Comscore Tracker

5 Perilaku yang Bikin Kamu Dinilai Sombong oleh Orang Lain

Coba dicek, jangan-jangan kamu sering kayak gini

Siapa sih yang suka dengan orang yang sombong? Orang sombong biasanya bersikap angkuh dan selalu merasa dirinya di atas orang lain. Tapi, banyak lho orang yang gak merasa diri mereka sombong tapi orang lain malah menganggap mereka sombong karena kebiasaan yang selalu mereka lakukan. Coba dicek, apakah kebiasaan di bawah ini sering kamu lakukan. Kalau iya, jangan-jangan selama ini kamu sering dianggap sombong.

1. Selalu membicarakan kelebihan diri sendiri

5 Perilaku yang Bikin Kamu Dinilai Sombong oleh Orang Lainthepropertymanagement.com

Membicarakan kelebihan diri sendiri seperti prestasi yang telah diraih, kebaikan yang telah kamu lakukan, pekerjaan barumu, bisa membuat orang lain menganggap kamu sombong. Walaupun sebenarnya niat kamu hanya ingin mengungkapkan rasa bahagia dan bangga pada diri sendiri.

Alih-alih membuat orang lain terkesan dan takjub, yang ada orang-orang malah ilfeel karena kamu terus-terusan memuji diri sendiri.

2. Suka memandang rendah orang lain

5 Perilaku yang Bikin Kamu Dinilai Sombong oleh Orang LainUnsplash.com/Alexis Brown

Menganggap remeh orang lain walaupun niat kamu hanya bercanda bisa membuat orang lain menilai kamu sebagai orang yang sombong. Orang-orang akan berpikir kamu menganggap dirimu sendiri lebih hebat dan apa yang dimiliki orang lain adalah hal yang biasa.

3. Kamu suka iri dengan kelebihan yang dimiliki orang lain

5 Perilaku yang Bikin Kamu Dinilai Sombong oleh Orang LainUnsplash.com/Kyle Broad

Punya kebiasaan iri ketika melihat kelebihan yang dimiliki orang lain bisa membuat teman-temanmu menganggap kamu sombong. Iri dengan seseorang berarti kamu tidak suka melihat orang itu lebih hebat dari kamu.

Nah, salah satu kebiasaan orang yang sombong adalah ingin selalu dianggap sebagai yang paling hebat. Sehingga, orang yang sombong tidak senang jika ada orang lain yang kelihatan lebih hebat dari dirinya.

Baca Juga: Sering Gak Disadari, Ini 7 Tanda Nyata Orang Sombong

4. Posting hal-hal yang terkesan pamer di media sosial

5 Perilaku yang Bikin Kamu Dinilai Sombong oleh Orang LainUnsplash.com/Paul Hanaoka

Agar tidak dianggap sombong, sebaiknya kamu berhati-hati dalam posting apapun di media sosialmu. Sebab, kamu bisa saja dianggap pamer. Misalnya, saat kamu memposting foto jalan-jalan, belanja, makanan, outfit of the day, achievement, barang-barang, dan lain sebagainya. Sebagian orang bisa menganggap kamu sedang menyombongkan diri dengan apa-apa yang kamu miliki.

5. Tidak suka memuji orang lain

5 Perilaku yang Bikin Kamu Dinilai Sombong oleh Orang LainRd.com

Jika kamu dan teman-temanmu sedang kumpul kemudian teman-temanmu memuji orang lain. Lebih baik kamu iyakan pujian tersebut. Sebab, jika kamu membantahnya, maka akan menimbulkan kesan bahwa kamu tidak suka jika orang lain dipuji. Salah satu kebiasaan orang yang sombong adalah mereka suka menjadi pusat perhatian dan selalu ingin dipuji oleh orang lain. Bahkan mereka seringkali tidak senang jika ada orang yang dipuji karena mereka menganggap diri mereka sendiri yang lebih layak mendapatkan pujian tersebut.

Sudah tahu kan kebiasaan yang bikin kamu dicap sombong? Nah, kalau kelima hal di atas ada pada diri kamu, lebih baik segera diubah agar kamu tidak dinilai sombong oleh teman-temanmu.

Baca Juga: 9 Status Orang yang Mencoba Sombong di Medsos Ini Malah Bikin Ketawa

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya