Comscore Tracker

5 Dampak Buruk Kurang Bersyukur dalam Hidup, Jadi Sulit Bahagia!

Setiap hal kecil patut disyukuri!

Setiap orang memiliki latar belakang yang berbeda dan menjalani hidup dengan cara yang berbeda-beda pula. Terkadang, kamu mungkin merasa iri melihat hidup orang lain dan berandai-andai jika kamu ada di posisinya. Padahal, jika kamu mau melakukan refleksi, kamu pasti akan mampu melihat kelebihan dalam dirimu. Apa pun itu, pasti ada hal dalam hidup yang bisa disyukuri.

Sekecil apa pun nikmat yang kamu dapatkan, kamu perlu mensyukurinya. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan ketenangan. Sebaliknya, kurangnnya rasa syukur bisa memberikan berbagai dampak negatif seperti beberapa hal berikut ini yang dapat terjadi akibat kurangnya rasa syukur.

1. Memengaruhi hubungan dengan orang-orang sekitarmu  

5 Dampak Buruk Kurang Bersyukur dalam Hidup, Jadi Sulit Bahagia!ilustrasi bertengkar dengan saudara (pexels.com/RF._.Studio)

Syukur merupakan alat yang ampuh untuk memperkuat ikatan interpersonal. Mengungkapkan rasa terima kasih pada orang lain membantu memperkuat hubungan, mempromosikan pembentukan hubungan, serta koneksi dan kepuasan hubungan.

Sebaliknya, kurangnya rasa syukur atau ekspresi syukur memengaruhi hubungan secara negatif. Ini akan membuat orang-orang di sekitarmu merasa kurang dihargai dan memengaruhi sikap mereka padamu.

2. Tidak pernah merasa puas dengan apa yang dimiliki  

5 Dampak Buruk Kurang Bersyukur dalam Hidup, Jadi Sulit Bahagia!ilustrasi berbelanja (pexels.com/Burst)

Orang yang tidak bersyukur tidak akan pernah puas dengan apa yang dimiliki. Tidak peduli berapa banyak yang sudah kamu dapatkan, kamu percaya bahwa kamu pantas mendapatkan lebih.

Lebih lanjut, ini akan menyebabkan kamu sulit mendapatkan kebahagiaan. Alih-alih menikmati apa yang sudah dimiliki, kamu justru sibuk memikirkan apa yang dimiliki orang lain dan memikirkan bagaimana caranya mendapatkan lebih.

Baca Juga: 5 Rambu dalam Berkhayal biar Gak Bikin Malas dan Susah Bersyukur

3. Tidak suka berbagi

5 Dampak Buruk Kurang Bersyukur dalam Hidup, Jadi Sulit Bahagia!ilustrasi memberikan kado (pexels.com/ANTHONY SHKRABA production)

Orang yang mampu bersyukur senantiasa merasa cukup atas apa yang ia miliki. Sebagai bentuk dari rasa syukur, mereka juga akan ikhlas berbagi pada orang lain yang dirasa membutuhkan.

Sebaliknya, kurangnya rasa syukur menyebabkan kamu terus merasa khawatir akan kekurangan di kemudian hari. Akibatnya, kamu akan cenderung bersikap pelit atau kurang memedulikan orang-orang di sekitarmu yang membutuhkan bantuan. Lama-kelamaan, ini juga bisa membuat kamu jadi individu yang kurang berempati.

4. Mudah stres

5 Dampak Buruk Kurang Bersyukur dalam Hidup, Jadi Sulit Bahagia!ilustrasi perempuan sedang stres (pexels.com/Ron Lach)

Kurangnya rasa syukur akan membuat seseorang tidak mampu melihat dan menikmati apa yang sudah ia miliki, bagaimanapun berharganya hal tersebut. Pada akhirnya, kamu akan terus dihantui stres karena memikirkan apa yang tidak kamu miliki.

Stres tentu saja berdampak buruk bagi kesehatan fisik dan mental. Stres akan menyebabkan kamu sulit mendapatkan ketenangan dan menikmati hidup.

5. Banyak mengeluh  

5 Dampak Buruk Kurang Bersyukur dalam Hidup, Jadi Sulit Bahagia!ilustrasi perempuan merasa kesal (pexels.com/Keira Burton)

Kurang bersyukur cenderung membuat kamu mudah mengeluh. Pasalnya, apa pun yang terjadi pada dirimu, kamu senantiasa merasa seharusnya bisa mendapatkan yang lebih baik.

Perlu diingat, apa pun yang ada dalam hidupmu terjadi karena takdir Yang Maha Kuasa dan itulah yang terbaik untukmu. Jadi, sudah sepatutnya kamu mensyukurinya. Meskipun kamu tidak menyukainya, yakinlah bahwa itu yang terbaik untukmu.

 

Menjalani kehidupan dengan rasa syukur akan membuat hidupmu lebih tenang dan bahagia. Jadi, latihlah dirimu agar menjadi pribadi yang lebih bersyukur. Caranya, bisa dengan menuliskan hal-hal baik yang kamu alami setiap hari, mengingat-ingat hal hebat yang pernah kamu dapatkan sebelumnya, dan banyak membantu orang-orang yang kurang beruntung.

Baca Juga: 5 Motivasi Ini Membuatmu Bersyukur meski Gaji Masih Pas-pasan

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya