Comscore Tracker

5 Alasan Logis Sesekali Jadi Penyendiri Itu Perlu, Gak Selalu Buruk

Solusi agar tetap waras di tengah kehidupan yang dinamis

Selama ini penyendiri identik dengan orang yang selalu menghindar dari interaksi sosial dan cenderung menarik diri dari dunia luar. Oleh karenanya, tak jarang seorang penyendiri kemudian mendapatkan stigma dari orang-orang di sekitarnya.

Akan tetapi, di era yang serba dinamis ini, sesekali menjadi penyendiri bisa menjadi solusi jitu agar kita tetap waras. Untuk itu, setiap orang, bahkan yang sangat ekstrover sekalipun perlu meluangkan waktu untuk menarik diri dari dunia luar dan menyendiri. Berikut beberapa alasannya.

1. Hanya dengan menyendiri kamu dapat menyegarkan otak dan tubuhmu

5 Alasan Logis Sesekali Jadi Penyendiri Itu Perlu, Gak Selalu BurukUnsplash.com/Kinga Cichewicz

Dengan terus beraktivitas, artinya kamu juga membuat otak turut bekerja, untuk itu kamu perlu mendapatkan kesempatan untuk mengistirahatkan dan menyegarkan otakmu. Meluangkan waktu untuk menyendiri tanpa gangguan dari luar dapat memberimu kesempatan untuk mengosongkan pikiran, fokus, dan berpikir lebih jernih. Artinya, dengan sesekali menarik diri dari luar kamu bisa merevitalisasi pikiran dan tubuh secara bersamaan.

2. Kesendirian membantu kamu meningkatkan konsentrasi serta produktivitas

5 Alasan Logis Sesekali Jadi Penyendiri Itu Perlu, Gak Selalu Burukunsplash.com/Sebastian Herrmann

Ketika kamu menghilangkan sebanyak mungkin gangguan dan hal-hal yang tidak penting dari pikiranmu, kamu akan lebih bisa berkonsentrasi. Hal ini tentunya bermanfaat untuk membantu kamu menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dalam waktu yang lebih singkat.

3. Kamu punya kesempatan untuk berpikir dan bertindak secara mandiri serta menuruti intuisi

5 Alasan Logis Sesekali Jadi Penyendiri Itu Perlu, Gak Selalu Burukunsplash.com/Priscilla Du Preez

Saat kamu menjadi bagian dari suatu kelompok, kamu cenderung akan mengikuti apa yang diinginkan oleh kelompok tersebut, sehingga terkadang kamu sendiri lupa caranya berpikir secara independen. Dengan menyendiri, kamu memiliki kesempatan untuk berpikir secara mandiri dan mengambil tindakan sesuai dengan kata hatimu.

Baca Juga: 5 Alasan Logis Kamu Tak Boleh Menjadi Seorang Penyendiri

4. Memberikan kamu ruang untuk bisa berpikir secara mendalam dan mengembalikan kreativitas

5 Alasan Logis Sesekali Jadi Penyendiri Itu Perlu, Gak Selalu BurukUnsplash.com/David Islander

Tanggung jawab, komitmen dan tugas sehari-hari dapat membuat pekerjaanmu tampak seolah tidak ada habisnya. Ini kemudian dapat menghambat kamu untuk bisa berpikir secara mendalam, yang selanjutnya akan mengurangi kreativitas serta produktivitas. Untuk itu, kamu perlu menjauh dari keramaian agar dapat berpikir secara jernih dan mengembalikan kreativitas.

5. Menyendiri memungkinkan kamu untuk dapat berpikir dan menemukan solusi efektif untuk masalah yang sedang kamu hadapi

5 Alasan Logis Sesekali Jadi Penyendiri Itu Perlu, Gak Selalu BurukUnsplash.com/Olya Kuzovkina

Sulit untuk memikirkan solusi yang efektif untuk setiap masalah ketika kamu terganggu oleh masukkan orang-orang di sekitarmu yang sering kali subjektif. Untuk itu, kamu perlu meluangkan waktu untuk menyendiri dan berpikir secara jernih tanpa dipengaruhi oleh informasi dari luar agar dapat menemukan solusi yang efektif dan kamu butuhkan untuk mengatasi masalahmu.

Terbukti kan, kalau menjadi penyendiri tidak selalu buruk. Kalau saat ini kamu merasa butuh ruang sendiri, jangan ragu-ragu untuk segera menyingkir sejenak dari keramaian ya.

Baca Juga: Meski Bukan Introvert, 5 Zodiak Ini Konon Suka Menyendiri

Ekaay Ekaay Photo Community Writer Ekaay Ekaay

Empty

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Just For You