Comscore Tracker

6 Tips yang Wajib Kamu Ikuti Sebelum Membeli Parcel Lebaran 

Jangan asal beli guys

Saling berkirim parcel sudah menjadi tradisi yang dilakukan banyak orang menjelang Lebaran. Untuk mencari parcel yang sesuai dengan budget pun sekarang tidaklah sulit karena saat ini banyak sekali toko maupun pedagang yang menjual beraneka ragam parcel dengan rentang harga yang bervariasi. Kendati demikian, kamu tetap harus cermat dan selektif dalam memilih parcel Lebaran. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti sebelum memutuskan untuk membeli parcel.

1. Perhatikan tanggal kedaluwarsa produk

6 Tips yang Wajib Kamu Ikuti Sebelum Membeli Parcel Lebaran dreamers.id

Hal penting pertama yang harus kamu perhatikan sebelum membeli parcel adalah pastikan tanggal kedaluwarsanya masih lama, minimal satu tahun. Hal ini untuk menghindari si penerima parcel terburu-buru harus memakan parcel yang kamu berikan. Sebab, bisa saja si penerima parcel menerima beberapa parcel pada Lebaran tahun ini.
Karena parcel dijual dalam bentuk paket yang berisi beberapa jenis makanan, pastikan kamu mengecek satu per satu tanggal kedaluwarsa makanan tersebut. Akan lebih baik lagi kalau kamu membeli di tempat yang sudah terpercaya.

2. Cek label halal dari MUI, pastikan seluruh isi parcel sudah mendapat label halal

6 Tips yang Wajib Kamu Ikuti Sebelum Membeli Parcel Lebaran Halalmuibali.or.id

Berhubung parcel Lebaran biasanya diberikan pada kerabat muslim dan dinikmati tidak hanya oleh si penerima parcel tetapi juga oleh keluarga dan tamu. Kamu wajib banget memastikan bahwa produk yang hendak kamu beli telah mendapatkan label halal dari Majelis Ulama Indonesia atau MUI. Kalau ada produk dalam parcel yang belum mendapat label halal tersebut, lebih baik ganti dengan produk yang lain.

3. Perhatikan pula kualitas isi parcel, jangan sampai kamu hanya memerhatikan harga

6 Tips yang Wajib Kamu Ikuti Sebelum Membeli Parcel Lebaran thepinkphysique.com

Kamu wajib banget mencermati parcel yang hendak kamu berikan pada seseorang. Berhubung tujuan dari memberikan parcel adalah untuk mempererat tali persaudaraan dan menyenangkan sang calon penerima, jadi jangan sampai kamu memberikan parcel yang isinya asal-asalan. Minimal banget ada kue dan sirup atau minuman yang sudah jelas cita rasanya. Kalau kamu membeli parcel yang asal murah, bisa-bisa parcel pemberianmu malah cuma jadi pajangan.

Baca Juga: Cara Membuat Parcel Sendiri di Rumah, Lebih Hemat Lho!

4. Pastikan kemasan produk masih bagus dan tidak cacat

6 Tips yang Wajib Kamu Ikuti Sebelum Membeli Parcel Lebaran Blog.floweradvisor.co.id

Pastikan juga produk dalam parcel yang mau kamu beli kondisinya masih bagus. Baik dari segi kemasan dan tampilan produk. Pastikan tidak ada produk yang bocor atau berubah warna. Juga jangan sampai kamu memilih produk yang kemasannya sudah penyok.

5. Pastikan kamu membeli bingkisan sesuai dengan anggaran yang kamu miliki

6 Tips yang Wajib Kamu Ikuti Sebelum Membeli Parcel Lebaran Unsplash.com/Alexander Mils

Usahamu dalam menyisihkan uang demi bisa memberikan bingkisan kepada orang-orang terkasih memang patut diacungi jempol. Kendati demikian, jangan sampai kamu merogoh kocek terlalu dalam untuk membeli parcel Lebaran, apalagi sampai berhutang. Tetap pastikan agar bingkisan yang hendak kamu berikan sesuai dengan budget yang kamu miliki.

6. Hindari membeli produk dari luar negeri

6 Tips yang Wajib Kamu Ikuti Sebelum Membeli Parcel Lebaran Amazon.com

Memberikan bingkisan berisi aneka macam kue dan minuman dari luar negeri memang tampak istimewa dan unik. Tetapi yang harus kamu catat adalah, tidak semua makanan dari luar negeri cocok dengan lidah orang Indonesia. Selain itu, untuk mengecek status halal produk dari luar negeri pun tidak semudah kalau kamu membeli produk dalam negeri. Jadi, lebih baik kamu cari yang aman dan pasti-pasti saja. Belilah produk dalam negeri yang memiliki cita rasa pas dengan lidah orang Indonesia dan sudah pasti halal.

Gimana? Sudah tahu kan cara memilih parcel yang baik dan benar? Semoga tips di atas bermanfaat ya!

Baca Juga: 5 Inspirasi Parcel Lebaran yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya