Padamu

Cek dulu, kamu gini juga gak?

Setiap orang pasti memiliki kebiasaan buruk. Fakta ini juga kadang digunakan oleh sebagian orang sebagai pembelaan untuk memaklumi perilaku buruknya.

Selain perilaku buruk yang disadari, mungkin ada juga perilaku buruk yang tidak kamu sadari ternyata membuat orang lain merasa jengkel dan ilfeel padamu. Kamu tentunya tidak ingin sengaja membuat orang lain merasa ilfeel dan risi berada di dekatmu. Untuk itu, ada baiknya kamu mengetahui apa saja hal yang membuat orang lain ilfeel dan segera memperbaikinya.

1. Menginterupsi pembicaraan orang lain

Tanpa Disadari, 5 Hal Ini Bisa Membuat Orang Lain Ilfeel Padamupexels.com/fauxels

Menginterupsi orang lain saat sedang berbicara tentu saja akan membuat orang tersebut merasa terganggu. Ini juga bisa memberi kesan bahwa kamu lelah dan enggan mendengarkan orang lain.

Sebenarnya, seseorang akan mudah sadar jika selama ini dirinya termasuk penginterupsi. Jika kamu seorang penginterupsi kronis, kamu bisa memperbaiki sikap ini dengan berlatih mendengarkan dan langsung menahan diri jika mulai memiliki keinginan untuk memotong pembicaraan.

2. Berlebihan dalam berbagi di media sosial

Tanpa Disadari, 5 Hal Ini Bisa Membuat Orang Lain Ilfeel Padamuunsplash.com/Erik Lucatero

Setiap orang memang memiliki hak untuk berbagi di media sosial. Tapi, jika kamu berlebihan dalam membagikan apapun di media sosial, maka orang lain juga berhak merasa ilfeel atas apa yang kamu lakukan.

Beberapa hal yang tanpa sadar membuat orang lain ilfeel adalah jika kamu menggunakan media sosial untuk mengeluh tentang ketidaknyamanan kecil, membuat posting panjang dan membahas aib pasangan, serta konflik pribadi lainnya. Baiklah, kamu mungkin tidak peduli jika orang lain merasa ilfil dan berhenti mengikuti kamu di media sosial.

Tapi, penting untuk mempertimbangkan apakah oversharing yang kamu lakukan akan merusak karier, hubungan, hingga membuatmu jadi pusat perhatian mendadak. Untuk mengurangi kebiasaan oversharing, segera jauhi media sosial saat kamu sedang emosional.

Baca Juga: Bukan Malah Senang, 5 Pujian Ini Justru Membuatnya jadi Ilfeel Padamu

3. Menggunakan terlalu banyak parfum

Tanpa Disadari, 5 Hal Ini Bisa Membuat Orang Lain Ilfeel Padamupexels.com/Michael

Kamu mungkin menemukan parfum yang baru dan sangat menyukai aromanya serta ingin memamerkannya ke orang-orang sekitarmu. Meskipun kamu sangat menyukainya, bukan berarti semua orang di sekitarmu juga akan menyukainya. Bahkan, meskipun secara umum orang-orang menyukai bau parfum tersebut, bukan berarti kamu boleh menyemprotkannya secara berlebihan.

Aroma parfum yang menyengat bisa membuat orang lain merasa tidak nyaman. Belum lagi jika ada orang yang sensitif terhadap wewangian, bau parfum yang menyengat bisa jadi membuat orang lain merasa pusing. Jadi, jika orang lain menutup hidungnya saat berada di dekatmu, jangan buru-buru berpikir bahwa kamu memiliki bau badan yang tidak sedap, sebab bisa jadi penyebabnya adalah aroma parfum yang terlalu menyengat.

4. Memainkan ponsel saat sedang berbicara dengan orang lain

Tanpa Disadari, 5 Hal Ini Bisa Membuat Orang Lain Ilfeel Padamupexels.com/Anna Shvets

Ini mungkin tampak seperti hal sepele bagi kamu, tetapi jika kamu memainkan ponsel saat berbicara dengan seseorang, kamu hampir pasti membuat mereka merasa ilfeel padamu. Orang lain bahkan mungkin berpikir bahwa menggunakan ponsel di tengah percakapan adalah perilaku yang kasar dan tidak sopan karena menganggap kamu tidak mendengarkan mereka.

Jika kamu merasa perlu segera membalas pesan yang penting atau tidak bisa melewatkan hal yang penting, katakan pada lawan bicaramu bahwa kamu perlu membalas pesan terlebih dahulu. Cara ini jauh lebih sopan daripada jika kamu langsung menatap ponsel dan mengabaikan lawan bicaramu.

5. Bercanda di setiap situasi

Tanpa Disadari, 5 Hal Ini Bisa Membuat Orang Lain Ilfeel Padamupexels.com/Elle Hughes

Banyak orang yang menyukai pribadi yang humoris dan banyak bercanda. Tapi bukan berarti kamu bisa menganggap semuanya sebagai lelucon hanya demi dianggap sebagai orang yang humoris. Alih-alih disukai semua orang, menganggap semuanya sebagai lelucon justru akan membuat orang-orang ilfeel padamu.

Hidup terkadang bisa sangat sulit, dan akan lebih sulit lagi ketika orang lain tidak menganggapnya serius. Juga, sulit untuk mengenal seseorang secara otentik ketika mereka selalu membuat lelucon pada apapun. Untuk itu, jika kamu terbiasa mengubah setiap situasi menjadi lelucon, kamu perlu segera memperbaiki sikap ini sebelum orang-orang menjauhimu.

Memperbaiki diri tidak selalu berarti memenuhi standar orang lain, tapi juga tentang kesopanan dan sikap dalam bermasyarakat, terlebih manusia adalagi makhluk sosial yang butuh berinteraksi orang lain. Jadi, tidak ada salahnya jika kamu melakukan evaluasi dan memperbaiki diri sendiri agar orang-orang di sekitarmu tidak merasa ilfeel akibat sikapmu.

Baca Juga: Bikin Kesel, Berdasarkan Zodiak Hal Ini yang Buat Mereka Ilfeel!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya