5 Daftar Kelompok yang Sebaiknya Gak Kamu Undang ke Pernikahanmu

Jangan asal ngasih undangan

Sudah jadi budaya masyarakat kita mengungkapkan kebahagiaan dan rasa syukur karena telah melepas masa lajang dengan mengadakan pesta resepsi. Gak jarang dalam pesta resepsi tersebut keluarga mempelai mengundang banyak sekali tamu undangan yang sebenarnya gak terlalu penting. Padahal hal tersebut bisa membuat dana pernikahan membengkak.

Untuk itu kamu perlu membuat daftar orang-orang yang gak perlu kamu undang ke pesta resepsi guna menghemat pengeluaran untuk undangan, catering, dan juga gedung. Selain itu kelompok ini juga belum tentu bisa hadir di pesta pernikahanmu nantinya. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Mantan kekasih yang punya hubungan buruk denganmu

5 Daftar Kelompok yang Sebaiknya Gak Kamu Undang ke PernikahanmuUnmitigatedword.wordpress.com

Percayalah, gak ada faedah yang bisa kamu dapat dengan mengundang mantan ke pernikahanmu. Apalagi kalau setelah putus kalian punya hubungan yang gak baik atau banyak konflik. Yang perlu kamu catat, pernikahan harusnya jadi hari paling bahagia buat kamu dan pasangan halalmu.

Jangan sampai momen membahagiakan tersebut rusak karena kehadiran mantan kekasih yang membuat kamu baper atau membuat kerusuhan di pesta pernikahanmu.

2. Teman-teman saudara kandungmu

5 Daftar Kelompok yang Sebaiknya Gak Kamu Undang ke PernikahanmuUnsplash.com/Priscilla Du Preez

Kalau memang gak terlalu dekat denganmu, sebenarnya kamu gak perlu mengundang teman-teman saudara kandungmu. Sebab di momen pernikahanmu seharusnya kamu lebih banyak di kelilingi oleh orang-orang yang dekat denganmu, bukan yang dekat dengan saudara kandungmu.

Baca Juga: Inspiratif, 10 Ide Dekorasi Pernikahan Bertema Game of Thrones 

3. Atasan yang mungkin gak mengenalmu

5 Daftar Kelompok yang Sebaiknya Gak Kamu Undang ke PernikahanmuUnsplash.com/The Ear Depot

Atasan atau bos seharusnya gak masuk dalam daftar orang yang harus kamu undang dalam pernikahanmu. Sebab kemungkinan mereka akan datang sangatlah kecil karena mereka sibuk atau bahkan gak mengenalmu. Selain itu kalau kamu hanya mengundang atasan, bisa jadi kamu malah dianggap sebagai penjilat oleh rekan-rekanmu di kantor.

4. Kenalan di media sosial

5 Daftar Kelompok yang Sebaiknya Gak Kamu Undang ke PernikahanmuUnsplash.com/Erik Lucatero

Salah satu dampak kemajuan teknologi yang sangat terasa yaitu kamu bisa berkenalan dengan orang yang gak memiliki hubungan apapun denganmu sebelumnya. Bahkan terkadang dari perkenalan dunia maya tersebut kamu akhirnya bisa akrab layaknya sahabat dengan orang asing itu.

Meskipun begitu, kamu gak perlu mengundang kenalan dunia maya ke pernikahanmu. Sebab keluargamu akan dibuat bingung dengan kehadiran orang asing yang nggak mereka kenal sama sekali.

Selain itu, mengundang teman dunia maya juga berpotensi menimbulkan awkward moment karena mereka gak kenal sama sekali dengan tamu undangan yang lain.

5. Teman yang berada di luar kota

5 Daftar Kelompok yang Sebaiknya Gak Kamu Undang ke PernikahanmuUnsplash.com/Jeshoots.com

Alasan kenapa kamu gak perlu mengundang teman yang berada di luar kota ke pernikahanmu adalah karena kemungkinan niat mereka datang hanya karena terpaksa dan merasa gak enak hati jika harus menolak undangan dari kamu, padahal di luar sana mereka punya urusan yang lebih penting.

Kasihan kan kalau kamu sampai menyuruh mereka datang jauh-jauh hanya untuk menghadiri resepsimu yang singkat. Jadi lebih baik kamu kabarkan saja berita bahagiamu melalui private message dan minta mereka mendoakan kamu dari jauh.

Memberitahukan kabar pernikahan adalah sebuah hal yang baik. Akan tetapi, kamu tetap harus mengontrol jumlah tamu undangan agar gak membuat biaya pernikahanmu makin membengkak. Jadi sebaiknya kamu hanya mengundang orang-orang yang memang penting dan dekat denganmu saja.

Baca Juga: 12 Desain Undangan Pernikahan Paling Unik, ala Paspor Juga Ada!

Eka Photo Community Writer Eka

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You