Comscore Tracker

5 Cara Sederhana Menikmati Hidup, baik Saat Suka maupun Duka

Biar lebih bahagia!

Masih banyak orang yang percaya bahwa cara sederhana menikmati hidup, adalah perlu memiliki lebih banyak uang, banyak teman, hubungan yang sempurna, menjadi dihormati atau terkenal. Memang, hal tersebut bisa menunjang kebahagiaan. Namun, banyak orang memiliki hal-hal tersebut dan masih tidak bahagia. Juga, ada orang yang tidak memiliki hal-hal tersebut namun merasa bahagia.

Yang tidak banyak orang sadari adalah, ada begitu banyak kondisi yang lebih dari cukup bagi untuk menjadi bahagia saat ini. Kita perlu menumbuhkan pola pikir positif, mengembangkan kebiasaan baik, dan mengisi hidup dengan makna.

Namun, untuk bisa menikmati hidup dan merasa bahagia, baik saat mengalami suka maupun duka, kamu mungkin perlu lebih banyak belajar. Berikut adalah hal yang dapat kamu lakukan untuk lebih menikmati hidup.

1. Fokus pada diri sendiri

5 Cara Sederhana Menikmati Hidup, baik Saat Suka maupun Dukapexels.com/William Fortunato

Orang-orang akan selalu siap memberikan kritik dan nasihat padamu. Tapi intinya, kamulah yang harus hidup dengan konsekuensi dari keputusanmu.

Sering kali nasihat dan saran dari luar membuat kamu merasa makin bingung, karenanya kamu memang tidak harus selalu melakukan apa yang orang lain katakan. Keluarlah dari media sosial, matikan ponsel, dan manfaatkan pikiran serta emosi untuk mencari tahu apa yang perlu kamu lakukan selanjutnya.

2. Peliharalah hubungan yang positif

5 Cara Sederhana Menikmati Hidup, baik Saat Suka maupun Dukapexels.com/Ketut Subiyanto

Luangkan waktu untuk membina hubungan positif yang kamu miliki dengan teman dan keluarga. Kenali orang-orang yang mendukungmu dan fokuskan energi pada mereka. Hubungan memiliki dampak yang kuat pada kehidupan.

Dan, memupuk hubungan positif dalam hidup telah terbukti meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan. Satu studi yang dilakukan di Brigham Young University in Utah menemukan bahwa orang yang memiliki hubungan sosial yang baik lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal lebih awal daripada orang yang lebih terisolasi.

Baca Juga: Singkirkan 5 Pemikiran Ini agar Kamu Benar-benar Bisa Menikmati Hidup

3. Menerapkan mindfulness

5 Cara Sederhana Menikmati Hidup, baik Saat Suka maupun Dukaunsplash.com/Olia Nadya

Mindfulness adalah tindakan untuk hadir sepenuhnya dan menyadari apa yang kamu lakukan dan di mana kamu berada, tanpa terganggu oleh pikiran lain atau emosi. Singkatnya, di mana pun kamu berada, beradalah di sana secara total.

Ketika kamu belajar menyadari dan menikmati momen, kamu akan jadi lebih tenang, fokus, dan bahagia. Kamu bisa melatih mindfulness dengan menikmati hal-hal sederhana dalam hidup, seperti:

  • Berjalan-jalan di alam sambil mengamati pemandangan dan suara di mana kamu berada;
  • Melakukan olahraga dan menikmati apa yang tubuhmu rasakan;
  • Nikmati hal-hal kecil, seperti secangkir teh atau mandi air panas.

4. Rayakan setiap kemenangan kecil

5 Cara Sederhana Menikmati Hidup, baik Saat Suka maupun Dukapexels.com/cottonbro

Saat ini, media sosial menjadi tempat untuk memamerkan kehidupan, yang seolah membuat kita percaya bahwa kebahagiaan dan kesuksesan dilihat dari seberapa menakjubkan hidup yang dijalani. Tetapi, hidup tidak seputar fasilitas mewah dan pengalaman menakjubkan, tapi juga terbuat dari momen-momen yang kita alami.

Jangan hanya merayakan pencapaian besar karena umumnya ini hanya terjadi sekali dalam waktu yang lama. Sebaliknya, belajarlah menikmati hidup dengan merayakan setiap langkahnya.

Misalnya, jangan hanya menikmati keberhasilan ujian dan keuntungan bisnis, tapi nikmati hal-hal kecil, seperti bertemu orang yang kamu sayang, menikmati makanan favorit, mengunjungi tempat favorit, dan masih banyak lagi hal yang bisa kamu nikmati.

5. Belajar bersyukur

5 Cara Sederhana Menikmati Hidup, baik Saat Suka maupun Dukapexels.com/VisionPic .net

Kebiasaan buruk yang dilakukan banyak orang adalah cepat melupakan momen membahagiakan, tapi bisa mengingat momen buruk seumur hidup. Padahal, ini tentu tidak baik bagi kebahagiaan.

Mulai saat ini, kamu perlu belajar bersyukur dan mencatat semua yang kamu syukuri. Bersyukur dapat meningkatkan harga diri, mengurangi emosi negatif, dan iri hati. Jadi, jika kamu ingin belajar menikmati hidup, mulailah berlatih bersyukur.

 

Dengan berlatih menikmati hidup, kamu akan lebih mampu menjalani suka maupun duka dalam kehidupan. Kalau kamu, apakah kamu punya tips lain yang membuatmu bisa menikmati setiap fase suka duka di kehidupanmu?

Baca Juga: 6 Hal Ini Membuatmu Sulit Menikmati Hidup, Sering Melakukannya?

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya