Comscore Tracker

6 Ciri Nyata Berita Hoaks yang Wajib Kamu Waspadai, Jangan Asal Sebar

Saring dulu sebelum disebar ya!

Sejatinya, berita dibuat untuk membagikan informasi kepada khalayak ramai. Sayangnya, saat ini tak sedikit berita hoaks alias berita yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya bertebaran di dunia maya. Dan ironisnya, masih banyak masyarakat kita yang belum bisa membedakan antara kabar hoaks dan bukan, sehingga tak jarang kabar hoaks ini menyebar dengan cepat dan membuat kegaduhan.

Nah, supaya kamu tidak jadi generasi yang mudah percaya berita hoaks dan tidak ikut-ikutan asal menyebarluaskannya, kamu wajib mengetahui ciri-ciri berita hoaks. Lantas apa sajakah itu? Simak baik-baik penjelasan berikut.

1. Waspadai tajuk berita hiperbola

6 Ciri Nyata Berita Hoaks yang Wajib Kamu Waspadai, Jangan Asal SebarUnsplash.com/AbsolutVision

Waspadalah terhadap tajuk berita yang sangat berlebihan, memancing emosi, tidak umum terjadi di masyarakat, hingga terkesan tidak masuk akal. Artikel-artikel dengan tajuk berita yang dibuat semacam ini adalah salah satu ciri artikel yang tidak boleh dibagikan tanpa penyelidikan terlebih dahulu.

2. Bagian "About Us" atau "Tentang Kami" yang mencurigakan

6 Ciri Nyata Berita Hoaks yang Wajib Kamu Waspadai, Jangan Asal SebarUnsplash.com/Christin Hume

Umumnya, setiap situs akan menampilkan banyak informasi tentang situs tersebut, seperti perusahaan yang menjalankannya, alamat perusahaan, bahkan misi organisasi tersebut.

Jika bagian "About Us" atau “Tentang Kami” di situs web tersebut nampak mencurigakan, berlebihan, atau tidak memiliki informasi sama sekali, itu bisa jadi tanda bahwa berita yang ditulis di sana tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

3. Lihat reputasi situs yang menuliskan berita tersebut

6 Ciri Nyata Berita Hoaks yang Wajib Kamu Waspadai, Jangan Asal Sebarxsellco.com

Nyatanya, ada juga situs berita yang tak jarang menyebarkan berita hoaks, entah karena kecolongan atau karena sengaja ingin menarik minat banyak pembaca. Nah, kalau sudah begitu, sebaiknya kamu jangan mudah percaya akan artikel yang ditulis oleh website seperti ini, apalagi sampai membagikannya ke media sosialmu.

Baca Juga: Ini 7 Cara Efektif Menenangkan Diri dari Berita yang Menyedihkan

4. Hati-hati dengan Photoshop

6 Ciri Nyata Berita Hoaks yang Wajib Kamu Waspadai, Jangan Asal SebarUnsplash.com/Per Lööv

Situs yang menuliskan berita hoaks umumnya suka menggunakan foto atau gambar yang diedit menggunakan aplikasi seperti Photoshop. Tujuannya tidak lain adalah untuk menarik pembaca agar mau meng-klik artikel tersebut. Kendati tidak menggunakan gambar editan, biasanya situs semacam ini akan menggunakan gambar dari Google yang sering kali tidak nyambung dengan konten berita yang disajikan.

5. Tidak mencantumkan sumber asli berita tersebut

6 Ciri Nyata Berita Hoaks yang Wajib Kamu Waspadai, Jangan Asal Sebarelcrema.com

Situs berita yang terpercaya biasanya akan memberikan link atau setidaknya menuliskan darimana berita tersebut berasal di setiap artikel berita. Jika kamu menemukan membaca sebuah artikel berita tanpa disertai keterangan sumber berita tersebut, tahan baik-baik dirimu untuk tidak membagikan berita tersebut.

6. Nama domain mencurigakan

6 Ciri Nyata Berita Hoaks yang Wajib Kamu Waspadai, Jangan Asal Sebarunsplash.com/taras shypka

Sudah umum bagi situs berita palsu untuk menyamar dan berpura-pura menjadi situs berita populer. Umumnya situs yang tidak dipertanggungjawabkan akan membuat domain yang mirip dengan situs berita yang sudah terkenal.

Gimana, mudah bukan membedakan berita hoaks dan bukan?

Baca Juga: 5 Upaya Menahan Diri Agar Tak Termakan Berita Simpang Siur di Medsos

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You