Comscore Tracker

6 Kebiasaan Sederhana yang Ampuh Tingkatkan Kebahagiaan, yuk Terapkan

Gak perlu ribet ternyata 

Kita semua pastinya ingin senantiasa merasakan kebahagiaan dalam hidup setiap saat. Tetapi, tak jarang kita menghadapi situasi dan peristiwa yang membuat kita tidak bahagia, seperti saat menghadapi penolakan, harus berurusan dengan orang yang tidak menyenangkan, bekerja di pekerjaan yang tidak kita sukai, dan sebagainya.

Tapi jangan biarkan hal-hal seperti ini membuat kamu tidak bahagia dalam waktu yang lama. Selain itu, sebenarnya kamu bisa kembali mendapatkan kebahagiaan hanya dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan sederhana. Lantas apakah kebiasaan yang mampu meningkatkan rasa bahagia tersebut? Berikut penjelasannya.

1. Nikmati hubungan pertemananmu

6 Kebiasaan Sederhana yang Ampuh Tingkatkan Kebahagiaan, yuk Terapkanemmasdiary.co.uk

Tertawa merupakan resep terbaik untuk mendapatkan kebahagiaan. Pergilah bersama temanmu dan nikmati waktu penuh canda tawa. Hindari bergosip atau membicarakan masalah pribadi untuk menghindari suasana yang memanas.

2. Hentikan kebiasaan menjadikan berbelanja sebagai pilihan hiburan

6 Kebiasaan Sederhana yang Ampuh Tingkatkan Kebahagiaan, yuk TerapkanUnsplash.com/Tyler Nix

Belanja mungkin dapat memberikan kamu kegembiraan instan ketika membeli sesuatu yang kamu inginkan, atau menghilangkan kebosananmu. Tapi sering kali, berbelanja akan menyebabkan rasa bersalah setelahnya karena kamu tidak mampu membeli produk tertentu serta tagihan yang harus kamu bayangkan.

3. Perbanyak olahraga atau aktivitas fisik lainnya

6 Kebiasaan Sederhana yang Ampuh Tingkatkan Kebahagiaan, yuk Terapkanshowpo.com

Membakar kalori, memperbaiki postur, dan menguatkan otot-otot tubuh hanyalah sebagian kecil dari manfaat berolahraga. Di dalam tubuh tersimpan bahan kimia hebat yang disebut endorfin. Saat kamu berkeringat, tubuh akan melepaskan endorfin dan menghasilkan reaksi berupa perasaan senang yang secara otomatis meningkatkan kebahagiaan.

Hal ini jugalah yang menjelaskan mengapa orang yang sehat cenderung lebih bahagia. Akhirnya, tetap aktif secara alami akan membuat kamu merasakan lebih banyak kegembiraan dan antusiasme dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

Baca Juga: 10 Kebiasaan Generasi 90-an yang Sekarang Bikin Heran

4. Perbanyak konsumsi pisang

6 Kebiasaan Sederhana yang Ampuh Tingkatkan Kebahagiaan, yuk TerapkanUnsplash.com/Eiliv-sonas aceron

Pisang mengandung triptofan dan tirosin yang setelah dikonsumsi akan berubah menjadi hormon serotonin di dalam tubuh. Makan satu buah pisang setiap harinya dapat menenangkan tubuh dan pikiran sekaligus memberi kamu energi dan kekuatan otak untuk menghadapi hari. Jadi, biasakan untuk membawa minimal satu buah pisang setiap harinya sebagai mood booster saat kamu butuh ya.

5. Menjadi sukarelawan

6 Kebiasaan Sederhana yang Ampuh Tingkatkan Kebahagiaan, yuk Terapkanunsplash.com/Anna Earl

Menggunakan keahlian dan kemampuanmu untuk membantu orang yang kurang beruntung dapat meningkatkan kebahagiaan bagi dirimu sendiri. Selain itu, menjadi sukarelawan juga menjadikan kamu terbiasa melakukan kebaikan.

Membawa kebaikan dan kebahagiaan ke kehidupan seseorang dan melihat kegembiraan yang mereka ekspresikan akan menular pada dirimu sendiri dan memberikan kepuasan yang tak terkira.

6. Matikan televisi

6 Kebiasaan Sederhana yang Ampuh Tingkatkan Kebahagiaan, yuk TerapkanUnsplash.com/jens kreuter

Kebiasaan menyalakan TV sebagai media untuk bersantai sebenarnya dapat membahayakan kesehatan dan kebahagiaanmu sendiri. Sebab, banyak sekali program televisi yang menampilkan kejahatan, kecelakaan, kekerasan, atau kekacauan, yang dapat benar-benar meningkatkan tingkat stres. Lebih baik ubah kebiasaan ini dengan kebiasaan lain, seperti memasak, membaca buku, menulis, dan kegiatan produktif lainnya.

Nah, ternyata untuk mencari kebahagiaan tidak sulit bukan? Untuk itu, yuk segera terapkan kebiasaan di atas ya.

Baca Juga: 5 Nasihat untuk Kamu yang Menganggap Kekayaan sebagai Sumber Bahagia 

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You