Comscore Tracker

Agar Tidak Menyesal, Ini 5 Hal yang Tidak Boleh Kamu Tunda-tunda

Paksa diri sendiri agar tidak menunda-nunda

Kita semua tentunya tidak ingin menyesali masa lalu, apalagi jika penyesalan ini berkaitan dengan peluang yang hilang dan waktu yang terbuang percuma. Kamu pasti sering mendengar omongan dari orang-orang tua tentang hal-hal yang mereka sesali.

Nah, agar kamu tidak seperti ini, kamu harus menyadari hal-hal apa yang tidak boleh ditunda dan nilai apa yang harus kamu prioritaskan saat ini. Agar tidak menyesal di masa depan, pastikan kamu tidak menunda-nunda hal berikut ini.

1. Menjaga kesehatan

Agar Tidak Menyesal, Ini 5 Hal yang Tidak Boleh Kamu Tunda-tundaunsplash.com/Kaylee Garrett

Sifat buruk yang dimiliki banyak generasi Millennials adalah mengorbankan kesehatan demi mendapatkan kekayaan. Lalu, ketika kualitas hidup menurun akibat penyakit atau gaya hidup, kita rela membuang-buang kekayaan untuk mendapatkan kembali kesehatan.

Lantas, mengapa tidak memperhatikan kesehatan sedini mungkin agar tetap fit sepanjang waktu? Lagi pula, apalah artinya kita memiliki banyak uang bila tidak memiliki kesehatan untuk menikmati semua kekayaan kita?

2. Memulai investasi

Agar Tidak Menyesal, Ini 5 Hal yang Tidak Boleh Kamu Tunda-tundaunsplash.com/Micheile Henderson

Bagi orang awam, investasi mungkin terdengar begitu rumit sehingga orang awam tidak tahu harus mulai dari mana. Ditambah lagi, masih banyak yang berpikir bahwa investasi hanya cocok bagi orang tua atau yang menjelang pensiun.

Padahal, demi keamanan finansial, kita harus mulai investasi sedini mungkin, bukan menunda-nunda. Daripada menghambur-hamburkan uang saat kita masih produktif, lebih baik gunakan uang tersebut untuk masa depan. Sebab, memiliki rencana pensiun adalah cara yang baik untuk memastikan kita memiliki masa tua yang nyaman.

Baca Juga: 5 Alasan Masuk Akal Larut dalam Penyesalan Bikin Move On Semakin Berat

3. Menghentikan kebiasaan buruk

Agar Tidak Menyesal, Ini 5 Hal yang Tidak Boleh Kamu Tunda-tundapixabay.com/Pexels

Kebiasaan buruk ibarat teman-teman beracun. Kamu tahu mereka buruk untukmu, tetapi entah mengapa kamu tidak bisa menyuruh mereka meninggalkan kamu sendiri. Makan berlebihan, merokok, bermalas-malasan, boros, dan masih banyak lagi kebiasaan buruk dapat menurunkan kualitas hidup kita.

Masalahnya, banyak dari kita yang terus menunda-nunda untuk menghentikan kebiasaan buruk ini hingga akhirnya ada saat ketika kebiasaan buruk ini merusak hidup kita, seperti kesehatan, finansial, hubungan, dan sebagainya. Untuk itu, daripada menyesal, paksa dirimu untuk menghentikan kebiasaan buruk ini sekarang juga.

4. Memulai bisnis

Agar Tidak Menyesal, Ini 5 Hal yang Tidak Boleh Kamu Tunda-tundapexels.com/fauxels

Jika pernah bermimpi menjadi pengusaha atau memiliki ide-ide yang ingin kamu realisasikan, kamu harus mulai mengambil tindakan sekarang. Jangan pernah menunda dengan dalih menunggu waktu yang tepat. Sebab, yang terpenting bagi bisnis adalah niat yang kuat dan usaha untuk membangunnya. Bahkan, setelah berhasil menjalankan bisnismu, kamu akan berharap bahwa kamu memulai bisnismu lebih awal.

5. Mengakhiri hubungan beracun

Agar Tidak Menyesal, Ini 5 Hal yang Tidak Boleh Kamu Tunda-tundaunsplash.com/Oana Craciun

Bagi sebagian orang, saat bersama seseorang yang disayangi, kamu cenderung menerima semua perlakuannya. Bahkan, kamu tetap bersama mereka ketika mereka bersikap kasar atau curang, seperti berselingkuh, berbohong, menipu, dan sebagainya. Banyak yang sebenarnya ingin mengakhiri hubungan tersebut tapi terus menundanya karena takut menyesal atau karena masih berharap orang tersebut akan berubah dan menjadi lebih baik.

Perlu kamu tahu, enggan lepas dari hubungan beracun dan menunggu orang tersebut berubah hanya akan membuang-buang waktumu. Ditambah, ini akan membuat kamu semakin lemah. Jadi, berhentilah menyakiti diri sendiri dan putuskan ikatan yang beracun sekarang juga.

Jadi, agar terhindar dari penyesalan di masa depan, pastikan kamu menggunakan waktu dan kesempatan dengan bijak. Termasuk hal-hal di atas, jangan sampai kamu menyesal dan ingin kembali ke masa lalu karena telah menunda-nunda hal tersebut.

Baca Juga: Sangat Menawan! Inilah 5 Inspirasi Hidup Sehat ala Jennifer Bachdim

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya