Comscore Tracker

6 Indikasi Nyata Kamu Sudah Mulai Berubah dan Tak Selalu Buruk

Jangan khawatir, hal ini wajar dialami setiap orang kok

Sebagaimana hidup yang terus berubah, kita sebagai manusia juga turut berubah dari masa ke masa. Sebagian orang dapat mengenali perubahan dalam dirinya sendiri, sementara yang lain cenderung tidak sadar dan mungkin mengabaikannya.

Memperhatikan tanda-tanda perubahan dalam diri sendiri akan membantu kamu memahami, menyambut, dan menerima perubahan ini dengan cara yang positif. Jika kamu sendiri belum tahu bagaimana cara mengidentifikasi tanda-tanda ini, berikut penjelasan yang dapat membantu kamu memahaminya.

1. Kamu kehilangan minat akan hal-hal tertentu

6 Indikasi Nyata Kamu Sudah Mulai Berubah dan Tak Selalu Buruknypost.com

Dalam menyambut sesuatu yang baru, tak jarah seseorang kemudian cenderung meninggalkan sesuatu di masa lalu. Jadi, saat kamu mulai merasa kehilangan minat akan hal-hal yang sebelumnya kamu sukai, ini bisa jadi tanda kalau kamu sudah mulai berubah.

2. Kamu menjadi lebih sensitif

6 Indikasi Nyata Kamu Sudah Mulai Berubah dan Tak Selalu BurukUnsplash/Joshua Rawson-Harris

Perjalanan hidup dan lingkungan juga memengaruhi emosimu dan dapat mengubahmu menjadi pribadi yang lebih emosional dan berempati. Perlahan-lahan, kamu tumbuh semakin kuat dan tidak hanya fokus pada diri sendiri tetapi juga berusaha untuk senantiasa membantu orang lain.

3. Kamu jadi tertarik dan ingin terlibat dalam sesuatu yang baru

6 Indikasi Nyata Kamu Sudah Mulai Berubah dan Tak Selalu Burukunsplash.com/Anna Earl

Dalam masa transisi yang sedang kamu jalani, kamu memiliki perasaan kuat untuk melakukan sesuatu yang baru atau mempelajari sesuatu yang baru. Hal ini tentunya dapat membantu kamu melewati masa transisi ini.

Baca Juga: 6 Perbedaan Karakter yang Paling Sering Bikin Pasangan Susah Akur

4. Kamu jadi lebih menikmati kesendirian

6 Indikasi Nyata Kamu Sudah Mulai Berubah dan Tak Selalu Burukjerseygirltexanheart.com

Kalau akhir-akhir ini kamu merasa lebih menikmati melakukan berbagai aktivitas sendirian dan lebih banyak menghabiskan waktu di dalam kamar, kamu tidak perlu merasa khawatir. Menikmati kesendirian bukan berarti mengisolasi dirimu dari dunia. Sebaliknya, hal ini akan membuat kamu semakin memahami diri sendiri dan bersiap menghadapi perubahan.

5. Orang-orang terdekatmu juga menyadari perubahan pada dirimu

6 Indikasi Nyata Kamu Sudah Mulai Berubah dan Tak Selalu Burukemmasdiary.co.uk

Perubahan tersebut dirasakan tidak hanya olehmu tetapi juga orang-orang terdekatmu. Mereka menyadari perubahan demi perubahan yang terjadi dalam dirimu dan terus membicarakannya. Ketahuilah, jika mereka memberikan komentar positif akan perubahan ini, artinya kamu memang sedang berubah dan menjadi lebih baik. Jadi tidak perlu khawatir akan hal ini.

6. Kamu mulai merasa dapat memahami diri sendiri dengan lebih baik

6 Indikasi Nyata Kamu Sudah Mulai Berubah dan Tak Selalu Burukunsplash.com/Ladislav Bona

Semakin lama kamu makin yakin bahwa tidak ada yang tahu lebih baik tentang dirimu daripada kamu sendiri. Kamu mungkin masih mau meminta nasihat dan saran dari orang-orang lalu mempertimbangkannya, tetapi semua keputusan terakhir tetap ada di tanganmu.

Demikian beberapa tanda bahwa kamu sudah mulai berubah. Jika saat ini kamu tengah mengalami tanda-tanda di atas, nikmati setiap saat dari transisi ini dan sikapi secara positif.

Baca Juga: Lelah Bekerja? Tanamkan 5 Motivasi Ini Biar Semangat Tetap Membara

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You