Comscore Tracker

5 Tips Mengatasi Kegelisahan buat Kamu yang Sering Mencemaskan Hidup

Selalu merasa gelisah bikin kamu makin gak produktif

Gelisah biasanya disebabkan karena terlalu mengkhawatirkan hal-hal yang mungkin akan terjadi atau selalu menyesali segala sesuatu yang dilakukan atau tidak dilakukan di masa lalu. Gelisah rasanya memang tidak enak. Selain itu kamu juga jadi tidak produktif dan kesehatanmu juga semakin lama semakin menurun.

Untuk itu, kamu perlu mengatasi rasa gelisah yang selama ini menghantuimu. Berikut ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mengurangi kegelisahan yang berlebihan.

1. Menyadari bahwa semua orang memang perlu berusaha keras dalam hidupnya

5 Tips Mengatasi Kegelisahan buat Kamu yang Sering Mencemaskan HidupIsorepublic.com

Kamu mungkin sering merasa gelisah karena memikirkan beban hidupmu yang begitu berat. Tapi yang harus kamu sadari adalah semua orang juga merasakan hal yang sama, bahkan lebih berat. Bedanya adalah mereka tidak menunjukkan itu semuanya dan banyak bersyukur atas kehidupan yang mereka jalani.

2. Berhenti membandingkan diri dengan orang lain

5 Tips Mengatasi Kegelisahan buat Kamu yang Sering Mencemaskan HidupUnsplash.com/Kyle Broad

Ini adalah hal penting yang sangat mempengaruhi hidup kamu. Membandingkan diri dengan orang lain hanya akan membuatmu membuang-buang waktu untuk mewujudkan harapan yang mungkin tidak sesuai dengan passion yang kamu miliki.

Kamu juga harus paham, apa yang kamu lihat hanyalah permukaannya saja. Tapi sebenarnya untuk mencapai itu semua, orang tersebut benar-benar berusaha mati-matian.

Daripada membandingkan dirimu dengan kesuksesan orang lain, lebih baik kamu tengok usaha yang mereka lakukan agar kamu lebih termotivasi.

Baca Juga: Berhentilah, Ini 6 Alasan Terlalu Cemas Sama Masa Depan Itu Gak Baik!

3. Keluarlah dari zona nyaman

5 Tips Mengatasi Kegelisahan buat Kamu yang Sering Mencemaskan HidupUnsplash.com/Austin Distel

Walaupun tak mudah, tapi percayalah semua orang butuh keluar dari zona nyaman dan belajar siap menghadapi setiap perubahan. Tetap berada di zona nyaman hanya akan membuat kamu terlena dan tidak terlatih menghadapi situasi yang sulit. Kamu juga akan tertinggal beberapa langkah dari teman-temanmu yang memilih keluar dari zona nyaman.

Akibatnya, kamu semakin gelisah meratapi nasibmu yang tertinggal di belakang teman-teman yang lain.

4. Mensyukuri apa yang telah kamu miliki

5 Tips Mengatasi Kegelisahan buat Kamu yang Sering Mencemaskan HidupUnsplash.com/Court Parther

Daripada terus memikirkan mengenai apa yang ingin kamu miliki, lebih baik kamu banyak mensyukuri hal-hal yang telah kamu dapatkan. Besar kecilnya tetap harus kamu syukuri.

Rezeki tidak selalu dalam bentuk materi. Prestasi yang telah kamu raih, keluarga yang hangat, dikelilingi orang-orang yang selalu mendukung dan menyayangimu juga adalah hal besar yang patut disyukuri.

Penyebab orang merasakan gelisah dan tidak bahagia salah satunya karena mereka serakah dan tidak bisa melihat hal-hal baik yang sudah mereka dapatkan.

5. Konsultasi dengan ahlinya

5 Tips Mengatasi Kegelisahan buat Kamu yang Sering Mencemaskan HidupPhysicianreviews.org

Terlalu khawatir dengan kehidupan yang kamu jalani bisa menyebabkan masalah serius. Kalau kamu terus-terusan merasa gelisah, tidak tenang, dan sulit bahagia. Jangan ragu untuk menghubungi psikolog.

Menceritakan semua uneg-unegmu bisa membuat kekhawatiran yang selama ini kamu rasakan perlahan-lahan menghilang. Karena kamu jadi tahu inti dari masalah yang sebenarnya kamu alami dan juga solusi tepat yang bisa kamu lakukan.

Perasaan gelisah pasti pernah dialami setiap orang. Tapi, selalu merasa gelisah merupakan hal yang tidak baik. Jadi, penting bagi kamu untuk menerapkan berbagai cara untuk mengurangi perasaan gelisah yang selalu kamu alami.

Baca Juga: Cenderung Overthinking, 5 Zodiak Ini Dikenal Gampang Panik dan Cemas

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya