Comscore Tracker

6 Hal Penting yang Tak Boleh Kamu Lewatkan Selama Ramadan

#RamadanMasaKini Biar terasa istimewanya

Bulan Ramadan merupakan bulan yang sangat istimewa. Banyak kelebihan di bulan Ramadan yang gak akan kamu dapatkan di bulan bulan lain seperti ladang pahala dan juga ladang rejeki.


Nah, biar momen Ramadan kali ini lebih bermakna dan berkesan, ada beberapa hal penting yang sayang kalau kamu lewatkan. Apa saja itu? Yuk langsung aja simak.

1. Perbanyak memohon ampunan

6 Hal Penting yang Tak Boleh Kamu Lewatkan Selama RamadanTarbiyah.net

Bulan Ramadan merupakan bulan suci yang penuh ampunan. Sebagai manusia biasa pastinya kita semua gak pernah luput dari khilaf dan juga salah.

Pada bulan di mana pintu ampunan dibuka selebar-lebarnya ini, sangat rugi kalau kamu gak memanfaatkan momen Ramadan untuk banyak meminta ampun atas kesalahanmu sebagai manusia. Mohonlah banyak ampunan pada Tuhan Yang Maha Kuasa serta perbanyak minta maaf pada orang-orang terdekatmu seperti orangtua, sahabat, juga sanak saudara.

2. Berburu pahala dengan melakukan berbagai kegiatan positif

6 Hal Penting yang Tak Boleh Kamu Lewatkan Selama RamadanGulfnews.com

Sebagai bulan yang penuh berkah, sangat rugi rasanya kalau momen Ramadan gak kamu manfaatkan untuk mencari pahala sebanyak mungkin. Sebab di bulan ini setiap amal baik yang kamu lakukan agar diberi ganjaran berlipat ganda melebihi hari-hari biasanya.

Jadi, perbanyak amal soleh dan kegiatan positif seperti bersedekah, membantu sesama, bertadarus, memberi makanan berbuka bagi mereka yang berpuasa, dan sebagainya.

3. Pulang ke kampung halaman

6 Hal Penting yang Tak Boleh Kamu Lewatkan Selama RamadanCitydadsgroup.com

Suasana Ramadan di kampung halaman memang berbeda dan selalu penuh kesan. Kalau kamu punya waktu cukup panjang dan rezeki yang lebih, kamu gak perlu menunggu Lebaran untuk bisa mudik dan berkumpul dengan keluarga. Segera kabarkan pada keluargamu bahwa kamu akan mudik dan menghabiskan momen Ramadan selama beberapa hari bersama mereka.

Baca Juga: 6 Olahraga Ini Sebaiknya Kamu Hindari Saat Puasa di Bulan Ramadan ya!

4. Mencoba peluang bisnis

6 Hal Penting yang Tak Boleh Kamu Lewatkan Selama Ramadanfortune.com

Di bulan Ramadan seperti ini, orang-orang cenderung lebih konsumtif entah dalam memenuhi kebutuhan pangan, vitamin, belanja pakaian, kecantikan dan sebagainya. Sesekali manfaatkanlah momen ini untuk mendapatkan keuntungan.

Untuk saat ini kamu bisa mencoba berbisnis kuliner misalnya makanan takjil, karena kuliner merupakan salah satu komoditi yang gak pernah sepi peminat di bulan Ramadan. Kemudian di minggu-minggu terakhir saat orang-orang sudah mulai menerima tunjangan hari raya kamu bisa merambah ke bisnis pakaian dan makeup

5. Diet

6 Hal Penting yang Tak Boleh Kamu Lewatkan Selama Ramadannhs.uk

Buat kamu yang sudah punya wacana diet dari dulu tapi selalu gagal karena tergoda oleh ajakan nongkrong dan makan, Ramadan bisa jadi momen paling pas buat diet. Sebabnya di bulan ini kamu mutlak harus mengurangi 1 kali jatah makan. Biar dietmu gak sia-sia, jangan makan berlebihan saat berbuka dan buatlah menu yang lezat tapi sehat agar kamu gak tergoda buat makan di luar.

6. Menghemat pengeluaran dengan berburu takjil gratis

6 Hal Penting yang Tak Boleh Kamu Lewatkan Selama Ramadanmoroccoworldnews.com

Momen Ramadan merupakan momen di mana orang-orang saling berlomba dalam kebaikan, salah satunya dengan menyediakan takjil gratis bagi mereka yang berpuasa.

Daripada terus-terusan buka bersama dan menghabiskan uang, gak ada salahnya kamu berburu takjil gratis yang banyak disediakan di masjid-masjid. Selain menghemat pengeluaran, kamu juga dapat berbagi pahala pada mereka yang menyediakan takjil untuk kamu.

Mumpung masih di awal bulan Ramadan, yuk segera terapkan keenam hal di atas biar momen Ramadan kali ini makin berkesan dan gak terlupakan.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You