Comscore Tracker

5 Cara Agar Lebih Dihargai Orang Lain, Jangan Mau Diremehkan

Salah satu kuncinya ada pada sikapmu terhadap diri sendiri

Semua orang tentunya ingin dihargai oleh orang lain. Sayangnya, kadang-kadang orang merasa bahwa dirinya kurang dihargai, tetapi tidak tahu bagaimana caranya agar dihargai oleh orang lain.

Tentu saja, rasanya bisa sangat membuat frustrasi dan menyakitkan saat kita sadar bahwa orang lain tidak menghargai kita. Kadang ini bisa membuat kita merasa seperti tidak penting bagi mereka.

Ketahuilah bahwa sering kali hal ini bukanlah sesuatu yang didapat seseorang sejak lahir. Bagaimana orang memperlakukan kamu sangat tergantung pada bagaimana kamu memperlakukan dirimu sendiri dan orang lain. Bagaimanapun keadaanmu saat ini, kamu dapat melakukan sesuatu agar lebih dihargai oleh orang-orang di sekitarmu. Berikut adalah beberapa tips yang wajib kamu terapkan.

1. Tetapkan batasan yang jelas dan dapat ditegakkan

5 Cara Agar Lebih Dihargai Orang Lain, Jangan Mau Diremehkanilustrasi beberapa orang sedang berbicara (pexels.com/Henri Mathieu-Saint-Laurent)

Jika kamu merasa terlalu baik dan sering dimanfaatkan, maka tips pertama ini sangat penting untuk diterapkan. Cara nomor satu agar orang lain menghargai kamu dan berhenti mengambil keuntungan darimu adalah dengan menetapkan batasan yang jelas dan dapat ditegakkan.

Ini menunjukkan pada orang-orang bahwa mereka tidak bisa bersikap semena-mena terhadapmu. Sikap ini juga menandakan bahwa kamu berharap mereka memperlakukanmu dengan hormat.

Saat menetapkan batasan, pertimbangkan hal-hal yang dapat dikendalikan. Contohnya, menetapkan aturan bahwa kamu tidak menerima orang berada di rumah di atas jam 9 malam, tidak mengangkat siapa pun yang menghubungi setelah jam 12 malam, atau mengajak kamu pergi di hari-hari tertentu.

2. Jangan terlalu sering meminta maaf

5 Cara Agar Lebih Dihargai Orang Lain, Jangan Mau Diremehkanilustrasi laki-laki sedang meminta maaf (pexels.com/Alex Green)

Orang yang terus-menerus meminta maaf secara otomatis, tanpa berpikir dua kali biasanya bukanlah orang yang disegani. Ingatlah, ada waktu dan tempat untuk melakukannya.

Kadang, kamu membuat kesalahan yang memengaruhi orang lain dan kamu bisa meminta maaf untuk hal ini. Namun, kamu juga perlu berhenti menggunakan kata tersebut untuk setiap hal kecil.

Baca Juga: 5 Sikap Sepele yang Bikin Kamu Diabaikan dan Gak Dihargai

3. Bersikap baik pada setiap orang

5 Cara Agar Lebih Dihargai Orang Lain, Jangan Mau Diremehkanilustrasi membantu orang lain (pexels.com/Christina Morillo)

Sama seperti kamu yang ingin dihargai orang lain, orang lain pun demikian. Jadi, berikan orang lain rasa hormat yang sama seperti yang ingin kamu terima dari orang lain. Selalu bersikap sopan kepada semua orang yang kamu temui sepanjang hari, mulai dari keluarga, rekan kerja, hingga orang-orang yang kamu temui di jalan atau supermarket.

Buat tindakan yang mencerminkan penghargaan pada orang lain. Ini bisa sesederhana membuka pintu untuk orang di belakangmu. Tersenyumlah dan katakan tolong dan terima kasih pada momen yang tepat.

4. Selalu bertindak dengan hormat

5 Cara Agar Lebih Dihargai Orang Lain, Jangan Mau Diremehkanilustrasi mendengarkan seseorang berbicara (pexels.com/John Diez)

Hilangkan perilaku yang mencerminkan tidak menghargai orang lain, seperti memutar bola mata, menatap HP saat berbicara dengan orang lain, atau membicarakan orang lain. Tindakan ini bukan hanya tidak menghormati orang yang sedang berinteraksi denganmu, tetapi juga menghalangi kamu menjalin hubungan baik dengan orang lain.

Sebaliknya, kembangkan lingkungan yang penuh hormat. Selalu ingat bahwa setiap orang berhak untuk didengar, meskipun kamu tidak selalu setuju dengan pendapatnya. Intinya, pertimbangkan bagaimana kamu ingin diperlakukan dalam memperlakukan orang lain.

5. Senantiasa berubah menjadi lebih baik

5 Cara Agar Lebih Dihargai Orang Lain, Jangan Mau Diremehkanilustrasi perempuan sedang bercermin (unsplash.com/Diego Rosa)

Menjadi orang yang keras kepala dan ingin menang sendiri tidak akan membawamu ke mana-mana. Sadarilah bahwa perubahan dibutuhkan untuk menjadi lebih baik. Berusahalah untuk tumbuh sebagai pribadi yang lebih baik; pelajari keterampilan baru, coba aktivitas baru, dan periksa kembali perilakumu.

Tentunya, orang akan dihargai jika ia bisa memberikan manfaat, inspirasi, dan memiliki banyak hal positif yang tampak. Jadi, jangan lelah untuk berubah menjadi lebih baik. Jangan segan memberi selamat pada diri sendiri atas kemajuan yang telah dibuat sepanjang jalan untuk menjadi orang yang lebih baik.

Yang tak kalah penting dari semua upaya tersebut, tunjukkan bahwa kamu juga menghargai orang lain. Dengan begitu, mereka pun akan berbalik menghargai dirimu.

Baca Juga: 8 Orang yang Wajib Dihargai Kebaikan Hatinya, Siapa Saja?

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya