Comscore Tracker

Gak Selalu Buruk, Ini 6 Manfaat Hebat Saat Kamu Punya Haters

Punya haters gak selalu buruk kok

Dalam suatu tahap kehidupan, hampir dipastikan akan ada setidaknya seorang haters yang setia mengkritisi hal apapun yang kamu lakukan. Pada dasarnya mereka adalah orang yang gak percaya bahwa kamu pantas mendapatkan apa yang sedang kamu miliki atau dengan kata lain, mereka iri denganmu.

Perasaan bingung dan sedih pasti kamu rasakan saat mengetahui kenyataan bahwa di luar sana ada orang yang tidak suka dengan kebahagiaan dan prestasi yang telah kamu raih. Kendati demikian, daripada membiarkan para haters menjatuhkanmu, lebih baik manfaatkan para haters untuk membuatmu jadi lebih baik.

Berikut ini ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan adanya haters di hidupmu.

1. Munculnya haters bisa jadi tanda paling nyata kalau kamu sudah mencapai tahap tertentu menuju kesuksesan

Gak Selalu Buruk, Ini 6 Manfaat Hebat Saat Kamu Punya HatersIamexpat.nl

Munculnya haters merupakan suatu tanda yang nyata bahwa kamu telah meraih tingkatan tertentu dalam menuju kesuksesan. Kalau bukan karena kamu telah berada beberapa langkah di depan, gak mungkin kamu bisa sangat menarik perhatian para haters untuk terus dikritik.

Jadi, kamu gak perlu sedih ketika ada haters yang terus-terusan mengomentari apapun yang ada pada dirimu. Cukup senyum dan lambaikan tangan pada mereka karena kamu telah selangkah di depan mereka.

2. Dari attitude mereka, kamu jadi paham akan pentingnya menjaga perasaan orang lain

Gak Selalu Buruk, Ini 6 Manfaat Hebat Saat Kamu Punya HatersConsumerreports.org

Dengan adanya haters, kamu jadi paham gimana rasanya ketika ada orang yang selalu berperilaku buruk padamu. Hal ini bisa jadi pelajaran berharga buatmu supaya lebih menghargai orang lain. Selain itu, jika nantinya kamu bertemu dengan seseorang yang sedang menghadapi situasi yang sama denganmu, kamu bisa lebih berempati dan tahu dukungan seperti apa yang harus kamu berikan.

3. Kadang apa yang mereka bilang ada benarnya juga, kamu bisa menggunakannya untuk evaluasi diri

Gak Selalu Buruk, Ini 6 Manfaat Hebat Saat Kamu Punya HatersUnsplash.com/Oleg Sergeichik

Walaupun mayoritas para haters memberikan kritik secara subjektif, tapi terkadang apa yang dikatakan seorang haters ada benarnya juga. Bukan berarti kamu harus menganggap serius apa yang mereka katakan. Cukup dengar dan pikirkan baik-baik apa yang mereka katakan. Barangkali hal tersebut merupakan sesuatu yang kamu butuhkan untuk menjadi lebih baik.

Baca Juga: [OPINI] 5 Hal Ini Mungkin Jadi Alasan Kenapa Ada Haters KPop

4. Kamu jadi terbiasa berada di situasi yang gak nyaman

Gak Selalu Buruk, Ini 6 Manfaat Hebat Saat Kamu Punya HatersUnsplash.com/Helena Lopes

Memiliki haters bisa membuatmu belajar bagaimana cara menghadapi situasi yang penuh dengan konflik. Sehingga, saat kamu menghadapi situasi yang lebih sulit nantinya, kamu sudah tahu bagaimana cara membungkam para haters dengan elegan.

5. Pelan-pelan kamu jadi lebih bisa mengelola rasa marah

Gak Selalu Buruk, Ini 6 Manfaat Hebat Saat Kamu Punya HatersUnsplash.com/Broke Cagle

Mengelola emosi merupakan salah satu hal terberat dalam hidup. Dengan adanya haters, secara tidak langsung kamu belajar bagaimana caranya supaya bisa tetap tenang ketika ada orang yang dengan sengaja menyulut emosimu. Alih-alih membalas, kamu malah memilih bersikap santai dan cuek yang justru membuat mereka semakin geram. Mengelola emosi merupakan hal yang sangat penting agar kamu bisa tetap bersikap tenang dan berpikir jernih di situasi yang penuh dengan tekanan seperti saat ini.

6. Kamu bisa menerima kenyataan bahwa kamu gak bisa membuat semua orang menyukaimu

Gak Selalu Buruk, Ini 6 Manfaat Hebat Saat Kamu Punya HatersUnsplash.com/Priscilla Du Preez

Akan ada banyak orang yang memandang buruk apapun tentang dirimu. Mencemaskan pendapat mereka tentangmu hanya akan memperparah keadaan dan membuatmu semakin pusing. Adanya haters membuat kamu mengetahui fakta ini lebih dini. Sehingga, nantinya kamu lebih siap dan gak kaget saat tahu bahwa seseorang yang gak menyukaimu.

Belajar menerima kenyataan bahwa kamu memang gak bisa membuat semua orang menyukaimu membuat kamu lebih terlatih untuk tetap fokus pada tujuanmu tanpa memikirkan penilaian orang lain.

Gimana, banyak kan keuntungan yang bisa kamu dapat dengan adanya haters?

Baca Juga: Kerap Diserang Haters? Mungkin Kamu Punya 7 Hal Ini Dalam Hidup

Eka Photo Community Writer Eka

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You