Comscore Tracker

Jaga Kesopanan, Jangan Sentuh 5 Benda Ini saat Bertamu ke Rumah Orang

Jangan buat tuan rumah merasa tidak nyaman

Bertamu atau bahkan menginap di rumah teman atau kerabat tidak pernah semudah menginap di rumah sendiri. Sebab, tiap rumah memiliki aturan sendiri tentang bagaimana orang harus berperilaku. Juga, tiap individu memiliki barang-barang khusus di dalam rumahnya yang tidak ingin disentuh oleh tamu.

Jadi, sebelum kamu merusak reputasimu sendiri dan membuat kehadiranmu di rumah orang lain tidak diinginkan, kamu perlu menjaga etiket saat mengunjungi rumah seseorang, salah satunya dengan tidak asal menyentuh benda-benda milik tuan rumah. Apa sajakah itu? Berikut hal yang tidak boleh kamu sentuh saat berkunjung ke rumah orang lain.

1. Kamar tidur

Jaga Kesopanan, Jangan Sentuh 5 Benda Ini saat Bertamu ke Rumah Orangunsplash.com/Aw Creative

Terkecuali kamu diundang secara khusus, kamu harus menghindari memasuki kamar tidur orang lain. Entah dengan alasan sekadar ingin melihat-lihat ataupun beristirahat, kamu dilarang memasuki kamar orang lain jika mereka tidak memperkenankan kamu masuk.

Akan tetapi, ini mungkin bukan pelanggaran yang serius jika kamu sangat mengenal sang pemilik rumah. Jadi, yang terbaik adalah menunggu sampai kamu diundang untuk masuk atau bersantai di tempat tidur sang tuan rumah.

2. Kulkas dan lemari dapur

Jaga Kesopanan, Jangan Sentuh 5 Benda Ini saat Bertamu ke Rumah Orangunsplash.com/nrd

Beberapa orang mungkin tidak menyadari bahwa mencari makanan di dapur atau kulkas orang lain adalah perilaku yang tidak sopan. Jika kamu lapar atau bahkan berniat membantu tuan rumah memasak, lebih baik beri tahu tuan rumah. 

Jika kamu akan tinggal untuk waktu yang lama, sebaiknya tawarkan untuk membawa atau membeli sendiri beberapa bahan makanan agar tidak terlalu merepotkan tuan rumah. Dan saat tiba waktu makan, makanlah apa yang telah disiapkan untukmu. Sebisa mungkin, tawarkan untuk membantu memasak dan mencuci piring.

Baca Juga: Bukan Percaya Diri, 5 Hal Ini Malah Menjadikan Kamu Pribadi Gak Sopan

3. Laci dan kabinet

Jaga Kesopanan, Jangan Sentuh 5 Benda Ini saat Bertamu ke Rumah Orangpexels.com/ABTO

Pada kebanyakan rumah, laci dan kabinet digunakan untuk menyimpan barang-barang berharga dan pribadi. Dan menyentuh laci atau kabinet sudah pasti melanggar privasi yang membuat tuan rumah merasa tidak nyaman atau bahkan tidak suka padamu. Jadi, jangan mengobrak-abrik laci atau kabinet apa pun. Bahkan, walaupun laci ini tidak ditaruh di tempat yang tersembunyi, kamu tetap dilarang menyentuhnya.

4. Rokok

Jaga Kesopanan, Jangan Sentuh 5 Benda Ini saat Bertamu ke Rumah Orangunsplash.com/Free to use sounds

Bukan hanya meminta rokok milik tuan rumah, kamu bahkan tidak boleh menyalakan rokok milikmu sendiri di dalam rumah orang lain. Terlebih jika di dalam rumah tersebut ada anak-anak. Sebab, rokok tidak hanya dapat membuat mereka terpapar bahan berbahaya dari bahan kimia dalam rokok, tetapi juga bau rokok yang tidak sedap dapat bertahan lama bahkan setelah kamu pergi.

Dan menghilangkan bau rokok merupakan tugas yang cukup merepotkan bagi tuan rumah. Sehingga, hal ini mungkin membuat mereka tidak nyaman. Kamu hanya boleh merokok jika tuan rumah melakukan hal yang sama. Atau jika kamu tidak sabar, mohon diri untuk merokok di luar, dan cobalah menjauh dari pintu dan jendela agar asap rokok tidak masuk ke dalam rumah.

5. Menginjak lantai dengan alas kaki

Jaga Kesopanan, Jangan Sentuh 5 Benda Ini saat Bertamu ke Rumah Orangpexels.com/Rene Asmussen

Sebenarnya hal ini bergantung pada norma budaya di masing-masing tempat. Hanya saja, banyak rumah tangga di Indonesia memiliki kebijakan untuk membuka alas kaki di dalam rumah. Jadi, sebagai amannya, sebaiknya kamu membuka sepatu terlebih dahulu saat akan memasuki rumah.

Terkecuali jika tuan rumah mengenakan sepatu di rumahnya, kamu mungkin dapat berasumsi bahwa itu tidak masalah bagi para tamu juga. Jika ragu, tanyakan pada mereka apakah kamu perlu melepas alas kaki atau tidak.

Jadi, agar tuan rumah tidak merasa risi dengan kedatanganmu, pastikan kamu tetap menjaga kesopanan selama bertamu, salah satu caranya adalah dengan tidak menyentuh benda-benda di atas.

Baca Juga: Ini Dia 5 Etika & Cara Menghargainya jika Seseorang Memberimu Makanan

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya