Comscore Tracker

5 Rutinitas Pagi yang Berikan Energi Positif, Bikin Semangat Seharian!

Rutinitas pagi sangat memengaruhi keseluruhan hari

Setiap orang memulai pagi dengan cara yang berbeda. Beberapa orang bangun dengan perasaan semangat untuk memulai hari mereka. Sedangkan yang lainnya tidak begitu bersemangat.

Apa yang kamu rasakan di pagi hari sangat memengaruhi keseluruhan hari. Rutinitas pagi yang baik akan membantu kamu merasa rileks, waspada, dan berenergi. Memulai pagi dengan langkah yang tepat berarti menciptakan perasaan bahagia yang dapat kamu bawa sepanjang hari.

Kamu bisa kok mengusahakan untuk memulai hari dengan energi yang positif, caranya dengan membiasakan beberapa hal ini di pagi hari.

1. Mulailah harimu dengan olahraga

5 Rutinitas Pagi yang Berikan Energi Positif, Bikin Semangat Seharian!pexels.com/Ketut Subiyanto

Sebelum kamu menjalani hari yang panjang untuk bekerja, pastikan kamu meluangkan waktu untuk berolahraga. Banyak orang merasa bahwa menikmati udara segar di pagi hari berdampak baik pada suasana hati mereka sepanjang hari. Ada juga yang lebih suka memulai hari mereka dengan olahraga di dalam rumah, seperti peregangan atau yoga.

Olahraga setelah kamu bangun pagi membuat darah mengalir dan memberi kamu dorongan energi untuk hari itu. Olahraga juga melepaskan zat kimia otak yang membuat kamu merasa nyaman, seperti serotonin, dopamin, dan norepinefrin. Ini juga dapat menahan perasaan stres dan kecemasan, serta membantu meredakan gejala depresi.

Penelitian dalam Journal of Health Psychology telah membuktikan bahwa berolahraga dapat meningkatkan perasaan tentang tubuh kita dan memberi kita perasaan sejahtera.

2. Pilih menu sarapan yang sehat

5 Rutinitas Pagi yang Berikan Energi Positif, Bikin Semangat Seharian!unsplash.com/Brooke Lark

Sarapan dengan menu yang baik dan sehat adalah bagian penting dari rutinitas pagi. Menurut laman Everyday Health, saat kamu melewatkan sarapan, tubuh akan menghemat energi. Ini kemudian membuat metabolisme melambat dan kamu memiliki lebih sedikit energi sepanjang hari.

Tiap individu membutuhkan kalori untuk sarapan yang berbeda-beda jumlahnya, tetapi yang paling penting untuk diingat adalah bahwa setiap orang harus makan sesuatu di pagi hari. Contoh sarapan sehat adalah oatmeal yang ditaburi kayu manis dan almond, yoghurt dan beri, serta secangkir teh.

Baca Juga: 10 Rutinitas Ini Bantu Kamu Lebih Produktif dan Redakan Stres

3. Singkirkan ponsel

5 Rutinitas Pagi yang Berikan Energi Positif, Bikin Semangat Seharian!unsplash.com/David Švihovec

Ketika kamu membuka ponsel begitu membuka mata, dan langsung memeriksa email, Instagram, dan Facebook, kamu masuk ke mode reaktif dan pagi harimu menjadi tentang menanggapi orang lain. Akibatnya, sangat mudah bagimu untuk memulai hari dengan panik, lelah, dan stres, seperti dijelaskan dalam U.S. News & World Report.

Yang perlu kamu lakukan justru sebaliknya; tinggalkan ponsel di meja sampai kamu menyelesaikan rutinitas pagi. Mulailah hari dengan berfokus pada diri sendiri untuk menciptakan suasana yang tenang dan energik.

4. Rapikan tempat tidur

5 Rutinitas Pagi yang Berikan Energi Positif, Bikin Semangat Seharian!freepik.com/rawpixel.com

Percaya atau tidak, tapi memulai hari dengan merapikan tempat tidur dapat membuat kamu merasa siap untuk menghadapi dunia. Menurut sebuah survei yang dilakukan oleh Sleepopolis terhadap 2.000 orang Amerika, orang yang terbiasa merapikan tempat tidur cenderung berjiwa petualang, percaya diri, dan mudah bergaul. Sebaliknya, orang yang tidak merapikan tempat tidur cenderung pemalu, murung, dan sarkastik.

Dijelaskan dalam laman Entrepreneur, banyak orang sukses merekomendasikan merapikan tempat tidur sebagai cara sederhana untuk memulai hari dengan benar. Merapikan tempat tidur mengajarkan kita bahwa hal-hal kecil dalam hidup adalah sesuatu yang penting. Selain itu, merapikan tempat tidur setelah bangun pagi juga akan memberi kamu perasaan pencapaian hal pertama di pagi hari. Ini mendorong kamu untuk mengambil lebih banyak tugas dan memotivasi kamu untuk menyelesaikan lebih banyak hal dalam hidup.

5. Ucapkan rasa syukur

5 Rutinitas Pagi yang Berikan Energi Positif, Bikin Semangat Seharian!Unsplash.com/Bruce Mars

Bangun dengan perasaan syukur memastikan kamu memulai hari dengan semangat yang baik. Hati yang bersyukur adalah hati yang bahagia. Syukur memiliki energi yang kuat karena melibatkan perasaan dan tindakan.

Menurut laman Entrepreneur, secara aktif memikirkan hal-hal yang kamu syukuri akan membuat kamu merasa lebih bersyukur. Ini adalah lingkaran pemikiran positif yang mudah dipraktikkan dan memiliki efek menguntungkan pada kesehatan fisik dan mental.

Apa yang kamu rasakan di pagi hari sangat memengaruhi aktivitasmu sepanjang hari. Jadi, pastikan kamu mengawali hari dengan energi yang positif, yaitu dengan mempraktikkan langkah-langkah di atas.

Baca Juga: Bukan Malas, Ini 5 Tanda Kita Perlu Rehat dari Rutinitas Sehari-hari

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya