Comscore Tracker

#GreenBeauty Lakukan 5 Aksi Nyata untuk Kurangi Limbah Plastik

Buat perubahan sekarang juga

Masalah limbah plastik terus menjadi hal yang memprihatinkan. Sebab, sampah plastik ini membutuhkan waktu ratusan tahun untuk terurai, dan ada peningkatan kekhawatiran tentang racun yang dilepaskan ke lingkungan.

Karenanya, demi masa depan bumi yang lebih baik, kita patut memberikan aksi nyata untuk membantu mengurangi masalah limbah plastik. Berikut adalah beberapa langkah sederhana yang bisa kita semua lakukan untuk mengurangi limbah plastik. Simak baik-baik!

1. Tinggalkan sedotan plastik

#GreenBeauty Lakukan 5 Aksi Nyata untuk Kurangi Limbah Plastikilustrasi sedotan plastik (pexels.com/Christopher)

Sedotan plastik berdampak sangat buruk bagi kehidupan lautan. Namun, ada perbaikan mudah untuk masalah ini, yaitu jangan gunakan sedotan plastik.

Dikutip dari World Wide Fund for Nature, sedotan plastik membutuhkan waktu hingga 200 tahun untuk terurai. Jadi, sebaiknya kita tinggalkan sedotan dan beralih ke cara tradisional. Atau, kamu bisa menggunakan sedotan dari bahan yang lebih ramah lingkungan, seperti sedotan kertas. Atau menggunakan sedotan yang bisa dipakai berkali-kali, yaitu sedotan stainless steel dan bambu.

2. Tinggalkan tas plastik sekali pakai

#GreenBeauty Lakukan 5 Aksi Nyata untuk Kurangi Limbah Plastikilustrasi tas belanja ramah lingkungan (pexels.com/Laura James)

Tas plastik sekali pakai merupakan salah satu penyumbang utama limbah plastik. Menurut data Environmental Protection Agency, hingga satu triliun kantong plastik digunakan setiap tahun di seluruh dunia. Memang, kita semua bisa mendapatkan plastik ini secara cuma-cuma, namun di masa depan kita harus membayar mahal untuk limbah yang dihasilkan plastik sekali pakai ini.

Karenanya, membawa tas ramah lingkunganmu sendiri adalah hal mudah yang bisa kamu lakukan untuk membantu mengurangi penggunaan plastik. Gunakan pakaian bekas untuk membuat tas kain yang ramah lingkungan, trendi, dan bisa dipakai berkali-kali.

Baca Juga: #GreenBeauty Kita Punya Kesempatan Sama untuk Lestarikan Bumi Tercinta

3. Bawa tumbler atau termos sendiri

#GreenBeauty Lakukan 5 Aksi Nyata untuk Kurangi Limbah Plastikilustrasi tumbler (pexels.com/bach hanzo)

Salah satu kebiasaan buruk yang masih dilakukan banyak orang adalah memilih membeli minuman kemasan alih-alih membawa minuman sendiri. Padahal, selain boros, kebiasaan ini juga turut menyumbang lebih banyak plastik.

Mulai saat ini, terapkan kebiasaan hemat dan ramah lingkungan dengan selalu membawa sendiri air minum dari rumah dengan tumbler atau termos. Nantinya, saat air minum kamu habis, kamu tinggal mengisi ulang tumbler atau termos dengan air atau kopi yang sudah disediakan di kantor atau mana pun. Selain ramah lingkungan, kamu juga bisa menghemat pengeluaran untuk air minum!

4. Recycle kemasan produk

#GreenBeauty Lakukan 5 Aksi Nyata untuk Kurangi Limbah Plastikilustrasi menggunakan kembali wadah bekas (pexels.com/Dominika Roseclay)

Jika kamu mau melihat kembali sampah-sampah yang kamu miliki, penulis yakin kamu pasti bisa menemukan sampah yang ternyata masih bisa dimanfaatkan. Misalnya, penulis biasanya me-recycle botol bekas sebagai pot tanaman. Jar bekas skincare dan body scrub sebagai pot, tempat aksesori, atau wadah cotton bud.

Namun, kalau penulis merasa sudah mentok untuk me-recycle barang-barang tersebut, penulis akan tetap mengumpulkan sampah-sampah berbahan plastik, kaca, kertas, dan kardus-kardus bekas, lalu menyerahkannya ke bank sampah terdekat. Jika di tempatmu belum ada bank sampah, kamu juga bisa kok menjual sampah-sampah tersebut ke pengepul, nantinya sampah ini akan di-recycle menjadi kerajinan atau kemasan lain. Lumayan, ikut membantu mengurangi limbah sambil mendapatkan cuan sedikit-sedikit. Jadi, mulai saat ini, pastikan kamu membiasakan memilah-milah sampah yang ada di rumahmu, ya.

5. Pilih produk kecantikan yang mendukung program recycle

#GreenBeauty Lakukan 5 Aksi Nyata untuk Kurangi Limbah Plastikilustrasi produk perawatan (pexels.com/cottonbro)

Produk kecantikan merupakan salah satu yang sering digunakan banyak orang setiap harinya. Namun, banyak sekali produk kecantikan yang kemasannya terbuat dari bahan plastik. Hal ini tentu saja bisa menambah limbah plastik di lingkungan.

Kabar baiknya, banyak brand kecantikan yang sudah mulai sadar akan masalah ini dan melakukan inovasi agar mereka bisa terus melakukan produksi tanpa memperburuk masalah limbah plastik di lingkungan. Salah satunya adalah Garnier. Melalui kampanye Garnier Green Beauty, Garnier sudah melakukan langkah yang cukup besar untuk membuat kemajuan bagi lingkungan, salah satunya adalah soal sampah plastik. Sebagai brand yang sudah mendunia, Garnier terus melakukan daur ulang dan menyediakan produk yang kemasannya berasal dari hasil daur ulang. Bahkan, pada tahun 2025, Garnier bertekad agar semua produknya dibuat tanpa plastik baru.

Artinya, meskipun terus melakukan produksi, Garnier tidak akan menambah limbah plastik ke lingkungan atau hanya sedikit berpengaruh. Wah, patut didukung! Untuk tahu lebih banyak seputar langkah Garnier dalam kampanye #GarnierGreenBeauty, langsung kunjungi https://www.garnier.co.id/greenbeauty.

Demikianlah beberapa aksi nyata yang bisa kita semua lakukan untuk mengurangi masalah limbah plastik di bumi. Buat #OneGreenStep kamu sekarang juga dan terus dukung #GarnierxIDNTimes untuk menjadikan bumi lebih nyaman.

Baca Juga: #GreenBeauty 5 Gaya Hidup Eco-Friendly untuk para Milenial

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya