Comscore Tracker

Jangan Terus Diingat, Ini 5 Cara Melupakan Pengalaman Memalukan

Biar bisa lebih menikmati momen sekarang

Setiap orang pasti pernah mengalami kejadian yang menyedihkan, menyenangkan, hingga memalukan. Dan, pengalaman memalukan bisa menempel lebih lama di ingatan. Bahkan, sering datang ke dalam pikiran secara tiba-tiba yang membuat kita merasa buruk.

Momen memalukan memang sering kali sulit untuk dilupakan. Namun, bukan berarti kamu tidak mungkin melupakannya. Lewat beberapa tips berikut ini, kamu bisa melupakan kejadian memalukan dan menyikapinya dengan lebih bijak.

1. Dengarkan cerita memalukan yang dialami orang lain

Jangan Terus Diingat, Ini 5 Cara Melupakan Pengalaman Memalukanilustrasi beberapa orang sedang berbicara (pexels.com/Keira Burton)

Tidak diragukan lagi, membandingkan kejadian memalukan yang kamu alami dengan yang orang lain alami akan membuat kamu merasa lebih baik. Misalnya, saat kamu baru saja mengalami kejadian yang memalukan, ceritakan hal tersebut pada temanmu dan minta ia menceritakan pengalaman memalukan yang pernah ia alami.

Setelah mendengar kumpulan cerita dari temanmu, kamu akan merasa bahwa ada orang yang memiliki pengalaman lebih parah darimu. Atau, setidaknya kamu menjadi sadar bahwa setiap orang pernah mengalami kejadian memalukan.

2. Lihat dari sudut pandang orang lain

Jangan Terus Diingat, Ini 5 Cara Melupakan Pengalaman Memalukanilustrasi beberapa orang sedang tertawa (pexels.com/Helena Lopes)

Saat melihat orang lain tanpa sengaja mengatakan atau melakukan sesuatu yang memalukan, kamu dan orang-orang di sekitarmu pasti akan tertawa karenanya. Namun, apakah kamu memikirkannya sepanjang waktu? Tentu saja tidak, kamu mungkin tertawa terbahak-bahak sebentar, lalu melupakan kejadian tersebut sama sekali.

Begitu pula yang dilakukan orang lain saat kamu melakukan sesuatu yang memalukan. Mereka mungkin akan tertawa saat itu juga, tapi selanjutnya mereka akan fokus pada kehidupan masing-masing dan melupakan kejadian tersebut setelahnya. Jadi, kamu tidak perlu bersikap berlebihan dan mengingatnya sepanjang waktu.

Baca Juga: 5 Tips Putus tanpa Drama, Biar Tetap Sama-sama Respek!

3. Tertawa bersama

Jangan Terus Diingat, Ini 5 Cara Melupakan Pengalaman Memalukanilustrasi tertawa bersama (pexels.com/nappy)

Terkadang, tidak mudah menggunakan humor untuk mengalihkan rasa malu dari diri sendiri. Namun, ini adalah cara yang bagus untuk pulih dari situasi yang memalukan.

Tertawa bersama adalah mekanisme yang bagus untuk menjalin hubungan dengan orang lain. Jadi, jika kamu dapat menemukan cara untuk melihat sisi lucunya, kamu dapat menertawakan diri sendiri dan memicu percakapan yang tidak terduga. Itu menjadi cara yang bagus untuk mengubah potensi negatif yang sangat besar menjadi positif.

4. Belajar dari kesalahan

Jangan Terus Diingat, Ini 5 Cara Melupakan Pengalaman Memalukanilustrasi seseorang sedang merenung (pexels.com/Vanessa Garcia)

Setiap orang pernah melakukan kesalahan, dan itu sangat penting untuk pembelajaran dan pertumbuhan kita semua sebagai manusia. Kesalahan-kesalahan yang kita lakukan membentuk bagian dari jajaran pengalaman hidup.

Namun, kamu juga perlu melakukan upaya sadar untuk belajar dari kesalahan. Sangat penting bagi kita meluangkan sedikit waktu untuk merenungkan mengapa dan apa yang terjadi. Misalnya, jika kamu mempermalukan diri sendiri saat presentasi karena belum memeriksa hal-hal teknis sebelumnya, pastikan kamu memeriksa ulang lain kali.

Jika kamu tersandung dan terjatuh karena terburu-buru, pastikan untuk berhati-hati di lain waktu dan tidak terburu-buru agar tidak mengalami hal yang sama lagi. Menyikapi setiap pengalaman untuk belajar adalah strategi yang hebat mengubah sesuatu yang negatif menjadi positif.

5. Jangan menganggap dirimu sebagai pusat sorotan

Jangan Terus Diingat, Ini 5 Cara Melupakan Pengalaman Memalukanilustrasi tertawa (pexels.com/Savannah Dematteo)

Cobalah untuk mendapatkan beberapa perspektif tentang situasinya. Ketahuilah bahwa kamu tidak mungkin menjadi fokus utama perhatian siapa pun. Jika memang demikian, itu hanyalah untuk beberapa detik.

Jika kamu dapat menutupi momen canggung dengan sedikit humor dan sedikit keributan, semua orang akan segera kembali memikirkan diri mereka sendiri dan kamu akan dapat segera melupakan momen memalukan.

Momen-momen memalukan mungkin sering datang secara tiba-tiba di ingatanmu yang membuat kamu merasa canggung. Namun, tentunya insiden seperti itu harus dilihat lebih positif dan dipahami sebagai sesuatu yang manusiawi.

Baca Juga: 5 Alasan Mengakui Kekurangan Bukan Sikap Memalukan, Justru Baik

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya