Comscore Tracker

5 Manfaat Ikut Komunitas, Baik untuk Pengembangan Diri

Segera temukan komunitas yang sesuai dengan minatmu

Komunitas berisi sekelompok orang yang berbagi kesamaan. Komunitas penting karena menggambarkan siapa mereka. Dalam komunitas juga biasanya memiliki tujuan tertentu. Saat ini, ada banyak komunitas yang tersebar di seluruh dunia, mulai dari komunitas menulis, wirausaha, penyayang hewan, penggemar otomotif, penggemar teknologi, dan masih banyak lagi.

Kalau kamu memiliki hobi atau topik apa pun yang kamu senangi, ada baiknya kamu bergabung dalam komunitas tersebut. Pasalnya, bergabung dalam komunitas akan memberikan banyak manfaat. Apa saja itu? Kita akan membahas beberapa manfaat ikut komunitas.

1. Pengetahuan

5 Manfaat Ikut Komunitas, Baik untuk Pengembangan Diriilustrasi komunitas (pexels.com/Matheus Bertelli)

Bergabung dalam komunitas adalah kesempatan bagimu untuk belajar dari sesama anggota komunitas. Dengan bergabung dalam komunitas yang berisi orang-orang yang berpikiran sama, artinya kamu memiliki peluang lebih besar untuk bertemu orang yang bersedia membimbing kamu. Memiliki mentor yang bersedia membimbing dan berbagi pengalaman dapat membantumu terhindar dari kesalahan fatal.

Dengan membenamkan diri dalam komunitas, kamu juga memberi diri kesempatan untuk belajar dari seluruh anggota, menggali saran, dan saling membantu. Kamu juga bisa meminta saran dan umpan balik dari rekan-rekan tepercaya, terutama jika kamu baru mulai terlibat di suatu bidang.

2. Koneksi

5 Manfaat Ikut Komunitas, Baik untuk Pengembangan Diriilustrasi komunitas (pexels.com/kat wilcox)

Dengan bergabung dalam komunitas, kamu memiliki kesempatan untuk meningkatkan jaringan profesional dan pribadi. Dengan menumbuhkan jaringan, artinya kamu meningkatkan kesempatan untuk menemukan peluang positif melalui hubungan yang kamu kembangkan. Itu bisa berarti kesempatan untuk memajukan karier atau bertemu seseorang yang mampu memberimu bantuan. 

Memiliki jaringan juga bisa membuat namamu dikenal oleh orang-orang yang memiliki kekuatan. Mereka bisa membantumu membuka peluang lebih luas. Jika ada orang penting di dalam komunitasmu, mendapatkan rekomendasi dari mereka dapat memberimu kredibilitas untuk memperkuat posisimu.

Baca Juga: 5 Inspirasi Melakoni Hidup yang Nyaman Lahir dan Batin

3. Membagikan suara dan pendapat

5 Manfaat Ikut Komunitas, Baik untuk Pengembangan Diriilustrasi komunitas (pexels.com/Dani Hart)

Jika ingin membentuk masa depan industrimu, kamu perlu membiarkan suaramu didengar. Orang-orang yang aktif di jaringannya akan memiliki dampak besar pada percakapan di ruang tersebut. Kesimpulannya adalah jika kamu memiliki sesuatu yang berharga untuk disumbangkan, sampaikan dalam komunitas yang relevan.

Bersikap proaktif juga dapat mencegah kamu dari terbawa arus. Ini juga dapat membantu membangun dan memelihara komunitas yang berkembang.

4. Mendapatkan dukungan

5 Manfaat Ikut Komunitas, Baik untuk Pengembangan Diriilustrasi mendapatkan dukungan (pexels.com/Monstera)

Memiliki komunitas memastikan kamu dikelilingi oleh orang-orang yang tahu persis apa yang sedang kamu alami. Tidak memiliki siapa pun dalam hidup untuk berbagi pengalaman bisa membuat kamu merasa terisolasi, bahkan tidak memiliki motivasi untuk terus maju.

Komunitas orang-orang yang berpikiran sama menyediakan jaringan dukungan dari orang-orang yang sedang melalui perjalanan yang sama persis sepertimu. Serius menjalani sesuatu membutuhkan banyak energi mental dan emosional dan memiliki kelompok orang untuk berbagi hal yang sama bisa membuatmu merasa tidak sendiri.

5. Memberikan inspirasi dan membawamu pada hasrat baru

5 Manfaat Ikut Komunitas, Baik untuk Pengembangan Diriilustrasi komunitas (pexels.com/Henri Mathieu-Saint-Laurent)

Dengan memperluas perspektif dengan orang-orang yang berbagi pengalaman sama denganmu, ini akan membantu membuatmu berubah sebagai personal. Kamu akan berubah menjadi lebih baik dalam berbagai hal, seperti keterampilanmu dalam suatu bidang, menjadi lebih berempati, bersemangat dalam melakukan suatu hal, dan sebagainya.

Ini dapat terwujud dalam berbagai cara, baik melalui hasrat baru untuk melanjutkan apa yang sudah kamu mulai, menjadi lebih ahli dalam suatu bidang, mendapatkan inspirasi untuk memulai sesuatu, dan sebagainya. Semua pengalaman dan masukan yang kamu dapat dari komunitas akan membantumu  menemukan versi dirimu yang lebih baik.

Sudah jelas, komunitas tidak sekadar mempertemukan kamu dengan orang-orang yang memiliki suatu kesamaan denganmu, tetapi juga memberikan banyak manfaat lainnya yang bisa membuatmu berkembang sebagai individu. Jadi, segera temukan komunitas yang sesuai dengan minatmu dan bergabunglah di sana.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Penulis Lama di IDN Times Community

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

a human

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya