Comscore Tracker

6 Hal yang Kamu Tidak Boleh Minta Maaf Karena Telah Melakukannya

Minta maaf yang berlebihan sangat tidak baik lho

Sering kali, orang meminta maaf lantaran terlalu khawatir perihal apa yang orang lain pikirkan. Atau bisa juga karena menempatkan perasaan orang lain di atas kebutuhan dan perasaan diri sendiri.

Padahal sejatinya, ada banyak situasi di mana permintaan maaf sebenarnya tidak diperlukan. Di bawah ini ada beberapa hal di mana kamu tidak perlu meminta maaf untuknya.

1. Saat kamu mengatakan "tidak"

6 Hal yang Kamu Tidak Boleh Minta Maaf Karena Telah MelakukannyaUnsplash.com/Trung Thanh

Menghargai keterbatasan dirimu sendiri adalah tanda bahwa kamu menghargai diri sendiri. Saat kamu tidak bisa memberikan atau melakukan sesuatu untuk orang lain, kamu tidak perlu meminta maaf karena mengatakan "tidak". Selain itu, mampu mengatakan "tidak" adalah indikasi kamu bisa jadi pemimpin yang baik.

2. Ketika kamu ingin membahagiakan diri dengan "me time"

6 Hal yang Kamu Tidak Boleh Minta Maaf Karena Telah Melakukannyaunsplash.com/Caleb George

Kamu tidak akan pernah bisa berhasil atau benar-benar bahagia kecuali kamu mengusahakan dan memanjakan diri sendiri terlebih dahulu. Selalu urus kebutuhanmu sendiri dan luangkan "me time" untuk melakukan hal-hal yang membuatmu senang.

3. Jangan meminta maaf karena meninggalkan orang yang menyakitimu

6 Hal yang Kamu Tidak Boleh Minta Maaf Karena Telah Melakukannyabustle.com

Kamu seharusnya tidak boleh mengatakan bahwa kamu menyesal telah melepaskan orang yang selama ini menyakitimu. Bertahan dalam hubungan yang tidak sehat hanya akan menghalangimu untuk mencapai potensi penuh dalam meraih masa depan yang lebih baik. Berbangga dan berbahagialah karena kamu berhasil membuat keputusan besar tersebut.

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Memaafkan Diri Sendiri

4. Kamu juga tidak perlu minta maaf atas ketidaksempurnaan pada dirimu

6 Hal yang Kamu Tidak Boleh Minta Maaf Karena Telah Melakukannyaunsplash.com/Ladislav Bona

Ketidaksempurnaan adalah hal yang membuat orang-orang menjadi unik, begitu juga dengan kamu. Ketidaksempurnaan harus diterima dan disyukuri. Jangan pernah minta maaf atas kualitas yang membuat kamu tidak sempurna.

5. Saat kamu membela nilai-nilai yang selama ini kamu anut

6 Hal yang Kamu Tidak Boleh Minta Maaf Karena Telah MelakukannyaUnsplash.com/Sebastian Herrmann

Jangan meminta maaf saat kamu harus membela nilai-nilai, moral, etika, agama atau kepercayaan spiritualmu. Orang baik tidak perlu meminta maaf karena melakukan apa yang benar dan baik.

6. Saat kamu tidak mengetahui jawaban atas pertanyaan yang diberikan padamu

6 Hal yang Kamu Tidak Boleh Minta Maaf Karena Telah MelakukannyaUnsplash.com/Zainul Yasni

Pencarian terus menerus akan pengetahuan membuat otak tetap muda, kreatif, dan terbiasa bekerja. Ketika kamu belum bisa menjawab pertanyaan yang diajukan padamu, anggap saja hal tersebut sebagai kesempatan untuk belajar. Untuk itu, tidak seharusnya kamu meminta maaf untuk hal tersebut. Mampu mengakui bahwa kamu tidak tahu adalah tanda kekuatan dan kerendahan hati.

Mengetahui kapan perlu dan tidak perlu meminta maaf pastinya akan membuat kamu terjun dari perasaan sering menyesal. Untuk itu, jangan minta maaf secara berlebihan ya.

Baca Juga: Terlalu Lelah Memaafkan, 7 Tanda Kamu Butuh Putus Sekarang  

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya