Comscore Tracker

5 Tanda tak Terbantahkan Kalau Kamu Memiliki Pikiran yang Sempit

Mainmu kurang jauh nih!

Memiliki pemikiran sempit tidak lantas membuat seseorang menjadi jahat. Hanya saja, orang-orang dengan pikiran sempit memiliki lingkup pemikiran yang terbatas dan terkadang membuat orang lain gemas dan lelah jika berdiskusi dengan yang memiliki pola pikir seperti ini. Pemikiran yang sempit juga bukanlah kondisi yang permanen dan masih dapat diubah melalui langkah-langkah yang tepat.

Sayangnya, tidak banyak orang yang menyadari bahwa sebenarnya diri mereka memiliki pikiran yang sempit. Untuk itu, perlu dilakukan analisis secara jujur terhadap diri sendiri dan evaluasi. Jika kamu memiliki tanda-tanda di bawah ini, artinya kamu memiliki kecenderungan berpikir secara sempit dan perlu segera berubah.

1. Kamu memiliki kecenderungan untuk menggeneralisasi segalanya

5 Tanda tak Terbantahkan Kalau Kamu Memiliki Pikiran yang SempitUnsplash.com/Trung Thanh

Misalnya, saat kamu baru pertama kali mendatangi suatu tempat, kemudian kamu mendapatkan perlakuan kurang ramah dari satu atau beberapa penduduk asli tempat tersebut, kamu lantas menggeneralisasi bahwa semua penduduk di tempat tersebut memiliki sifat yang kurang ramah terhadap pengunjung.

Padahal, individu dan kelompok adalah dua hal yang berbeda, dan kamu tidak bisa menilai suatu kelompok hanya dengan melihat satu individu saja, terlebih jika kamu baru pertama kali mengunjungi tempat tersebut.

2. Kamu tidak bersikap terbuka terhadap ide-ide baru

5 Tanda tak Terbantahkan Kalau Kamu Memiliki Pikiran yang SempitUnsplash.com/Sebastian Herrmann

Seseorang yang berpikiran sempit biasanya tampak konservatif, liberal, dan spiritual di permukaan. Namun, jauh di dalam lubuk hatinya, orang tersebut seperti hidup di dalam cangkang yang tertutup, yang tidak mau membuka diri terhadap pendapat baru bahkan jika itu didasarkan pada fakta dan kenyataan yang jelas.

Baca Juga: Sadarkan Dirimu dengan 5 Pemikiran Ini Sebelum Berbuat Jahat

3. Kamu memutuskan untuk berhenti berinteraksi dengan orang lain begitu menemukan suatu bagian negatif dari orang tersebut, atau hanya karena satu kejadian

5 Tanda tak Terbantahkan Kalau Kamu Memiliki Pikiran yang Sempitunsplash.com/Kev Costello

Untuk mengetahui apakah kamu memiliki kecenderungan ini, kamu perlu mengingat-ingat kembali, apakah ada insiden ketika temanmu melakukan suatu hal yang tidak kamu sukai, dan setelahnya hal tersebut membuat hubunganmu dan kawanmu menjadi renggang. Kalau iya, artinya kamu memiliki kecenderungan untuk fokus pada sisi negatif dari orang lain.

4. Kamu membenci siapa pun yang tidak setuju dengan apa yang kamu katakan

5 Tanda tak Terbantahkan Kalau Kamu Memiliki Pikiran yang Sempitbustle.com

Jika kamu ingin semua orang setuju dengan apa yang kamu yakini, artinya kamu perlu lebih banyak bergaul dan main ke tempat yang jauh agar pengalamanmu makin banyak. Perlu kamu ketahui, mayoritas orang memiliki kecenderungan untuk bersikap egois, terlebih dalam mempertahankan pendapatnya sendiri.

Akan tetapi, hal tersebut sudah semestinya disikapi secara wajar dan tidak membuatmu membenci orang-orang yang tidak setuju dengan pendapatmu.

5. Kamu langsung menghakimi suatu hal tanpa melakukan analisis secara keseluruhan

5 Tanda tak Terbantahkan Kalau Kamu Memiliki Pikiran yang SempitUnsplash.com/Gift Habeshaw

Memiliki penilaian tentang orang, peristiwa, atau suatu hal tanpa alasan yang masuk akal adalah tanda umum dari pikiran yang sempit. Jika kamu memiliki kecenderungan untuk menilai sesuatu dengan sangat cepat, padahal kamu hanya mengetahui sebagian kecil atau permukaannya saja, artinya pikiranmu sudah memiliki kebiasan untuk menduga daripada menganalisis. Orang yang memiliki kebiasaan seperti ini umumnya terbiasa melihat apa pun dengan cara yang sama.

Gimana? Apakah ciri-ciri di atas ada pada kamu? Kalau iya, yuk segera perbaiki agar tidak membuat orang lain menjauh.

Baca Juga: Berpikir Positif, Ini 5 Makna Ketika Kamu Tak Kunjung Jadi Pemenang

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You