Comscore Tracker

6 Kegiatan Seru yang Bisa Kamu Lakukan untuk Ngabuburit di Rumah 

Ngabuburit gak harus keluar rumah dan kumpul-kumpul kok

Saat bulan Ramadan, ngabuburit biasanya jadi aktivitas favorit kebanyakan orang untuk menunggu waktu berbuka. Biasanya, orang-orang akan ngabuburit bersama keluarga atau teman-teman dengan jalan-jalan, olahraga, mencari takjil, tadarus, dan aktivitas seru lainnya.

Sayangnya, selama wabah COVID-19 ini, pemerintah mengimbau kita semua untuk tetap diam di rumah. Yang artinya, keinginan ngabuburit ramai-ramai di luar rumah harus kita tahan dulu pada Ramadan tahun ini.

Tapi jangan khawatir, banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di dalam rumah untuk ngabuburit. Berikut beberapa di antaranya.

1. Melakukan perawatan

6 Kegiatan Seru yang Bisa Kamu Lakukan untuk Ngabuburit di Rumah unsplash.com/Ayurmana Ayurveda

Untuk mengusir penat dan membuat tubuh makin segar, perempuan biasanya akan pergi ke spa. Tapi selama pemerintah menganjurkan masyarakat untuk menjaga jarak fisik dan diam di rumah, tentunya kita tidak bisa keluar rumah untuk spa.

Nah, kamu bisa memanjakannya diri di dalam rumah sambil menunggu waktu buka puasa. Mulai dari melakukan perawatan wajah hingga luluran menggunakan produk body care yang kamu miliki atau bahan-bahan alami yang ada di dapurmu. Hasilnya, selain bersih dan rapi, tubuh dan pikiran juga lebih rileks.

2. Mencoba resep baru untuk berbuka

6 Kegiatan Seru yang Bisa Kamu Lakukan untuk Ngabuburit di Rumah unsplash.com/Jeff Sheldon

Daripada terus menerus membeli takjil di luar, kenapa tidak coba membuat sendiri sambil ngabuburit? Banyak resep kuliner viral yang bisa kamu jajal di rumah atau sekalian membuat stok kue kering untuk lebaran nanti.

Biar lebih seru, ajak juga anggota keluarga lainnya. Dengan begitu, waktu jadi cepat berlalu tanpa terasa. Selain lebih sehat, membuat menu takjil sendiri pastinya juga lebih hemat.

3. Perbanyak tadarus Alquran

6 Kegiatan Seru yang Bisa Kamu Lakukan untuk Ngabuburit di Rumah unsplash.com/Dancing Rain in the Autumn

Seperti yang kita tahu, bulan Ramadan adalah bulan penuh berkah di mana amalan yang kita lakukan akan dilipatgandakan pahalanya. Untuk itu, alangkah baiknya jika bulan Ramadan dimanfaatkan untuk memperbanyak amal saleh, salah satunya dengan bertadarus.

Supaya kamu bisa bertadarus dengan konsisten dan seru, kamu bisa mendownload template jurnal Ramadan yang bisa kamu dapatkan secara cuma-cuma di internet. Jangan lupa cetak dan simpan baik-baik jurnal tersebut.

Dengan begitu, kamu tidak hanya bisa menghabiskan waktu secara positif, tapi juga mendapatkan pahala yang berlimpah. Nggak rugi deh pokoknya!

Baca Juga: Panduan Ibadah Puasa Ramadan Oleh Kemenag di Tengah Wabah COVID-19

4. Olahraga ringan

6 Kegiatan Seru yang Bisa Kamu Lakukan untuk Ngabuburit di Rumah expertise.com

Walaupun di rumah saja, tapi kesehatan tetap wajib kita jaga. Untuk itu, kamu bisa memanfaatkan waktu ngabuburit dengan berolahraga. Nah, berhubung kamu sedang dalam kondisi berpuasa, maka sebaiknya lakukan olahraga di sore hari, minimal setelah Ashar. Selain itu, pastikan kamu melakukan olahraga ringan yang tidak membuatmu banyak berkeringat, seperti peregangan, yoga ringan, pilates, atau meditasi.

5. Menonton televisi

6 Kegiatan Seru yang Bisa Kamu Lakukan untuk Ngabuburit di Rumah Unsplash.com/jens kreuter

Menjelang waktu berbuka puasa, biasanya di televisi akan menayangkan program yang menarik, seperti siraman rohani, talkshow, komedi, acara memasak, film anak-anak, dan sebagainya. Tidak ada salahnya jika kamu menunggu waktu berbuka dengan menonton acara televisi bersama keluarga.

6. Membaca buku

6 Kegiatan Seru yang Bisa Kamu Lakukan untuk Ngabuburit di Rumah Ilustrasi/unsplash.com/Thought Catalog

Buat kamu yang hobi membaca, dijamin aktivitas yang satu ini bikin kamu keasyikan sampai lupa waktu. Kamu bisa menghabiskan waktu ngabuburit untuk membaca buku yang belum sempat kamu baca.

Agar tidak bosan, jangan batasi buku yang kamu baca dengan satu tema saja. Kamu bisa membaca buku novel, bisnis, motivasi, sejarah, dan sebagainya.

Dengan begitu, bukan hanya waktu ngabuburit akan terasa cepat berlalu, tapi kamu juga akan mendapatkan ilmu baru dan inspirasi yang bisa jadi akan mengubah masa depanmu.

Nah, ternyata ngabuburit tetap bisa asyik kan walaupun tanpa keluar rumah?

Baca Juga: Ini Panduan Bayar Zakat Ramadan Saat Pandemik COVID-19

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya