Comscore Tracker

5 Kebiasaan yang Tanpa Disadari Bikin Kamu Sulit Bersyukur

Yuk segera tinggalkan!

Banyak orang mengatakan bahwa syukur adalah kunci penting dalam meraih kebahagiaan. Tanpanya, orang akan merasa sulit bahagia, mudah iri, dan selalu kekurangan. Nah, jika saat ini kamu merasakan hal-hal tersebut, bisa jadi masalahnya adalah karena kamu kurang atau sulit bersyukur. Lantas faktor apa saja yang membuat kamu sulit bersyukur? Berikut beberapa di antaranya.

1. Menetapkan ekspektasi yang terlalu tinggi

5 Kebiasaan yang Tanpa Disadari Bikin Kamu Sulit Bersyukurunsplash.com/Sebastian Herrmann

Ekspektasi atau harapan memang bisa jadi motivasi untuk terus berusaha memiliki kehidupan yang lebih baik. Tapi sayangnya, harapan yang tidak realistis juga menjadi alasan mengapa begitu banyak orang kaya dan sukses justru merasa hidupnya menderita.

2. Membandingkan diri dengan orang lain

5 Kebiasaan yang Tanpa Disadari Bikin Kamu Sulit Bersyukurunsplash.com/Ladislav Bona

Sejatinya, kamu punya kehidupan yang baik-baik saja. Sampai akhirnya kamu suka melihat apa yang dimiliki orang lain dan membandingkannya dengan dirimu sendiri. Hal ini memicu rasa cemburu, iri hati, keserakahan, dan ambisi yang negatif.

3. Selalu menuruti apa saja yang menjadi keinginanmu

5 Kebiasaan yang Tanpa Disadari Bikin Kamu Sulit BersyukurUnsplash.com/Kira auf der heide

Secara alami manusia memang memiliki sifat tidak puas dan selalu ingin lebih. Tapi, jika kamu terbiasa menuruti keinginanmu, bukan tidak mungkin kamu jadi makin sulit menahan diri untuk tidak membeli dan memiliki apa-apa yang kamu inginkan. Lama-kelamaan hal ini tentunya bikin kamu tidak bisa mensyukuri apa saja yang sudah kamu miliki.

Baca Juga: 5 Film Inspiratif buat Kalian yang Sedang Butuh Motivasi

4. Sikap konsumtif dan materialistis

5 Kebiasaan yang Tanpa Disadari Bikin Kamu Sulit BersyukurUnsplash.com/Melanie Pongratz

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology, orang yang materialistis memiliki kecenderungan mudah iri dan kurang bersyukur daripada orang yang tidak terlalu materialistis. Para peneliti dalam studi ini menyimpulkan bahwa orang-orang dengan kecenderungan materialistis memiliki kepuasan hidup yang lebih rendah lantaran mereka sulit bersyukur.

5. Cepat merasa terbiasa dengan hal-hal yang kamu miliki

5 Kebiasaan yang Tanpa Disadari Bikin Kamu Sulit BersyukurUnsplash.com/Kinga Cichewicz

Alasan lain kenapa kamu sulit merasa bersyukur adalah karena cepat terbiasa dengan hal-hal yang kamu miliki. Misalnya, saat memiliki smartphone baru, kenaikan jabatan, atau pasangan yang kamu dambakan. Seiring waktu, rasa bahagiamu karena memiliki hal-hal tersebut menurun secara signifikan.

Gimana, apakah kamu sering melakukan hal-hal di atas? Kalau iya, yuk segera tinggalkan agar hidupmu lebih bersyukur dan bahagia.

Baca Juga: 5 Motivasi buat Kamu yang Gap Tahun Kuliah agar Tetap Semangat!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Empty

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya