Comscore Tracker

5 Kebiasaan yang Bisa Menghancurkan Motivasi, Bikin Sulit Maju

Buang jauh-jauh kebiasaan ini #IDNTimesLife

Untuk bisa mendapatkan apa yang diinginkan, kamu perlu membuat dirimu melakukan apa yang seharusnya. Namun, masalah yang dihadapi kebanyakan orang adalah kehilangan motivasi untuk melakukan apa yang harus mereka lakukan.

Menemukan banyak cara untuk memotivasi diri sendiri itu bagus, tetapi kamu perlu mengidentifikasi beberapa hal yang menghancurkan motivasimu sejak awal. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui apa yang biasanya menyebabkan kamu kehilangan motivasi dan melakukan sesuatu untuk mencegahnya.

Di sini telah dirangkum dari laman Motivational Well Being dan Lifehack beberapa kebiasaan yang merusak motivasi sehingga perlu kamu hindari sebisa mungkin.

1. Suka membandingkan diri dengan orang lain

5 Kebiasaan yang Bisa Menghancurkan Motivasi, Bikin Sulit Majuilustrasi dua orang sedang berbicara (pexels.com/Christina Morillo)

Terus-menerus membandingkan diri sendiri dengan orang lain adalah salah satu cara tercepat untuk kehilangan motivasi. Kamu tidak hanya akan menjadi malas bekerja, tetapi juga akan membuang banyak waktu.

Alih-alih membandingkan diri sendiri dengan orang lain, akui kelebihan mereka dan cari tahu apa yang membuat mereka menjadi sukses. Dengan mengakui kekagumanmu pada orang yang kamu maksud, kamu mungkin mengetahui apa rahasia kesuksesan mereka atau mungkin mengetahui bahwa orang yang kamu bandingkan tidak sebaik yang kamu bayangkan.

2. Membiarkan gangguan

5 Kebiasaan yang Bisa Menghancurkan Motivasi, Bikin Sulit Majuilustrasi terdistraksi saat bekerja (pexels.com/cottonbro)

Gangguan akan terus muncul dari segala arah. Jika kamu terlalu memikirkan hal ini, fokusmu akan terlempar keluar jalur. Ketika kamu keluar jalur terlalu lama, motivasimu pada akhirnya akan memburuk.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah secara konsisten bertanya pada diri sendiri apakah yang kamu lakukan saat ini membawa kamu lebih dekat atau jauh dari tujuan. Selain itu, terus ingatkan dirimu pada sesuatu yang harus menjadi fokus dan singkirkan segala distraksi sebisa mungkin.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Sudah Dewasa dalam Merawat Pertemanan, Salut!

3. Kurangnya tindakan

5 Kebiasaan yang Bisa Menghancurkan Motivasi, Bikin Sulit Majuilustrasi melamun (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Ada banyak orang yang menetapkan tujuan, membuat rencana, kemudian menunggu waktu yang tepat untuk memulai. Ini bisa jadi minggu depan, bulan depan, awal tahun, dan seterusnya. Ada banyak alasan mengapa seseorang menentukan waktu untuk mengambil tindakan, seperti menunggu momentum, meningkatkan kesiapan, dan lain sebagainya.

Sebenarnya, waktu terbaik untuk mengambil tindakan adalah ketika kamu pertama kali menetapkan tujuan. Alasannya, dengan segera mengambil tindakan, kamu akan menciptakan momentum. Momentum ini dapat membantu kamu meningkatkan motivasi. Jika kamu menunggu terlalu lama, kegembiraan itu akan berkurang, begitu juga motivasimu.

4. Tidak percaya pada diri sendiri

5 Kebiasaan yang Bisa Menghancurkan Motivasi, Bikin Sulit Majuilustrasi perempuan sedang bercermin (pexels.com/Ivan Oboleninov)

Percaya pada dirimu sendiri adalah kunci penting untuk menjaga motivasi tetap tinggi. Jika kamu meragukan diri sendiri, bagaimana kamu bisa maju? Berhentilah membuang-buang waktu dan energi dengan membuat dirimu sendiri merasa buruk.

Lain kali, jika kamu merasa sedih, paksa dirimu sendiri untuk memikirkan satu hal yang sudah kamu lakukan dengan baik. Pada akhirnya, kamu akan menyadari bahwa kamu bisa melakukan lebih baik dari yang kamu kira.

5. Berada di dekat orang-orang beracun

5 Kebiasaan yang Bisa Menghancurkan Motivasi, Bikin Sulit Majuilustrasi teman beracun (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Berada di dekat orang-orang negatif dapat dengan cepat menyedot motivasimu. Sikap negatif dan komentar mereka yang mengecilkan hati bisa sangat menyedot energi. Jadi, kamu harus melakukan apa yang kamu bisa untuk menghindari jenis orang beracun sebanyak mungkin.

Jika kamu ingin mengejar kesuksesan, berusahalah untuk menjauhkan diri dari orang-orang yang meremehkan ambisimu. Bertemanlah dengan orang yang hebat dan benar-benar mendukungmu karena mereka akan membuat kamu merasa bahwa kamu juga bisa menjadi hebat.

Demikianlah beberapa kebiasaan beracun yang dapat menghancurkan motivasi. Jadi, pastikan kamu menghentikan semua kebiasaan ini sebelum mereka menghentikan kamu.

Baca Juga: 5 Tips Menetapkan Batasan Sehat dalam Hubungan Pertemanan

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya