Comscore Tracker

5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Menjelang Ramadan Biar Ibadahmu Maksimal

Marhaban ya Ramadan

Ramadan merupakan bulan yang dinantikan banyak masyarakat Indonesia mengingat mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam. Suasana Ramadan di Indonesia sendiri sangatlah hangat dan penuh suka cita.

Karena Ramadan merupakan bulan yang istimewa dan lain daripada bulan-bulan lainnya, tentunya ada hal-hal yang perlu kita siapkan dalam menyambut Ramadan. Tanpa persiapan, bukan tidak mungkin kamu akan kesulitan dalam menjalani ibadah di bulan Ramadan.

Lalu apa saja yang perlu dipersiapkan menjelang Ramadan? Simak penjelasannya di sini.

1. Perbaiki niat

5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Menjelang Ramadan Biar Ibadahmu Maksimalpexels.com/Michael Burrows

Hal paling penting yang perlu kamu persiapkan dalam menyambut Ramadan adalah memperbaiki niatmu. Sebagai seorang muslim, Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah dan jadi momen di mana kita bisa memanen pahala.

Tekadkan dalam diri bahwa puasa tahun ini harus lebih baik daripada tahun lalu. Evaluasi Ramadan tahun lalu dan cari tahu apa yang masih perlu diperbaiki. Misalnya, mengurangi keluhan dan membicarakan orang lain, memperbanyak ibadah, lebih rajin bersedekah, dan menjadi pribadi yang lebih positif.

2. Persiapkan kebutuhan Ramadan dan persiapkan dananya

5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Menjelang Ramadan Biar Ibadahmu Maksimalpexels.com/Karolina Grabowska

Harga berbagai kebutuhan umumnya naik selama bulan Ramadan. Karenanya, alangkah baiknya jika kamu sudah menyiapkan dana untuk menghadapi pengeluaran yang meningkat selama Ramadan.

Jika perlu, buat rencana pengeluaran selama Ramadan secara detail. Bukan hanya untuk kebutuhan sehari-hari, tapi juga rencana sedekah, takjilan, hingga membayar zakat. Ini penting agar kamu tidak kaget dan bisa mempersiapkan dana ekstra.

Baca Juga: 7 Peluang Bisnis di Bulan Ramadan dengan Modal Kecil

3. Jaga kebersihan

5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Menjelang Ramadan Biar Ibadahmu Maksimalpexels.com/Karolina Grabowska

Mengingat saat ini kita masih harus menjalani ibadah puasa di tengah pandemik COVID-19 yang mudah menular, maka menjaga kebersihan adalah hal yang wajib kita lakukan. Hal ini penting agar kita terhindar dari COVID-19 dan bisa menjalani ibadah puasa dengan lancar.

Kamu perlu menjaga kebersihan lingkungan rumah, mempersiapkan hand sanitizer, sabun, masker, dan sarung tangan. Selain itu, jika kamu harus pergi keluar, tetap jaga kebersihan di manapun kamu berada, misalnya saat berada di masjid atau tempat makan dengan menyemprotkan desinfektan.

4. Jaga kesehatan

5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Menjelang Ramadan Biar Ibadahmu Maksimalpexels.com/RODNAE Production

Agar dapat menjalani ibadah puasa dengan baik, kamu perlu menjalaninya dengan tubuh yang sehat. Karenanya, menjaga kesehatan adalah hal wajib selama Ramadan.

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan selama Ramadan, yaitu makan makanan yang bergizi, tetap aktif secara fisik, tidak makan secara berlebihan, dan minum suplemen jika perlu. Dengan demikian, kamu bisa melaksanakan ibadah selama Ramadan secara maksimal.

5. Perlengkapan ibadah

5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Menjelang Ramadan Biar Ibadahmu Maksimalpexels.com/Gabby K

Rugi rasanya jika di bulan Ramadan kita tidak memaksimalkan ibadah kita. Sebab, di bulan Ramadan, segala amalan kita dilipatgandakan pahalanya.

Selain puasa dan salat wajib, kamu juga perlu meningkatkan ibadah salat tarawih, salat sunah, tadarus, hingga pengajian. Karenanya, ada baiknya kamu mempersiapkan semua perlengkapan ibadah, seperti mukenah, sarung, baju koko, sajadah, hingga Alquran.

Demikianlah beberapa hal yang wajib kamu persiapkan untuk menyambut bulan Ramadan. Jadi, kamu sudah siap menjalani ibadah puasa tahun ini?

Baca Juga: Rukun dan Niat Puasa Ramadan yang Patut Diketahui Umat Muslim

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya