Comscore Tracker

Bukan Sekadar Dekorasi, Ini 5 Manfaat Menaruh Tanaman di Kamar Mandi

Bisa cegah lumut juga

Menaruh tanaman di dalam rumah sedang menjadi tren dekorasi rumah yang banyak digemari. Tapi, selain memperindah sudut rumah, tanaman juga dapat membawa beberapa manfaat besar.

Biasanya, tanaman ditaruh di ruang tamu, kamar tidur, atau ruang kerja. Tapi sebenarnya, kamu juga bisa menaruh tanaman di kamar mandi untuk memberikan kesan alami dan segar. Terlebih, ada beberapa tanaman yang cocok dengan lingkungan kamar mandi, juga menaruh tanaman di kamar mandi bisa memberikan berbagai manfaat.

Inilah beberapa manfaat dari menaruh tanaman di kamar mandi.

1. Membersihkan udara dalam ruangan

Bukan Sekadar Dekorasi, Ini 5 Manfaat Menaruh Tanaman di Kamar Mandipixabay.com/Freja

Dalam ruangan, seperti kamar mandi berpotensi memiliki tingkat polusi yang lebih tinggi daripada di luar ruangan karena adanya campuran polutan luar ruangan dengan kontaminan dalam ruangan seperti Volatile Organic Compounds (VOC), yang dipancarkan dari perabot, cat, dan bahkan deterjen. Membuka jendela dan memastikan ventilasi alami dapat membantu meningkatkan kualitas udara dalam ruangan, tetapi tidak semua kamar mandi memiliki fasilitas demikian.

Sebuah studi yang dilakukan oleh NASA menetapkan bahwa menempatkan tanaman di dalam dapat membantu menghilangkan bahan kimia berbahaya, seperti benzena dan formaldehida, serta mengurangi sindrom gedung sakit.

2. Meningkatkan energi

Bukan Sekadar Dekorasi, Ini 5 Manfaat Menaruh Tanaman di Kamar Mandipexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Jika kamu membutuhkan dorongan energi saat bangun tidur, kamu bisa menempatkan beberapa tanaman di kamar mandi. Meskipun mandi adalah cara yang bagus untuk memberikan semangat pada pagi hari, tapi menaruh tanaman di kamar mandi juga bisa membantu meningkatkan energi. Sehingga, menaruh tanaman di kamar mandi bisa meningkatkan efek ini menjadi dua kali lipat.

Penelitian Ellison Chair in International Floriculture telah menemukan bahwa tanaman rumah dapat membantu meningkatkan vitalitas dan memberi kamu energi ekstra saat sedang mandi.

Baca Juga: 10 Inspirasi Dekorasi Ruangan dengan Tanaman Gantung, Adem Banget!

3. Meredakan stres dan kecemasan

Bukan Sekadar Dekorasi, Ini 5 Manfaat Menaruh Tanaman di Kamar Mandipexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Berada di alam telah terbukti mampu menurunkan tingkat stres dan meremajakan tubuh serta pikiran. Kamu mungkin tidak akan mendapatkan efek yang sama dengan berjalan di dalam hutan, tetapi menaruh tanaman di dalam kamar mandi dapat membantu kamu bersantai di penghujung hari. Terlebih lagi, kekuatan tanaman untuk membersihkan udara juga dapat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, dan memungkinkan kamu mengatasi stres dengan lebih baik.

Untuk membantu mengatasi stres dan kecemasan, aroma lavender telah terbukti menurunkan detak jantung dan tekanan darah serta meningkatkan kualitas tidur, menurut laman Everyday Health. Walaupun efek ini biasanya ditemukan dalam minyak esensial dan semprotan ruangan, tetapi tanaman pot juga bisa memberikan manfaat yang sama baiknya.

4. Meningkatkan atmosfer kamar mandi

Bukan Sekadar Dekorasi, Ini 5 Manfaat Menaruh Tanaman di Kamar Mandipexels.com/ksenia chernaya

Semua orang pasti setuju bahwa menaruh tanaman di kamar mandi dapat meningkatan energi dan atmosfer kamar mandi. Terlebih, sebenarnya ada banyak jenis tanaman yang cocok dengan suasana kamar mandi.

Kita menghabiskan waktu yang cukup banyak di kamar mandi, seperti saat mandi, buang air, mencuci wajah, dan lain-lain. Jadi, merupakan ide yang bagus untuk memberikan beberapa perhatian pada atmosfer kamar mandi, salah satu yang terbaik adalah dengan menaruh beberapa tanaman hidup di beberapa sudut kamar mandi.

5. Mengurangi kelembapan dan mencegah terbentuknya lumut

Bukan Sekadar Dekorasi, Ini 5 Manfaat Menaruh Tanaman di Kamar Mandipexels.com/Nugroho Wahyu

Kita semua tahu, kamar mandi adalah tempat yang lembap sehingga sangat rentan ditumbuhi jamur dan lumut. Menurut laman Hunker, adanya tanaman di kamar mandi bisa membantu mengatasi masalah ini.

Setiap kali kamu mandi, tanaman hidup akan bekerja dengan menyerap udara lembap. Meskipun hal ini tidak akan mencegah berkembangnya masalah kelembapan yang serius, tapi tanaman dipercaya mampu mengurangi perkembangan potensi jamur dan lumut.

Walaupun keberadaan tanaman di dalam kamar mandi memiliki banyak manfaat, tapi tidak semua tanaman cocok dengan lingkungan kamar mandi. Jadi, kamu harus selektif dalam memilih tanaman untuk kamar mandi. Pilihlah tanaman yang bisa menoleransi lingkungan yang lembap dengan cahaya minim, seperti pakis, bambu, English ivy, snake plant, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Kamar Mandi agar Tidak Lembap dan Bau, Bebas Jamur!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya