Comscore Tracker

Demi Hidup Lebih Bahagia, Ini 6 Hal yang Sebaiknya Kamu Abaikan 

Yuk lebih pentingkan dirimu sendiri

Menjadi bahagia selama ini dikaitkan dengan mengukur apa-apa yang telah kita dapatkan dan bagaimana citra kita di hadapan orang lain. Sayangnya, kadang-kadang hal tersebut justru membuat kita menaruh dunia di pundak, yang mana hal tersebut bukannya menjadikan dunia tempat yang lebih baik, tapi justru membuat kita menciptakan lebih banyak tekanan dan ketidakbahagiaan untuk diri sendiri.

Untuk itu, sudah waktunya kita belajar untuk tidak mempedulikan hal-hal tertentu agar kita mendapatkan kehidupan yang lebih bahagia. Apa sajakah hal yang perlu diabaikan tersebut? Berikut ulasannya.

1. Apa yang orang lain pikirkan tentangmu

Demi Hidup Lebih Bahagia, Ini 6 Hal yang Sebaiknya Kamu Abaikan Unsplash.com/Ben White

Lakukan apa pun yang harus kamu lakukan tetapi jangan lakukan apa yang orang lain pikirkan. Manusia memang suka menilai, tetapi bukan berarti kamu harus melakukan apa kata mereka. Ketika kamu terlalu peduli tentang apa yang orang lain katakan, artinya kamu menjalani hidupmu untuk mereka dan bukan dirimu sendiri.

2. Kesalahan masa lalu

Demi Hidup Lebih Bahagia, Ini 6 Hal yang Sebaiknya Kamu Abaikan medicalnewstoday.com

Kita semua pastinya pernah melakukan kesalahan dan merasa bersalah karenanya. Begitulah hidup berjalan. Namun, jangan bersikap keras pada diri sendiri. Terimalah kenyataan bahwa melakukan kesalahan adalah bagian dari kodrat manusia. Dan jika kamu ingin hidup bahagia, belajarlah untuk memaafkan diri sendiri lebih sering.

3. Apa yang tidak kamu miliki

Demi Hidup Lebih Bahagia, Ini 6 Hal yang Sebaiknya Kamu Abaikan unsplash.com/Kev Costello

Fokus pada apa yang tidak kamu miliki pada akhirnya akan membuatmu merasa kekurangan. Padahal sejatinya selalu ada orang yang memiliki kelebihan daripada yang lain. Untuk itu, kamu perlu belajar mensyukuri apa yang sudah kamu miliki.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Memproduksi Hormon Bahagia Agar Mood Lebih Baik

4. Penolakan yang pernah kamu dapatkan

Demi Hidup Lebih Bahagia, Ini 6 Hal yang Sebaiknya Kamu Abaikan Unsplash.com/Whoislisom

Banyak dari kita sangat takut akan penolakan sehingga kita memilih untuk tetap tinggal di zona nyaman dan enggan mengambil kesempatan di luar sana. Padahal semakin kamu bersembunyi karena rasa takut, semakin besar rasa takut akan tumbuh.

5. Tidak cukup baik untuk suatu hal

Demi Hidup Lebih Bahagia, Ini 6 Hal yang Sebaiknya Kamu Abaikan centerforsharedinsight.com

Kita hidup di dunia yang kompetitif, sehingga wajar apabila kita ingin selalu tumbuh menjadi pribadi yang baik. Namun, akan menjadi tidak benar ketika kamu menjadikan penilaian orang-orang sebagai patokan atas baik tidaknya kamu dalam suatu hal.
Selama kamu merasa bahagia dengan siapa dirimu, kekuranganmu akan suatu hal tidak akan jadi masalah.

6. Hal yang membuat kamu menyesal

Demi Hidup Lebih Bahagia, Ini 6 Hal yang Sebaiknya Kamu Abaikan Unsplash/Claudia

Penyesalan adalah bagian dari kehidupan. Akan tetapi, selama apa pun masa lalu direnungkan, kamu tetap tidak dapat mengubahnya. Yang dapat kamu lakukan adalah belajar sesuatu darinya agar ke depannya kamu tidak perlu menyesali hal yang sama. Untuk itu, terimalah apa yang telah terjadi sebelumnya.

Buat kamu yang selama ini masih berkutat memikirkan hal-hal di atas, yuk mulai sekarang cobalah untuk tidak mengabaikan hal tersebut demi hidup yang lebih bahagia bebas depresi.

Baca Juga: 5 Alasan Gak Semua Momen Bahagia Harus Dibagikan di Media Sosialmu

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You