Comscore Tracker

Makin Bahagia, 6 Bukti Jadi Diri Sendiri Bikin Hidup Lebih Bermakna

Hidup bukan hanya untuk mengejar gengsi

Pada zaman dimana gengsi dijunjung tinggi ini banyak kita saksikan orang-orang yang sering pamer kemewahan dan kebahagiaan seolah mereka punya kehidupan yang sempurna tanpa masalah. Tapi pada kenyataannya kehidupan mereka tidak seperti apa yang terlihat oleh orang lain. Sebaliknya, banyak orang yang ternyata berusaha keras hanya untuk membuat orang lain terkesan, padahal mereka sendiri tidak bahagia dengan apa yang mereka jalani.
Sekarang ini manusia cenderung hidup dengan ekspektasi dari orang lain, takut terhadap kritik dan penilaian, serta melakukan apa yang orang lain harapkan dengan menyembunyikan siapa diri mereka sebenarnya.
Padahal dengan menjadi diri sendiri dan menerima kekurangan yang ada, banyak manfaat yang bisa didapatkan. Berikut penjelasannya.

1. Hidup lebih bahagia

Makin Bahagia, 6 Bukti Jadi Diri Sendiri Bikin Hidup Lebih Bermaknaunsplash.com/Kirschner Amao

Jika kamu terus menerus melakukan segala hal hanya untuk membuat orang lain terkesan dan bahagia, kamu cuma akan membuat diri kamu sendiri tertekan. Jadi kamu harus mengutamakan kebahagiaan diri kamu sendiri sebelum kamu membahagiakan orang lain.
Lakukan apa yang kamu suka, menjadi pribadi yang kamu suka, lakukan hal-hal yang kamu yakini. Dan yang paling penting, jujur dan jadi diri sendiri.

2. Dikelilingi orang-orang yang tepat

Makin Bahagia, 6 Bukti Jadi Diri Sendiri Bikin Hidup Lebih Bermaknaunsplash.com/Brooke Cagle

Kalau kamu menjalani hidup dengan kepura-puraan dan kebohongan. Kamu juga akan dikelilingi orang-orang seperti itu. Sebaliknya, kalau kamu ingin memiliki teman-teman yang jujur dan apa adanya. Kamu juga harus bersikap jujur dan menerima diri kamu sendiri apa adanya.

3. Kamu lebih percaya diri

Makin Bahagia, 6 Bukti Jadi Diri Sendiri Bikin Hidup Lebih Bermaknaunsplash.com/rawpixel

Ketika kamu mencintai diri kamu sendiri, dijamin hidup kamu akan lebih tenang dan penuh percaya diri. Perasaan tersebut hanya akan dirasakan oleh orang-orang yang jujur terhadap dirinya sendiri, apa adanya serta tidak mengejar gengsi. Sebaliknya, kurangnya rasa percaya diri timbul karena orang-orang tidak menerima diri mereka sendiri dan selalu merasa kurang.

Baca Juga: 5 Pertanyaan untuk Diri Sendiri Saat Ingin Jadi Orang Sukses

4. Menginspirasi orang lain

Makin Bahagia, 6 Bukti Jadi Diri Sendiri Bikin Hidup Lebih Bermaknaeduzenith.com

Di dunia ini ada jutaan orang yang punya masalah dengan kurangnya rasa percaya diri. Padahal untuk bisa sukses, seseorang harus berjuang dengan rasa percaya diri dan bisa menempatkan diri dimanapun mereka berada dan dalam segala kondisi.
Dengan menjadi diri sendiri dan berani mengemukakan pendapat, kamu bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang.
Kamu bisa mengubah hidup seseorang hanya dengan membuktikan pada mereka, jujur pada diri sendiri dan mengikuti kata hati adalah hal yang baik. Hanya dengan begitu hidup mereka bisa lebih bahagia.

5. Mendapat kepercayaan dari orang lain

Makin Bahagia, 6 Bukti Jadi Diri Sendiri Bikin Hidup Lebih BermaknaUnsplash.com/Natalie Acheatel

Orang yang jujur dan apa adanya lebih mungkin mendapatkan kepercayaan dari orang lain. Karena orang yang punya sifat jujur akan berbicara apa adanya dan bisa memberikan saran yang benar. Orang yang berterus terang dan bersikap apa adanya juga kecil kemungkinan untuk dimanfaatkan orang lain. Jadi, agar kamu mendapatkan kepercayaan dari orang lain, kamu harus bersikap jujur. Sederhana kan?

6. Mengambil keputusan dengan tepat

Makin Bahagia, 6 Bukti Jadi Diri Sendiri Bikin Hidup Lebih Bermaknaunsplash.com/Thomas Drouault

Dengan menjadi diri sendiri, seseorang tidak akan mudah terpengaruh orang lain dan bisa mengambil keputusan dengan tepat. Ia tidak akan membandingkan kehidupan orang lain dengan dirinya, menyadari apa yang baik bagi orang lain belum tentu baik bagi dirinya serta mengambil keputusan berdasarkan apa yang dibutuhkan dan tidak akan mengikuti nafsu semata.

Sekarang kamu tak perlu ragu-ragu bersikap apa adanya dan jadi diri sendiri, karena menjadi diri sendiri memberi banyak keuntungan. Sebaliknya, kalau kamu hidup dengan gengsi maka rasanya apapun yang kamu punya tak akan terasa cukup. Hidup dengan gengsi demi pujian dari orang lain juga belum tentu membuat diri kamu sendiri bahagia.

Baca Juga: 5 Tanda Ini Tunjukkan Kalau Kamu Telah Meremehkan Diri Sendiri

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Empty

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Berita Terkini Lainnya