Comscore Tracker

5 Manfaat Dahsyat Menjadi Anak Rumahan, Terbukti Bikin Lebih Produktif

Bukan berarti anti sosial juga kok

Setiap individu memiliki kecenderungan untuk menjadi ekstrover atau introver. Sementara ekstrover sangat menikmati interaksi dengan orang-orang, introver cenderung menikmati waktu sendirian atau menghindari 'gangguan' dari luar. Karena itu, sebagian besar introver cenderung menjadi anak rumahan.

Yang perlu kamu tahu, menjadi anak rumahan bukan berarti seseorang tersebut anti sosial. Anak rumahan juga bukan berarti mereka hanya suka bermalas-malasan, gegoleran di kasur, menonton film, atau dengan kata lain tidak produktif. Sebaliknya, menjadi anak rumahan sebenarnya memiliki manfaat yang luar biasa.

Berikut beberapa manfaat menjadi anak rumahan.

1. Lebih mengenal diri sendiri

5 Manfaat Dahsyat Menjadi Anak Rumahan, Terbukti Bikin Lebih Produktifunsplash.com/Ladislav Bona

Menjadi anak rumahan membuat kamu lebih sadar akan siapa dirimu sendiri. Kamu punya waktu untuk menemukan film-film yang menarik bagimu, jenis bisnis rumahan yang cocok untukmu, buku favorit, dan perspektif yang akan memengaruhi caramu melihat sesuatu. Anak rumahan memiliki banyak waktu luang yang bisa digunakan untuk mengamati seluk beluk kehidupan dan kepribadian mereka.

2. Bisa leluasa mempraktikkan gaya hidup sehat

5 Manfaat Dahsyat Menjadi Anak Rumahan, Terbukti Bikin Lebih ProduktifUnsplash.com/Alyson McPhee

Dengan banyak berada di rumah, artinya kamu memiliki lebih banyak kesempatan untuk menyiapkan makananmu sendiri dan menghindari makan makanan dari luar yang tinggi kalori, berlemak, dan rendah nutrisi. Untuk itu, menghabiskan banyak waktu di dalam rumah akan memungkinkan kamu terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh makanan.

Menghabiskan waktu di dalam rumah juga memungkinkan kamu untuk memanjakan diri sendiri misalnya dengan perawatan wajah dan tubuh, meditasi, dan sebagainya.

Baca Juga: 6 Alasan Logis Kenapa Orang Introver Adalah Pemimpin yang Hebat

3. Solusi untuk menekan pengeluaran

5 Manfaat Dahsyat Menjadi Anak Rumahan, Terbukti Bikin Lebih ProduktifUnsplash.com/Alexander Mils

Buat kamu yang kesulitan menabung, jadi anak rumahan bisa jadi solusi yang tepat untuk menekan pengeluaran. Dengan jarang keluar rumah, artinya kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli bensin atau transportasi umum, makan di luar, refreshing, atau sekadar untuk nongkrong. Hasilnya dijamin bikin kamu melongo melihat jumlah rupiah yang berhasil kamu simpan.

4. Memiliki banyak waktu untuk keluarga

5 Manfaat Dahsyat Menjadi Anak Rumahan, Terbukti Bikin Lebih ProduktifMirror.co.uk

Keluarga adalah salah satu bagian terpenting dalam hidup. Sayangnya, kesibukan di luar rumah membuat banyak orang kurang memiliki waktu untuk keluarga yang terkadang berakibat pada kurang dekatnya hubungan antar anggota keluarga.

Sebaliknya, anak rumahan memiliki banyak kesempatan untuk bisa ngobrol, menonton TV, bercengkrama, dan melakukan berbagai interaksi lainnya yang dapat mempererat ikatan antar anggota keluarga.

5. Kamu bisa menemukan hobi yang baru

5 Manfaat Dahsyat Menjadi Anak Rumahan, Terbukti Bikin Lebih ProduktifUnsplash.com/David Islander

Banyak sekali hobi yang menyenangkan dan bermanfaat yang dapat ditemukan di rumah, misalnya menulis, membaca, merajut, membuat kerajinan tangan, dan masih banyak lagi. Nyatanya tak sedikit orang yang bisa menemukan hobinya dengan cara menghabiskan lebih banyak waktu di dalam rumah.

Tuh kan, menjadi anak rumahan tidak lantas membuat seseorang menjadi anti sosial atau tidak produktif. Sebaliknya, banyak orang yang merasa mereka jadi lebih produktif dan bisa menghasilkan manfaat ketika berada di dalam rumah.

Baca Juga: 10 Hal Unik Orang Pendiam yang Perlu Kamu Tahu Sebagai Teman Mereka

Ekaay Ekaay Photo Community Writer Ekaay Ekaay

Empty

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You