Comscore Tracker

5 Tanaman Hias yang Cocok Ditaruh di Dapur, Bisa Segarkan Suasana

Biar makin betah di dapur

Dapur merupakan salah satu bagian di dalam rumah tempat kebanyakan orang menghabiskan waktu ekstra. Karenanya, tak ada salahnya jika kamu mempertimbangkan beberapa perubahan dekorasi agar lebih nyaman saat berada di dapur.

Salah satu pilihan dekorasi yang paling pas untuk dapur adalah dengan menaruh tanaman. Tanaman dapat menawarkan elemen desain yang menarik dan penyaringan udara yang sehat ke dapur. Akan tetapi, kamu tetap harus selektif dalam memilih tanaman untuk ditaruh di dapur. Pertimbangan ini bergantung pada pencahayaan dapur, kemudahan merawat, hingga ukuran dapur.

Berikut ini beberapa pilihan tanaman yang bagus untuk ditaruh di dapur.

1. Philodendron

5 Tanaman Hias yang Cocok Ditaruh di Dapur, Bisa Segarkan Suasanapixabay.com/leoleobobeo

Philodendron merupakan tanaman yang tumbuh cepat dengan daun berbentuk hati. Tanaman ini sangat pas ditaruh di atas meja untuk memberikan warna hijau yang menyegarkan mata.

Philodendron tumbuh subur di bawah cahaya tidak langsung dengan intensitas sedang, tetapi dapat menangani cahaya tidak langsung intensitas rendah juga. Philodendron juga tidak memerlukan perawatan khusus, tanaman ini cukup disiram sesekali. Selain itu, philodendron juga sangat baik untuk menghilangkan formaldehida dari udara, yang biasanya dihasilkan oleh kompor gas.

2. Lidah buaya

5 Tanaman Hias yang Cocok Ditaruh di Dapur, Bisa Segarkan Suasanapexels.com/Cecília Tommasini

Lidah buaya menyukai cahaya terang untuk tumbuh, jadi kamu perlu menaruhnya di dekat jendela. Tanaman ini juga tidak suka basah, sehingga kamu hanya perlu menyiramnya sesekali, yaitu saat lidah buaya mulai mengering.

Selain sebagai hiasan, lidah buaya juga memiliki banyak manfaat. Misalnya, saat tanganmu terbakar atau terkena panas, kamu bisa langsung memetik lidah buaya dan mengoleskan gelnya pada daerah luka bakar. Sebab, senyawa pada daunnya memiliki sifat anti inflamasi yang mempercepat penyembuhan jaringan kulit.

Baca Juga: 7 Tanaman yang Bisa Tumbuh dengan Metode Hidroponik, Tak Butuh Tanah

3. Basil

5 Tanaman Hias yang Cocok Ditaruh di Dapur, Bisa Segarkan Suasanaunsplash.com/Markus Spiske

Basil adalah salah satu tanaman termudah yang bisa kamu tanam di dapurmu. Perlu kamu ketahui, tumbuhan basil menyukai banyak sinar matahari, tidak menyukai daerah yang dingin dan berangin, dan menyukai tanah yang lembap. Jadi, sebaiknya taruh tanaman di dekat jendela dengan pot berisi tanah yang basah.

Daun basil sendiri termasuk salah satu bahan yang sering dibutuhkan dalam masakan. Jadi, jika suatu saat kamu membutuhkan basil untuk masakanmu, kamu tinggal memetiknya saja.

4. Spider plant

5 Tanaman Hias yang Cocok Ditaruh di Dapur, Bisa Segarkan Suasanaunsplash.com/Lucian Alexe

Spider plant merupakan tanaman kuno favorit yang membutuhkan sedikit perawatan. Tanaman ini lebih suka cahaya terang, tetapi dapat beradaptasi dengan tingkat cahaya rendah.

Propagasi tanaman ini juga tergolong mudah, yaitu cukup dengan memisahkan tunas yang baru dari induknya. Untuk perawatan, jaga agar tanah tetap lembap dengan menyiramnya secara rutin.

Spider plant terlihat paling baik jika ditaruh di pot gantung, tapi kamu juga bisa menambahkan di dalam pot biasa. Kamu bisa menaruh di di dekat jendela atau di dekat pintu.

5. Swedish ivy

5 Tanaman Hias yang Cocok Ditaruh di Dapur, Bisa Segarkan Suasanapixabay.com/vjgalaxy

Swedish ivy memiliki batang bertingkat dengan daun bulat, sehingga bisa menjadi pilihan yang cantik untuk pot tinggi atau keranjang gantung. Swedish ivy bukan tanaman yang rewel dan juga memiliki jenis yang beraneka ragam.

Untuk perawatannya, swedish ivy lebih suka cahaya sedang. Juga, kamu perlu menjaga agar tanah sedikit lembap.

Semua tanaman ini sangat cocok ditaruh di dapur karena memiliki ukuran dan bentuk yang pada dasarnya sangat pas untuk menjuntai dari lemari dan rak di sudut dapur.

Baca Juga: Tanaman di Kamar Mandi Datangkan 5 Manfaat, Tak Cuma Mendekorasi Lho

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya