Comscore Tracker

5 Kebiasaan yang Tanpa Sadar Bikin Generasi Millennial Lebih Boros 

Apakah kamu sering melakukannya?

Kamu pasti sudah akrab dengan istilah sobat misqueen yang belakangan santer terdengar di berbagai media. Mereka adalah kaum millennial yang mengaku sering kelimpungan lantaran sebelum akhir bulan, uang yang mereka miliki sudah mulai menipis.

Padahal kalau ditelisik lebih dalam, sejatinya ini hanya karena generasi millennial punya kebiasaan yang tanpa disadari bikin mereka lebih boros. Apa sajakah kebiasaan itu? Berikut ulasannya.

1. Berbelanja menggunakan kartu kredit

5 Kebiasaan yang Tanpa Sadar Bikin Generasi Millennial Lebih Boros unsplash.com/Square

Kredit kerap dijadikan solusi bagi para millennial yang tergoda oleh berbagai promo tapi isi dompet sudah mulai kritis sebelum akhir bulan. Ditambah, tidak perlu langsung melunasi belanjaan membuat orang-orang tidak sadar dan sering kalap.

Akibatnya, tagihan di bulan berikutnya bisa membengkak bahkan terkena bunga kredit karena lewat jatuh tempo. Untuk itu, sebaiknya tahan diri agar tidak gampang tergoda berbelanja menggunakan kartu kredit.

2. Malas mencatat pengeluaran

5 Kebiasaan yang Tanpa Sadar Bikin Generasi Millennial Lebih Boros unsplash.com/NeONBRAND

Tidak pernah mencatat pengeluaran bikin para millennial sering kebingungan ke mana uang mereka bermuara. Karenanya, millennial sering kesulitan untuk mengeliminasi pengeluaran yang sebenarnya tidak perlu. Misalnya, terlalu sering membeli minuman kekinian, jalan-jalan ke tempat hits, membeli baju, dan sebagainya.

Baca Juga: 5 Hal Tentang Keuangan yang Harus Disepakati Pasangan Sebelum Menikah

3. Memasak makanan sendiri

5 Kebiasaan yang Tanpa Sadar Bikin Generasi Millennial Lebih Boros Unsplash.com/Alyson McPhee

Memasak sering kali dijadikan pilihan untuk menghemat pengeluaran. Tapi, kalau kamu memasak makanan dalam jumlah besar, membutuhkan banyak bahan mahal, dan sulit, bukan tidak mungkin makanan yang sudah kamu masak akan terbuang sia-sia lantaran sisa, ataupun tidak enak.

4. Tren membeli makanan dan minuman kekinian

5 Kebiasaan yang Tanpa Sadar Bikin Generasi Millennial Lebih Boros unsplash.com/Caleb George

Tidak salah sebenarnya jika kamu ingin memanjakan diri dengan membeli makanan atau minuman kekinian sesekali di kafe favoritmu. Tapi, kalau kamu terbiasa membeli makanan dan minuman kekinian hanya karena sedang tren dan agar bisa kamu pamerkan di Instagram, yang ada hal ini hanya akan merugikan dirimu sendiri karena harus membayar mahal untuk hidangan yang sebenarnya kamu pun belum tentu suka.

5. Nongkrong di kafe atau restoran

5 Kebiasaan yang Tanpa Sadar Bikin Generasi Millennial Lebih Boros unsplash.com/Austin Distel

Ketika kamu dan kawan-kawan ingin nongkrong sekadar untuk bergosip, kafe atau restoran cepat saji biasanya jadi pilihan favorit. Masalahnya adalah, kamu dan kawan-kawan jadi sering tidak sadar telah menghabiskan banyak waktu dan berkali-kali menambah menu selama nongkrong di sana. Untuk itu, cari tempat lain untuk nongkrong yang tidak akan membuat kamu tergoda untuk mengeluarkan uang.

Jadi, apakah kamu termasuk salah satu yang memiliki kebiasaan tersebut? Kalau iya, yuk segera kurangi demi finansial yang lebih sehat.

Baca Juga: Dear Millennials, Ini 7 Alasan Kenapa Kamu Harus Punya Akun LinkedIn

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya