Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Terlalu Bergantung pada Orang Lain, Perlu Segera Diatasi

Harus belajar lebih mandiri

Ketergantungan tidak selalu berbahaya, tetapi berpotensi berubah menjadi hal yang membahayakan, terutama jika berlebihan. Sebagai contoh, sebuah penelitian dalam British Journal of Clinical Psychology menemukan bahwa orang-orang yang memiliki hubungan kodependen yang tidak sehat lebih mungkin mengalami depresi berulang.

Untuk itu, sangat penting menyadari tanda-tanda jika kamu mulai mengalami ketergantungan pada orang lain dan segera mengatasinya. Jika kamu menemukan dirimu melakukan hal-hal berikut, tandanya kamu sudah terlalu bergantung pada orang lain dan perlu segera berubah.

1. Hanya mau menghabiskan waktu dengan orang yang sama

5 Tanda Kamu Terlalu Bergantung pada Orang Lain, Perlu Segera Diatasiunsplash.com/Hian Oliviera

Hanya karena kamu ingin menjalin hubungan yang romantis atau dekat dengan seseorang, tidak berarti kamu harus sepenuhnya melupakan teman-teman dan keluarga. Ketergantungan terjadi ketika kebahagiaanmu hanya berasal dari salah satu individu, dan hal tersebut itu tidak sehat.

Menurut laman WebMD, hubungan kodependen menandakan tingkat kedekatan yang tidak sehat, di mana seseorang tidak memiliki kemandirian atau otonomi. Sebaliknya, untuk memiliki hubungan yang stabil dan sehat, masing-masing perlu bergaul dengan teman dan keluarga, bukan hanya selalu menghabiskan waktu berdua.

2. Merasa tidak tenang saat harus melakukan aktivitas sendirian

5 Tanda Kamu Terlalu Bergantung pada Orang Lain, Perlu Segera Diatasiunsplash.com/Priscilla Du Du Preez

Jika melakukan sesuatu sendirian membuatmu merasa cemas dan stres, maka mungkin saja kamu sudah terlalu bergantung pada orang lain. Sebenarnya, wajar jika kamu ingin menghabiskan banyak waktu bersama orang yang kamu sayang, tetapi selalu merasa stres saat sendirian bukanlah hal yang baik.

Menurut The Huffington Post, untuk berhenti menjadi orang yang terlalu bergantung pada orang lain, kamu harus mulai berlatih melakukan sesuatu sendiri.

3. Kamu sangat peduli akan penilaian orang lain padamu 

5 Tanda Kamu Terlalu Bergantung pada Orang Lain, Perlu Segera DiatasiUnsplash.com/Mimi Thian

Kita semua tentu peduli dengan apa yang orang pikirkan tentang kita, terutama orang yang paling kita cintai dan hormati. Namun, jika kamu mengukur harga diri dengan melihat cara orang lain menghargaimu, itu adalah tanda yang jelas bahwa kamu telah mengalami ketergantungan yang tidak sehat.

Satu-satunya cara untuk keluar dari pola ini adalah melakukan afirmasi dengan memelihara dan memuji diri sendiri. Ini merupakan langkah mempersiapkan diri untuk menghadapi kehidupan dan kemudian membiarkan semuanya mengalir dengan sendirinya.

Baca Juga: Pelajari 10 Ragam Kosakata Bahasa Spanyol Tentang Sifat Manusia Yuk!

4. Kamu selalu menuruti keinginan orang lain 

5 Tanda Kamu Terlalu Bergantung pada Orang Lain, Perlu Segera DiatasiUnsplash.com/Sebastian Herrmann

Ketika kamu berbicara tentang rencana liburan atau aktivitas bersama-sama, hasil akhirnya selalu tampak seperti kamu hanya ikut-ikutan. Mengalah memanglah hal yang baik, tapi jika kamu selalu mengalah pada setiap keputusan, ini bisa jadi tanda ketergantungan.

Ini juga merupakan contoh yang sangat jelas bahwa ketergantungan membuatmu sulit berkembang, mendapatkan apa yang diinginkan, dan mencapai potensi tertinggi.

5. Kamu ingin mendapatkan perhatian penuh 

5 Tanda Kamu Terlalu Bergantung pada Orang Lain, Perlu Segera Diatasiunsplash.com/Oana Craciun

Kamu tidak membiarkan orang lain melakukan apa pun tanpamu. Kamu juga cenderung marah ketika orang terdekatmu menghabiskan waktu bersama orang lain, walaupun itu adalah sahabat atau saudaranya. Kamu juga membuat alasan agar orang terdekatmu tidak berinteraksi dengan orang-orang yang tidak kamu sukai. Kamu ingin perhatiannya tertuju sepenuhnya padamu setiap saat.

Padahal, sikap seperti ini tentu akan membuat siapapun menjadi kesal. Selain itu, sangat penting untuk menghabiskan waktu bersama banyak orang di sekitar kita untuk menjaga kesehatan emosional.

Begitu kamu menyadari bahwa kamu terlalu bergantung pada orang lain, kamu dapat langsung mengambil langkah untuk mengatasinya. Ini mungkin memakan waktu dan bahkan terapi. Tapi yang terpenting adalah menyadari bahwa kamu memang kodependen memiliki niat memperbaiki diri dan memiliki hubungan yang sehat dengan orang lain.

Baca Juga: Peringkat 12 Zodiak Paling Manja sampai Mandiri, Kamu Urutan Berapa?

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

a human

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya