Comscore Tracker

7 Perubahan Dramatis Ini Akan Kamu Alami Ketika Terbiasa Berbohong!

Pikir-pikir dulu sebelum berbohong

Berbohong kadang dianggap hal yang wajar, bahkan dianggap solusi paling instan untuk menutupi suatu masalah. Padahal, setiap hal yang manusia lakukan pasti ada konsekuensi yang harus diterimanya, termasuk ketika berbohong sekecil apapun itu. Berikut beberapa alasan kenapa kamu tidak boleh berbohong.

1. Berbohong membuat kamu dihantui rasa bersalah

7 Perubahan Dramatis Ini Akan Kamu Alami Ketika Terbiasa Berbohong!centerforsharedinsight.com

Akui saja, kamu pasti langsung merasa bersalah ketika berkata bohong. Kamu merasa licik dan telah menyakiti orang yang kamu bohongi. Terlebih jika kebohongan itu kamu lakukan pada orang tua, kamu jadi merasa sangat bersalah karena telah mengkhianati kepercayaan yang mereka berikan padamu.

2. Ketika berbohong, kamu harus selalu mengingat apa yang kamu katakan

7 Perubahan Dramatis Ini Akan Kamu Alami Ketika Terbiasa Berbohong!Unsplash/Anna Vander Stel

Ketika kamu mengatakan kebohongan kepada seseorang, kamu merasa harus mengingat kebohongan itu agar bisa mempertahankan cerita bohong itu pada orang lain. Percayalah, terus bersandiwara seperti ini hanya akan membuatmu lelah.

3. Kamu jadi sering merasa gelisah

7 Perubahan Dramatis Ini Akan Kamu Alami Ketika Terbiasa Berbohong!Unsplash/Gokil

Berbohong dapat menyebabkan kamu terus merasa gelisah karena takut kebohongan yang telah kamu katakan akan terungkap. Maka dari itu, lebih baik kamu berkata jujur walaupun kamu tidak suka.

Baca Juga: 12 Bahasa Tubuh Ini Jadi Tanda Seseorang Sedang Berbohong, Sudah Tahu?

4. Tanpa disadari, lama-kelamaan kamu jadi merasa terisolasi

7 Perubahan Dramatis Ini Akan Kamu Alami Ketika Terbiasa Berbohong!Unsplash/Anthony Tran

Sejak pertama kamu berbohong, kamu harus terus mengingat kebohongan apa yang kamu katakan dan pada siapa kamu berbohong. Kadang kamu jadi ingin menghindar dari orang-orang yang telah kamu bohongi karena tidak ingin membahas hal-hal bohong yang pernah kamu ceritakan. Alhasil, kamu jadi mulai merasa terisolasi karena terjebak oleh perbuatanmu sendiri.

5. Kamu jadi punya masalah kesulitan tidur yang dampaknya luar biasa

7 Perubahan Dramatis Ini Akan Kamu Alami Ketika Terbiasa Berbohong!Unsplash.com/Vladislav Muslakov

Perasaan gelisah yang kamu alami membuat kamu jadi kesulitan untuk tidur. Kamu dihantui perasaan cemas jika kebohonganmu terbongkar, kamu merasa bersalah telah berbohong, hingga perasaan bimbang saat ingin berkata jujur. Lebih jauh lagi, kesulitan tidur bisa berdampak negatif pada kesehatanmu.

6. Sekali berbohong, kamu jadi terus menerus melakukan kebohongan yang lain

7 Perubahan Dramatis Ini Akan Kamu Alami Ketika Terbiasa Berbohong!Unsplash.com/Andrea Tummons

Ketika kamu lupa dengan kebohongan yang telah kamu katakan, kamu akan meluruskan kebohongan itu dengan kebohongan-kebohongan yang lain. Begitu terus sampai akhirnya kebohonganmu semakin banyak. Pada akhirnya, kamu jadi sadar kalau hidupmu dipenuhi dengan kebohongan.

7. Rasa percaya dirimu menurun akibat kebiasaan berbohong yang telah akut

7 Perubahan Dramatis Ini Akan Kamu Alami Ketika Terbiasa Berbohong!Unsplash/Joshua Rawson-Harris

Sekali kamu berbohong untuk menutupi kekurangan yang ada pada dirimu. Kamu akan merasa bahwa berbohong bisa jadi solusi instan untuk menutupi kekurangan-kekurangan dalam dirimu. Tapi bukannya rasa percaya diri, hal itu malah membuatmu menjadi pribadi yang rendah diri karena tidak bisa bersikap apa adanya.

Mulai sekarang, kamu harus terbiasa berkata jujur walaupun terkadang kamu tidak menyukai hal itu. Karena, sekali kamu berbohong maka kamu akan mengalami 7 hal di atas sebagai konsekuensi atas kebohonganmu sendiri.

Baca Juga: Harus Diubah, Ini 6 Cara Mudah Lepaskan Diri dari Kebiasaan Berbohong

Ekaay Ekaay Photo Community Writer Ekaay Ekaay

Empty

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You