Comscore Tracker

Sering Dilakukan, 5 Kesalahan yang Wajib Dihindari saat Presentasi

Bikin yang mendengar jadi bosan

Presentasi identik dengan aktivitas berbicara menggunakan bantuan media di depan orang lain. Tujuan dari presentasi adalah menyampaikan suatu pesan pada orang lain.

Terlepas dari apa yang ingin kita sampaikan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan selama melakukan presentasi. Itu bertujuan agar materi yang kita sampaikan bisa ditangkap audiens dengan baik.

Sayangnya, masih banyak orang yang melakukan kesalahan-kesalahan saat presentasi, sehingga membuat tujuan tidak tercapai. Agar presentasimu lebih menarik dan mendapat perhatian audiens, pastikan kamu menghindari kesalahan berikut ini, ya!

1. Terlalu banyak membaca

Sering Dilakukan, 5 Kesalahan yang Wajib Dihindari saat Presentasiilustrasi presentasi (pexels.com/Oliver Mussiett)

Terlalu banyak membaca slide adalah kesalahan yang dilakukan oleh banyak orang saat presentasi, bahkan mungkin kamu juga seperti ini. Memang tidak ada larangan membaca slide atau catatan saat presentasi. Namun, terlalu sering membaca akan menurunkan penilaian orang lain terhadap presentasi kita.

Banyak membaca saat presentasi membuat kita tampak seperti tidak menguasai materi presentasi. Solusinya, kamu bisa me-review slide atau materi presentasi sebelumnya. Selain itu, jangan membahas hal yang tidak kamu kuasai.

2. Membuka presentasi dengan merendahkan diri

Sering Dilakukan, 5 Kesalahan yang Wajib Dihindari saat Presentasiilustrasi presentasi (pexels.com/mentatdgt)

Kamu dilarang keras terlalu merendah saat membuka presentasi. Hindari membuka presentasi dengan kalimat seperti, “Saya belum terlalu mengerti materi ini” atau “Sebenarnya, saya belum mempersiapkan materi ini dengan baik."

Pasalnya, kalimat seperti itu justru menurunkan kepercayaan audiens kepadamu. Lebih buruknya lagi, membuat mereka tidak tertarik, bahkan sebelum kamu memulai presentasi.

Audiens menghadiri presentasimu demi mendapatkan ilmu dari apa yang kamu sampaikan. Jika kamu sendiri meragukan kemampuanmu, maka ini akan membuat audiens yang datang kecewa.

3. Mengabaikan visual

Sering Dilakukan, 5 Kesalahan yang Wajib Dihindari saat Presentasiilustrasi presentasi (pexels.com/ICSA)

Materi memang menjadi poin penting dalam presentasi, namun alangkah baiknya jika dalam presentasi kamu tidak hanya menyajikan tulisan, tapi juga gambar. Apa yang kamu sampaikan dalam presentasi bisa lebih dipahami oleh audiens jika kamu juga menyajikan gambar.

Selain itu, data yang kamu tampilkan juga perlu dibuat visualisasi agar lebih informatif. Namun, jangan sampai kamu menampilkan terlalu banyak gambar karena akan membuat audiens pusing. Untuk membantu membuat slide presentasi menarik, kamu bisa mengunduh template PowerPoint yang terdapat di berbagai situs.

Baca Juga: 9 Tips Mengatasi Rasa Gugup Ketika Presentasi, Gampang kok! 

4. Tidak melakukan interaksi dengan audiens 

Sering Dilakukan, 5 Kesalahan yang Wajib Dihindari saat Presentasiilustrasi presentasi (pexels.com/Matheus Bertelli)

Terlalu gugup, kadang-kadang seseorang hanya melakukan komunikasi satu arah saat presentasi. Padahal, pembicara yang tidak melakukan interaksi dengan audiens akan tampak seperti sedang menggurui dan membuat bosan.

Libatkan dengan memberikan beberapa pertanyaan atau secara acak meminta audiens untuk menjawab pertanyaan. Dengan melibatkan audiens, materi yang kamu sampaikan akan tampak lebih menarik dan mereka akan jadi lebih fokus pada presentasi.

5. Berbicara terlalu lama

Sering Dilakukan, 5 Kesalahan yang Wajib Dihindari saat Presentasiilustrasi presentasi (pexels.com/fauxels)

Banyak orang yang berpikir bahwa berbicara lama di depan orang banyak menunjukkan seberapa mampu dirinya menguasai presentasi. Sayangnya, berbicara terlalu lama justru membuat yang mendengar menjadi bosan sehingga tidak ditangkap dengan baik oleh audiens.

Berbicara terlalu lama saat presentasi membuat kamu kehilangan perhatian dari para hadirin. Untuk itu, atur waktu presentasi sebaik mungkin, buat apa yang ingin kamu sampaikan sesingkat dan sepadat mungkin, juga gunakan gambar untuk mempermudah.

Periksa kembali kesalahan yang sering kamu lakukan saat presentasi. Temukan solusinya dan pastikan pada presentasi selanjutnya kamu tidak melakukan kesalahan-kesalahan tersebut. Jangan lupa latihan terlebih dahulu, ya!

Baca Juga: 5 Cara Sopan Bicara dengan Atasan di Kantor, Jangan Asal!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

a human

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya